Mengatur Startup Program Agar Windows Lebih Cepat

Apakah Startup Program? Startup Program adalah semua aplikasi yang berjalan saat Windows dihidupkan. Program tersebut ada yang diluncurkan pada saat booting (Starting Windows) dan ada juga saat Windows 7 sudah selesai booting (Welcome). Biasanya, Antivirus akan hidup saat booting, karena Antivirus harus siap mengamankan komputer setiap saat.
Apakah Startup Program memperlambat komputer?
Tentu saja. Karena, akan memperlama waktu booting Windows 7. Saat booting, Windows juga berarti load program lain. Hal ini membuat booting Windows menjadi lebih lama. Dan juga, program yang sudah berjalan pada Startup, akan tetap berjalan di background, sehingga akan terus memperlambat komputer. Sehingga, kita harus mengatur Startup Program, agar tidak memberatkan komputer.
Bagaimana cara mengatur Startup Program?
Banyak sekali aplikasi yang gratis maupun yang berbayar yang dapat mengatur Startup Program. Di Windows 7, kita tidak perlu menggunakan aplikasi lain. Karena ada ‘System Configuration’. Cara membukanya adalah:
Tekan tombol Windows + R. Ketik ‘msconfig’ dan tekan enter.
Lalu, buka Tab ‘Startup’. Disana akan ada program yang akan berjalan saat Windows 7 dihidupkan.
Hilangkan tanda centang ke Program yang ingin kamu matikan. Sehingga, program tersebut tidak akan di-load pada saat Windows booting. Jika sudah klik Ok. Jika diminta Restart, Restart komputer kamu.
Selesai Restart, maka Windows 7 akan booting lebih cepat. Saya sarankan untuk memeriksa di System Configuration minimal 2 minggu sekali, sehingga kamu akan tahu program apa saja yang berjalan pada saat Startup.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.