BerandaProduktivitasCara Kompres PDF Offline dan Online Lengkap!

Cara Kompres PDF Offline dan Online Lengkap!

Cara Kompres Pdf Header

Dokumen dengan jenis PDF sangat populer. Ini dikarenakan file PDF tetap menyimpan format dokumen sama persis walaupun dibuka dengan berbagai aplikasi, sistem operasi, bahkan berbagai perangkat. Untuk itu, anda perlu mengetahui cara kompres PDF baik secara offline maupun online dan anda bisa bagikan PDF-nya dengan ukuran yang lebih kecil.

Di artikel ini, kami memberikan anda 2 opsi untuk kompresi PDF secara offline dan 2 opsi untuk online. Berikut ulasannya.

1. 4dots Free PDF Compress (Offline)

Cara kompres PDF pertama ini adalah cara yang kami rekomendasikan jika digunakan untuk kompresi banyak file PDF sekaligus. Oleh karena itu, aplikasi ini menjadi pilihan pertama jika anda sangat sering melakukan kompresi PDF.

Kompresi File 4dots Free Pdf Compress

Langkah penggunaannya adalah silahkan pilih PDF yang ingin anda kompresi dengan cara klik “Add File(s)”. Setelah anda memilih file PDF-nya, anda bisa mengatur tingkat kompresi, khususnya untuk gambar yang ada di PDF di bagian “Compress images”. Semakin kecil nilainya, maka ukuran PDF-nya semakin kecil, namun kualitas gambar semakin turun. Jika sudah, klik “Compress”.

2. Free PDF Compressor (Offline)

Aplikasi pertama sebelumnya sebenarnya sudah melakukan tugasnya dengan baik. Namun menyebut alternatif lain disini juga tidak ada salahnya. Kelebihan yang menonjol dari aplikasi ini adalah ukurannya yang lebih kecil.

Free Pdf Compressor

Setelah anda download dan jalankan aplikasinya, ada beberapa opsi yang anda pilih. Beriku 5 opsi yang bisa anda pilih.

  • Screen – Low resolution: Resolusi rendah yang cocok jika hanya dilihat lewat layar saja.
  • eBook – medium resolution: Resolusi menengah dan cocok digunakan untuk membaca.
  • Printer – high quality: Resolusi tinggi yang cocok digunakan jika anda ingin mencetak dokumen.
  • Prepress – high quality: Jika dokumen yang ingin dilihat atau dicetak memerlukan konsistensi warna, maka pilih opsi ini.
  • Default: digunakan untuk penggunaan biasa maupun untuk dokumen PDF yang besar.

3. SmallPDF (Online)

Jika anda hanya melakukan kompresi PDF sesekali saja atau ukuran PDF-nya tidak terlalu besar, maka opsi online bisa jadi opsi terbaik. Setelah anda membuka situsnya, anda bisa langsung melakukan upload PDF.

Smallpdf Kompres Pdf

Setelah selesai proses upload, tunggu beberapa saat. Jika proses kompresi selesai, tampilannya akan sama seperti diatas. Di layar juga akan tampil berapa persen kompresi yang bisa dilakukan. Selanjutnya, silahkan klik “Choose Options”.

Smallpdf Hasil Kompresi

Setelah itu, klik download dan anda mendapatkan PDF hasil kompresi. Situs ini juga bisa melakukan banyak hal selain melakukan kompresi. Kami juga sudah mengulasnya agar anda bisa mengubah file PDF menjadi Microsoft Word.

4. DocuPub Compress PDF (Online)

Docupub Compress Pdf

SmallPDF di tips sebelumnya menawarkan opsi mudah untuk melakukan kompresi PDF. Namun jika dirasa anda membutuhkan tools yang lebih lengkap, maka situs ini bisa anda gunakan. Situs ini menawarkan 4 opsi kompresi. Selain itu, anda juga bisa mengatur seberapa besar untuk kompresi gambar maupun objek lainnya.

Cara kompresi PDF ternyata sangat mudah!

4 cara kompresi PDF yang sudah diulas di artikel ini pastinya sudah lebih dari cukup agar ukuran PDF yang anda miliki bisa diperkecil. PDF yang lebih kecil memang sangat pas jika diperuntukkan untuk dibagi-bagikan ke teman-teman anda. Sebelumnya, kami juga sudah membuat artikel cara konversi file gambar menjadi PDF.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.