BerandaWebBrowserCara Mengetahui Situs Yang Memberatkan Komputer di Google Chrome

Cara Mengetahui Situs Yang Memberatkan Komputer di Google Chrome

Semakin hari, website semakin menarik untuk dilihat dan semakin kompleks. Karena semakin kompleks, melihat informasi di internet saat ini juga butuh tenaga lebih yang biasanya membebankan komputer anda. Semakin banyak situs yang anda lihat di browser anda, semakin bekerja ekstra komputer anda. Lalu, bagaimana cara mengetahui situs yang memberatkan komputer di Google Chrome?

Menggunakan Google Chrome Task Manager

Layaknya sistem operasi Windows, Google Chrome juga memiliki Task Manager. Sehingga, anda bisa melihat banyak beban di setiap situs yang anda buka. Untuk membuka Task Manager untuk Google Chrome, anda bisa klik Menu Chrome dengan icon 3 titik di kanan atas layar anda. Kemudian arahkan ke More Tools > Task Manager.

Google Chrome Task Manager

Atau, anda bisa menekan tombol Shift + Esc dan jendela Task Manager akan terbuka. Setelah muncul, anda bisa melihat beberapa informasi seperti berikut:

  • Task: Berisi informasi situs atau extension yang berjalan di Google Chrome.
  • Memory Footprint: Jumlah kapasitas RAM yang dipakai.
  • CPU: Persentase penggunaan CPU.
  • Network: Jumlah bandwidth internet yang dipakai.
  • Process ID: Tidak perlu diperhatikan. Ini hanya sebuah nomor identitas yang diberikan oleh Chrome secara otomatis.

Dari Task Manager, anda bisa melakukan beberapa hal.

Menutup situs yang terlalu banyak memakan sumber daya komputer

Anda bisa klik pada kolom Memory Footprint dan menyortir situs berdasarkan penggunaan RAM yang terbanyak. Jika sudah ketemu, anda bisa menutup situs tersebut agar penggunaan RAM tidak terlalu banyak. Hal ini bisa anda lakukan ketika anda merasa komputer anda melambat seiring banyaknya situs yang anda buka.

Menghapus extension

Selain situs yang dibuka, di Task Manager juga diperlihatkan extension yang berjalan. Sama seperti situs, extension juga memiliki beban memori. Anda bisa menghapus extension tersebut jika dirasa ekstension itu memberatkan atau sudah jarang digunakan.

Menggunakan extension OneTab

Bagi anda yang sangat suka membuka banyak situs dalam satu waktu, anda perlu memiliki extension yang mampu mengatur semuanya. Salah satu extension tersebut adalah OneTab. Extension ini mampu mengatur tab dan juga mengurangi penggunaan RAM di komputer anda.

Extension One Tab Google Chrome

Silahkan anda install Extension OneTab. Setelah itu, silahkan klik icon extension OneTab dan seluruh tab anda yang terbuka akan disimpan di satu halaman.

Situs Di One Tab

Setelah anda klik icon OneTab, maka tampilannya menjadi seperti diatas. Seluruh tab yang terbuka akan disimpan di satu tempat. Untuk mengunjunginya, anda hanya perlu mengklik link yang tersedia. Jika anda membuka tab sebanyak 20 tab atau lebih, menggunakan OneTab akan mengurangi penggunaan RAM secara drastis.

Memberikan Nama One Tab

Selain itu, anda juga bisa memberikan nama kepada kumpulan tab tersebut. Caranya adalah anda tinggal klik pada bagian kiri atas di dekat jumlah tab dan mulai ketik namanya seperti animasi diatas.

Selesai sudah artikel Cara Mengetahui Situs Yang Memberatkan Komputer di Google Chrome

Setelah mengikuti tips di artikel ini, saya yakin komputer anda menjadi lebih cepat sehingga anda bisa membuka aplikasi lain secara bersamaan. Jika tidak, anda bisa melihat beberapa tips untuk mempercepat komputer Windows.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.