BerandaProduktivitasMicrosoft To Do: Atur Hidup dan Pekerjaan Agar Anda Lebih Produktif

Microsoft To Do: Atur Hidup dan Pekerjaan Agar Anda Lebih Produktif

Sering sekali kita memiliki alasan tidak ada waktu untuk mengerjakan sesuatu. Sebenarnya tidak ada istilah tidak ada waktu, jika kita menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Korelasi antara hidup dan waktu sebenarnya adalah seberapa prioritas pekerjaan tersebut. Jika prioritasnya tinggi, maka seharusnya kita melakukan pekerjaan tersebut terlebih dahulu. Aplikasi Microsoft To Do dapat membantu mewujudkan hal tersebut.

Sebagai contoh anda diajak untuk pergi memancing hari ini dengan teman kantor. Jika anda sudah mengatur pekerjaan apa saja yang harus anda lakukan hari ini, maka anda bisa berpikir seberapa prioritas pergi memancing dengan pekerjaan lainnya. Jika dirasa kegiatan atau pekerjaan lain bisa ditunda dan pergi memancing hanya bisa dilakukan hari ini, berarti anda akan memilih pergi memancing. Sebaliknya, jangan anda pergi jika kegiatan yang lain harus selesai.

Microsoft To Do

Situs Microsoft To Do

Untuk memudahkan kita mengatur pekerjaan atau kegiatan hari ini, Microsoft memiliki aplikasi yang tepat yang bernama Microsoft To Do. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini membuat anda dapat mencatat pekerjaan-pekerjaan/To Do baik untuk hari ini maupun di waktu yang akan datang. Anda juga bisa mengatur seberapa penting pekerjaan tersebut, sehingga anda harus menyelesaikan hal itu sebelum melakukan hal lainnya.

Microsoft To Do ini sebenarnya merupakan evolusi dari Wunderlist yang telah di akuisisi oleh Microsoft pada bulan Juni 2015. Saat ini, Wunderlist sudah discontinue atau tidak didukung lagi oleh Microsoft. Namun, anda bisa migrasi dengan mudah dari Wunderlist ke Microsoft To Do tanpa adanya kehilangan data.

Cara menggunakan Microsoft To Do

Aplikasi Microsoft To Do tersedia untuk banyak perangkat. Anda bisa menggunakan Microsoft To Do di Windows, Android, iOS, dan Mac. Dan Microsoft To Do selalu sinkron, sehingga apapun perangkat yang anda gunakan, semuanya datanya akan terlihat sama. Untuk tutorial kali ini, saya menggunakan Microsoft To Do di Windows. Namun anda tidak perlu khawatir karena tampilan Microsoft To Do di semua perangkat itu juga sama.

Install Microsoft To Do dan penjelasan setiap menunya

Tampilan Microsoft To Do Aplikasi

Silahkan anda pasang Microsoft To Do melalui Microsoft Store. Jika sudah, silahkan jalankan aplikasinya. Gambar diatas merupakan tampilan utama dari Microsoft To Do. Di sisi sebelah kiri, ada menu-menu yang bisa anda gunakan untuk mengakses fungsi tertentu. Berikut penjelasannya.

  • My Day: Ini adalah tampilan awal ketika pertama kali membuka Microsoft To Do. Disini, semua pekerjaan anda untuk hari ini akan ditampilkan. Anda bisa membuat pekerjaan/task baru disini dan akan masuk ke pekerjaan anda hari ini. Anda juga bisa membuat pekerjaan baru di menu Tasks, namun bedanya adalah pekerjaan tersebut tidak langsung masuk ke My Day.
  • Important: Setiap pekerjaan yang anda buat, bisa anda beri label sebagai Important atau pekerjaan yang penting, sehingga anda bisa fokus mengerjakan pekerjaan tersebut.
  • Planned: Setiap anda membuat pekerjaan/task baru, anda bisa mengatur kapan pekerjaan tersebut harus diselesaikan maupun diberikan opsi untuk diingatkan jika telah mendekati tenggat waktu. Dan jika pekerjaan tersebut mendekati tenggat waktu, maka semuanya akan tampil di menu ini.
  • Assigned to you: Microsoft To Do memungkinkan anda untuk berkolaborasi dengan teman. Jika teman anda memberikan anda sebuah pekerjaan, maka akan tampil di menu ini.
  • Flagged email: Jika anda menggunakan Outlook sebagai penyedia layanan email anda, setiap pesan yang anda tandai, maka akan muncul juga disini.
  • Tasks: Semua pekerjaan yang pernah anda buat akan muncul disini mulai dari pekerjaan yang diselesaikan maupun yang belum.

