Sistem Operasi Paling Populer di Indonesia (Desktop, Mobile, Tablet, dan Console)

Tahukah anda sistem operasi yang paling populer di Indonesia? Anda pasti akan menjawab Windows. Namun, tahukah anda berapa persentasenya? Dan bagaimana dengan persentase sistem operasi yang lain? Lalu, untuk platform lain, sistem operasi apa yang populer? Semua pertanyaan tersebut akan Windowsku bahas, dimulai dari platform Desktop, kemudian Mobile, Tablet, dan Console.

Desktop

Untuk pengguna komputer desktop ataupun laptop, anda sudah pasti tahu bahwa Windows yang merajai pengguna desktop. Untuk lebih detailnya, silahkan anda lihat gambar dibawah ini:

Seperti yang bisa anda lihat pada grafik pertama, Windows yang merajai sistem operasi yang paling populer. Edisi Windows 7 lah yang membuat Windows tidak bisa dikalahkan oleh sistem operasi lain. Windows 7 memegang persentase sebesar 54,67%. Lalu diikuti dengan Windows XP dengan persentase sebesar 28,63%. Yang ketiga adalah pengguna Windows 8 dengan persentase sebesar 6,18%.

Grafik kedua menjelaskan bagaimana persentase pengguna sistem operasi dari Februari 2014 hingga Februari 2015. Windows 7 bisa dibilang sangat stabil. Untuk Windows XP, penggunanya semakin menurun. Itu merupakan tanda yang bagus, karena WIndows XP adalah sistem operasi yang sudah usang. Lalu, Windows 8 juga bisa dibilang stabil.

Sekarang, mari kita lihat persentase sistem operasi pada platform Mobile seperti smartphone.

Mobile

Untuk pengguna mobile seperti smartphone, pastinya jawaban anda sebagai sistem operasi populer di Indonesia adalah Android. Berikut persentase lengkapnya:

Pada gambar grafik pertama, Android memegang tahta sebagai sistem operasi paling populer dengan persentase 57,15%. Disusul posisi kedua yaitu Series 40 dengan persentase 14,86%. Series 40 merupakan sistem operasi yang biasanya dipakai di Nokia. Sedangkan posisi ketiga dipegang oleh BlackBerry OS dengan persentase 6,98%. Cukup mengejutkan, karena BlackBerry OS yang dulunya telah mengalahkan Nokia, sekarang malah dibawah Series 40 milik Nokia.

Pada gambar grafik kedua, bisa dilihat Android semakin lama semakin naik penggunanya. Sedangkan Series 40 turun, karena sudah tidak dijual lagi di pasaran. Sedangkan BlackBerry OS mengalami peningkatan cukup signifikan pada bulan Oktober 2014 hingga November 2014 lalu diikuti penurunan kembali.

Sekarang, mari kita lihat persentase sistem operasi di Tablet.

Tablet

Pengguna tablet semakin hari semakin banyak. Sehingga, anda juga harus tahu sistem operasi apa yang paling digemari. Berikut datanya:

Dari gambar grafik pertama, bisa anda lihat bahwa Android juga merajai di platform Tablet dengan persentase 56,91%. Diikuti iOS dengan persentase 42,14%. Data yang mengejutkan berasal dari posisi ketiga dengan sistem operasi yang belum diketahui sebesar 0,52%. Biasanya, sistem operasi yang tidak diketahui ini berasal dari Android yang sudah dirubah oleh merk Tablet itu sendiri.

Dari gambar grafik kedua, bisa anda lihat bahwa Android terus naik. Untuk iOS, pergerakannya tidak stabil dan cenderung menurun. Untuk sistem operasi lainnya, tidak terlalu signifikan perubahannya.

Yang terakhir adalah dari Console. Console disini maksudnya adalah game platform, seperti PlayStation dan lain-lain.

Console

Terakhir yang akan kita bahas adalah dari Console. Kira-kira, sistem operasi apa yang paling populer? Berikut datanya:

Dari gambar grafik pertama, PlayStation merajai dengan persentase 89,25%. Tentu saja, PlayStation menjadi favorit di Indonesia. Disusul dengan 5,53% dari platform XBox. Memang platform XBox di Indonesia sangat jarang sekali. Yang terakhir adalah Nintendo dengan persentase 5,21%.

Dari gambar grafik kedua, pergerakan PlayStation tidak stabil. Pengguna XBox juga tidak terlalu stabil dan stabil pada akhir-akhir tahun 2014. Nintendo bisa dianggap stabil.

Pengambilan Data

Semua data diatas diambil dari Statcounter.com. Data diatas dapat berubah sewaktu-waktu, karena perkembangan teknologi.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

3 pemikiran di “Sistem Operasi Paling Populer di Indonesia (Desktop, Mobile, Tablet, dan Console)”