Menggunakan OneDrive Untuk Saling Berbagi Dokumen di Microsoft Office

Cloud Computing menjadi tren yang hangat untuk kita bahas. Karena, teknologi cloud menawarkan kemudahan untuk saling berbagi dengan satu bahkan miliaran orang tanpa harus terbatasi oleh ruang dan waktu. Hal inilah yang akan kita coba manfaatkan dengan bantuan layanan OneDrive dan Microsoft Office dari Microsoft. Saya sendiri sangat sering menggunakannya untuk kebutuhan kuliah maupun kerjaan.

Menginstall OneDrive
 
Jika anda pengguna Windows 8, anda tidak perlu melakukan ini. Hanya pengguna Windows XP, Vista, dan 7 saja yang harus menginstallnya. Untuk mengunduh OneDrive, cukup klik OneDrive.com dan silahkan install ke komputer anda. Jangan lupa, anda harus memiliki akun Microsoft agar bisa menggunakannya. Untuk membuat Microsoft Account, anda bisa lihat caranya disini.

Membuat Dokumen

Jika sudah selesai melakukan pengaturan di OneDrive, sekarang anda hanya harus memulai membuat dokumen. Sebagai awalnya, silahkan anda coba membuat dokumen baru di Microsoft Word. Disini, saya menggunakan Microsoft Office 2013. Buatlah dokumen apa saja sepeti pada gambar dibawah ini:

Menyimpannya ke OneDrive

Untuk menyimpan dokumen ke OneDrive tekan tombol CTRL + S. Secara otomatis, Word akan merekomendasikan anda untuk menyimpannya ke OneDrive.

Jika tidak, anda bisa mengklik Computer dan memilih tempat penyimpanan di folder OneDrive yang tersedia di Windows Explorer seperti pada gambar dibawah ini:

Klik saja Save di OneDrive. Nantinya, dokumen tersebut tersedia di akun OneDrive anda secara otomatis. Untuk mengeceknya, silahkan buka onedrive.com dan jangan lupa lakukan Sign In dengan Microsoft Account anda. Dokumen yang baru anda buat akan terlihat disana.

Untuk berbagi dokumen ke teman anda, klik kanan saja dokumen tersebut dan klik Share.

Kemudian, klik “Get a link” pada menu sebelah kiri. Tentukan permission yang nantinya akan dipakai oleh dokumen ini. Ada 3 pilihan yang tersedia, yaitu:

  1. Edit: Pengguna lain bisa mengedit dokumen tersebut sesukanya.
  2. View Only: Pengguna lain hanya bisa melihat dokumen dan tidak bisa mengeditnya.
  3. Public: Pengguna lain yang tidak memiliki link dokumen ini akan dapat mencari (melalui search engine) dengan mudah.
Pastikan anda memilih opsi yang tepat sebelum melakukan pembagian dokumen.
Jika sudah, klik “Create link”. Bagikan link tersebut ke teman anda, agar teman anda dapat melihat dokumen tersebut, bahkan walaupun teman anda tidak memiliki Microsoft Office.
Kesimpulan
 
Dengan menggunakan OneDrive, anda tidak perlu menggunakan perangkat flash disk atau sejenisnya untuk membagikan dokumen. Semoga kedepannya, anda bisa membiasakan diri untuk menggunakan OneDrive sebagai alat untuk saling berbagi. Sekian artikel hari ini, semoga bermanfaat. Terus kunjungi Windowsku untuk mendapatkan informasi lengkap tentang Windows dan info menarik lainnya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.