Cara membuat pekerjaan/task baru

Membuat Task Baru Microsoft To Do

Ada 4 tempat untuk membuat task baru yaitu di menu My Day, Important, Planned, atau di Tasks. Bedanya adalah jika anda membuatnya di My Day, maka pekerjaan tersebut langsung masuk ke daftar pekerjaan anda untuk hari ini. Kita langsung saja buat task baru di My Day. Silahkan klik di bagian “Add task” dan mulai ketik pekerjaan anda untuk hari ini. Anda juga bisa menambah peringatan maupun tenggat waktu kapan pekerjaan tersebut harus selesai.

Mengubah Task Microsoft To Do

Untuk mengubah pengaturan pada Task, silahkan klik task yang diinginkan. Kemudian anda bisa mengatur seperti menambah langkah-langkah pengerjaan, menambah pemberitahuan sehingga nanti ada notifikasi pada task tersebut, dan lain-lain.

Menggeser Task Microsoft To Do

Selain itu, anda juga bisa menggeser task dari bawah ke atas untuk menandakan task mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu, sehingga anda bisa menentukan prioritas pengerjaan.

Memberikan label Penting untuk Task

Menu Important Microsoft To Do

Caranya sangat mudah. Silahkan klik tanda bintang pada Task yang ingin anda beri label sebagai Penting. Semua task yang sudah anda beri label, akan masuk ke menu “Important” seperti gambar diatas. Dan di menu ini pun anda bisa membuat Task dan akan langsung diberi label sebagai pekerjaan yang penting.

Cara menandai task jika sudah selesai dikerjakan

Menandai Task Selesai Microsoft To Do

Jika anda sudah selesai menulis apa saja pekerjaan yang harus anda selesaikan hari ini dan anda sudah mengerjakannya, anda bisa menandai pekerjaan tersebut selesai sehingga task atau pekerjaan tersebut hilang dari menu My Day. Caranya adalah silahkan arahkan kursor mouse ke Task dan beri tanda centang seperti gambar diatas.

Memunculkan Task Yang Sudah Selesai Microsoft To Do

Seluruh task yang sudah diselesaikan, bisa anda akses di menu Tasks. Kemudian, klik menu dengan tanda titik 3 dan klik “Show completed tasks”. Semua pekerjaan yang sudah anda tandai selesai juga bisa anda ubah menjadi belum dikerjakan jika dirasa pekerjaan tersebut masih ada yang kurang. Selain itu di menu tersebut, anda juga bisa mengubah gambar latar belakang aplikasi.

Menambahkan Microsoft To Do ke Start Menu

Pin Ke Start Menu Microsoft To Do

Kenapa anda harus menambahkan Microsoft To Do ke Start Menu? Fungsinya adalah agar anda bisa melihat pekerjaan apa yang harus anda kerjakan tanpa perlu membuka aplikasi. Caranya adalah buka Start dan ketik “to do”. Kemudian, klik kanan pada Microsoft To Do dan klik “Pin to Start”. Maka tampilannya menjadi seperti ini.

Start Menu Microsoft To Do

Microsoft To Do juga tersedia untuk perangkat mobile seperti Android dan iOS

Microsoft To Do Di Android

Yang membuat Microsoft To Do sangat fleksibel adalah anda juga bisa melakukan semua hal yang kita bahas sebelumnya di perangkat Android maupun iOS. Tampilannya juga benar-benar sama sehingga anda tidak perlu belajar lagi cara menggunakannya. Dan datanya pun juga sama, sehingga task apapun yang anda buat atau ubah di komputer, akan muncul juga data yang sama di smartphone anda.

Jika anda menggunakan komputer, anda bisa menggunakan Microsoft To Do untuk merencanakan pekerjaan anda hari ini. Dan ketika anda membuka To Do di smartphone, anda bisa menggunakan To Do sebagai daftar belanja.

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan dengan Microsoft To Do

Artikel ini sudah membahas hal-hal utama yang bisa anda manfaatkan untuk menunjang hari-hari maupun pekerjaan anda untuk meningkatkan produktivitas. Selebihnya, anda bisa mempelajari sendiri seperti fitur untuk membuat List atau daftar, berkolaborasi dengan teman, dan lain-lain. Dengan menggunakan Microsoft To Do, anda bisa efektif dalam bekerja dengan memprioritaskan yang mana harus diselesaikan terlebih dahulu. Anda juga bisa mengatur tenggat waktu dan mengatur notifikasi sehingga anda tidak akan pernah lupa terhadap pekerjaan anda.

Lalu, bagaimana menurut anda Microsoft To Do? Apakah ada hal lain yang perlu untuk dicantumkan di artikel ini? Silahkan tulis di kotak komentar ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.