Ubuntu 15.10 Wily Werewolf Sudah Hadir!

Ubuntu 15 10 Wily Werewolf Sudah Hadir

Hari ini, Ubuntu merilis versi terbaru dari sistem operasi Ubuntu yaitu versi 15.10 dengan nama Wily Werewolf. Tidak banyak hal yang berubah di versi ini, namun perubahannya menyangkung pengalaman dalam penggunaan Ubuntu.

Ubuntu 15.10 Wily Werewolf

Ubuntu 15.10 Wily Wereworlf merupakan update yang terus diberkan Ubuntu setiap 6 bulan sekali. Nomor versinya pun mengikuti. Karena ini versi 15.10, berarti Ubuntu ini dirilis pada tahun 2015 pada bulan 10 (Oktober).

Perubahan sistem yang diberlakukan dalam versi ini salah satunya adalah menggunakan kernel Linux versi 4.2. Kernel ini menawarkan beberapa fitur baru seperti:

  • Driver baru untuk perangkat AMD GPU
  • Mendukung Intel Broxton
  • Mendukung F2FS File-System Encryption
  • Mendukung NV-DIMM

Bagi pengguna rumah, hal ini mungkin tidak membuat anda senang. Tapi tak perlu khawatir, Ubuntu juga menghadirkan pembaruan pada beberapa pengalaman penggunaan Ubuntu. Berikut perubahannya:

  • Firefox sudah diupdate ke versi 41 dan Chromium sudah pada vesi 45.
  • MATE sudah diupdate ke versi 1.10.
  • Platform berbasis GNOME sudah menggunakan versi 3.16.
  • Blueman 2.0 tersedia secara default untuk berbagai distro Ubuntu lainnya dengan BlueZ 5.35.
  • Mendukung Steam Controller yang baru.
  • LibreOffice 5.0.2 sudah dapat langsung digunakan di Ubuntu 15.10.

Bagi pengguna Ubuntu Phone, update Ubuntu 15.10 akan langsung hadir di perangkat anda. Update ini merupakan update pertama dari Canonical secara OTA (Over-The-Air). Tentu saja, Ubuntu Phone belum hadir untuk pasar Indonesia. Semua fitur-fitur Ubuntu 15.10 akan hadir di smartphone juga.

Unity 8 di Ubuntu 15.10 Wily Werewolf

Di Ubuntu 15.10 Wily Werewolf, Canonical menambahkan Unity 8. Namun secara default, Unity 7 yang akan anda pakai. Anda bisa menggantinya ke Unity 8 dengan mudah. Unity 8 ini merupakan cara mudah, agar pengalaman pengguna dalam menggunakan Ubuntu di PC ataupun smartphone tetap sama. Artinya, pengalaman pengguna di User Interface-nya akan terlihat sama, walaupun perangkat yang digunakan yang berbeda. Dan bahkan, Microsoft mengikutinya dengan memberi nama ‘Contiuum’ untuk Windows 10.

Saat ini, Ubuntu merupakan sistem operasi Open Source yang paling populer di seluruh dunia. Dengan Canonical menyatakan bahwa penggunanya mencapai jutaan pengguna.

Kesimpulan

Apakah anda salah satu yang menyukai Ubuntu? Ubuntu 15.10 Wily Werewolf sudah hadir dan anda dapat mencoba mendownload Ubuntu 15.10 Wily Werewolf disini.

Updated: Revisi mengenai informasi Unity 8 dari Canonical dan Continuum dari Microsoft (29/10/2015) – Terima kasih untuk ‘Budirogo’

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

3 pemikiran di “Ubuntu 15.10 Wily Werewolf Sudah Hadir!”