Cara Upgrade Ubuntu 14.04 Ke 15.04

Cara Upgrade Ubuntu 14.04 Ke 15.04

Apakah anda pengguna Ubuntu seperti saya? Kali ini, saya akan bagikan bagaimana cara upgrade Ubuntu 14.04 ke 15.04. Saya sebelumnya tidak pernah mengupgrade Ubuntu dan lebih memilih install bersih. Setelah saya mencari-cari, ternyata Ubuntu hanya dapat upgrade dari satu versi ke versi baru terdekatnya.

Canonical merilis Ubuntu versi baru setiap 6 bulan

Saat artikel ini diturunkan, versi Ubuntu yang paling baru adalah Ubuntu 15.10 Wily Werewolf. Sesuai versinya, Wily Werewolf rilis pada tahun 2015 pada bulan 10 yaitu Oktober. Setelah saya mencari informasi diberbagai forum Ubuntu, ternyata Ubuntu hanya dapat menguprade dari satu versi ke versi yang lebih baru, tapi hanya versi terdekatnya.

Daftar versi Ubuntu

Sumber: Wikipedia

Karena pada saat ini saya menggunakan Ubuntu 14.04, seharusnya saya hanya dapat upgrade ke 14.10 dan kemudian mengupgrade ke 15.04. Berhubung Ubuntu 14.10 sudah tidak didukung lagi, saat ini saya langsung upgrade ke 15.04. Ubuntu 14.10 hanya didukung hingga tanggal 23 Agustus 2015 jika dilihat pada tabel diatas.

Saya juga memiliki rencana untuk upgrade lagi nantinya ke Ubuntu 15.10. Silahkan anda tunggu artikel berikutnya.

Untuk sekarang, saya akan menjelaskan Cara Upgrade Ubuntu 14.04 Ke 15.04. Untuk berjaga-jaga, sangat direkomendasikan untuk mem-backup data anda terlebih dahulu. Dan jangan lupa, anda harus terkoneksi dengan internet untuk melakukan upgrade.

Cara Upgrade Ubuntu 14.04 Ke 15.04

Mencari Software & Updates

Setelah anda selesai backup, langsung saja bukan Ubuntu Dash dan ketik “update”. Lansung saja klik “Software & Updates.”

Cara mengubah Notifikasi upgrade Ubuntu

Lalu buka tab “Updates”, dan perhatikan pada bagian “Notify me of a newa Ubuntu version:”. Silahkan anda ganti menjadi “For any new version”. Sehingga, anda dapat mengupgrade Ubuntu langsung dari versi terbaru yang paling dekat dan bukan LTS (Long Term Support).

Cara menjalankan Software Updater di Ubuntu

Jika sudah buka Ubuntu Dash lagi dan ketik “update”. Kali ini, jalankan “Software Updater” dan tekan enter.

Ubuntu mencari update terbarunya

Sekarang, “Software Updater” sedang mencari update yang paling baru. Silahkan tunggu beberapa saat hingga proses ini usai.Update ke Ubuntu 15.04

Jika sudah selesai, maka akan ada notifikasi seperti pada gambar diatas. Ini berarti anda dapat mengupgrade Ubuntu 14.04 anda ke Ubuntu 15.04. Langsung saja klik “Upgrade”.

Catatan rilis dari Ubuntu 15.04

Setelah itu, akan ada catatan rilis dari Ubuntu 15.04 Vivid Vervet. Langsung saja klik “Upgrade” untuk memulainya.

Proses Upgrade Ubuntu 14.04 Ke 15.04Tunggu hingga proses upgrade selesai. Ubuntu saat ini menyiapkan file-file yang diperlukan untuk upgrade.

Memulai Proses Upgrade UbuntuSetelah selesai menyiapkan, Ubuntu akan memberikan informasi mengenai paket-paket apa saja yang akan dipasang dan juga paket apa yang akan dihilangkan. Langsung saja klik “Start Upgrade” untuk memulai.

Proses upgrade memakan waktu hingga 1 jam atau lebih. jika sudah selesai, maka anda diminta untuk me-restart komputer anda.

Kesimpulan

Ubuntu 15.04 Vivid Vervet

Selamat! Anda sudah berhasil mengupgrade dari Ubuntu 14.04 ke Ubuntu 15.04. Jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kotak komentar. Sekian artikel Cara Upgrade Ubuntu 14.04 Ke 15.04, semoga artikel ini dapat membantu anda.

Artikel Terkait


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.

Ada tanggapan atau pertanyaan? Diam tidak selalu emas lho!

You have to agree to the comment policy.