BerandaDesktopWindowsCara Update Windows 10 Termudah!

Cara Update Windows 10 Termudah!

Cara Update Windows 10 Header

Melakukan update terhadap perangkat lunak yang anda gunakan bisa jadi sangat penting. Update biasanya menawarkan patch keamanan agar perangkat jadi lebih aman serta perbaikan kesalahan yang mungkin terjadi. Dan setiap 6 bulan sekali, Microsoft menawarkan fitur baru yang mungkin menarik untuk anda coba, sehingga cara update Windows 10 harus anda ketahui.

Secara bawaan, Windows 10 di atur supaya mendapatkan update secara otomatis. Namun jika anda tidak pernah mendapat update, sangat mudah cara update Windows 10. Berikut cara–caranya.

1. Menggunakan Windows Update

Start Menu Windows Update

Windows Update merupakan jalur tercepat untuk mendapatkan update. Untuk membukanya, buka Start dan ketik “windows update” dan tekan enter.

Windows 10 Windows Update

Kemudian, anda bisa klik tombol “Check for updates” dan Windows akan mencari update terbaru untuk anda. Jika sudah selesai, anda bisa pilih update yang ingin anda pasang atau memasang seluruh update. Yang perlu diperhatikan adalah update ini biasanya mewajibkan anda untuk melakukan restart.

Selain mendapatkan update keamanan atau perbaikan, Microsoft merilis update besar yang biasanya terjadi pada bulan Mei dan Oktober setiap tahunnya. Update ini diberikan secara bertahap sehingga tidak semua komputer mendapatkannya di bulan tersebut. Namun anda bisa melakukan pengecekan berkala untuk mendapatkan update besar tersebut.

Pause Update Windows Update

Setelah itu, Windows Update secara berkala akan melakukan pengecekan. Jika anda menggunakan Windows 10 May 2019 Update, anda bisa melakukan pemberhentian update selama 7 hari jika anda merasa akan mengganggu pekerjaan anda. Namun, anda bisa mengaturnya hingga 35 hari jika dibutuhkan. Untuk mengaturnya, silahkan klik “Advanced options”.

Active Hours Windows 10

Anda juga bisa mengatur jam berapa update akan ter-install dengan mengklik “Change active hours”. Seperti gambar diatas, saya mengatur active hours dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore karena diwaktu tersebut, saya sedang bekerja. Jika tidak di jam tersebut, Windows akan install update dan memberi tahu anda jika diperlukan restart. Tentu anda bisa mengatur kapan komputer anda untuk di-restart.

2. Menggunakan aplikasi Update Assistant

Cara nomor 1 merupakan cara yang saya rekomendasikan. Cara ini kami sarankan jika anda tidak sabar menunggu update besar yang biasanya terjadi di bulan Mei dan Oktober. Update besar ini juga termasuk update kecil seperti update keamanan dan perbaikan.

Update Assistant Windows 10

Caranya adalah silahkan anda kunjungi halaman ini dan download Update Assistant dengan cara klik “Update now”.

Jika sudah selesai di-download, jalankan aplikasinya dan biarkan aplikasi tersebut mencari update terbaru. Ikuti prosesnya sesuai petunjuk di layar.

Cara update Windows 10 ternyata sangat mudah bukan?

Ya, Microsoft membuat update begitu mudah, apalagi dengan adanya Windows Update. Dengan Windows Update, anda bisa mengaturnya sekali dan anda akan terus mendapatkan pembaruan sesuai pengaturan yang anda tentukan sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.