Luv Header

6 Tips Untuk Mencari Apa Saja Yang Anda Inginkan Di Windows 10

Dengan kapasitas penyimpanan yang semakin besar serta salah satu sifat manusia yaitu lupa, membuat kita harus memiliki cara lain untuk menemukan data yang kita simpan. Selain mengatur datanya secara rapi, kita juga harus dapat mencari data. Di 6 tips untuk mencari apa saja yang anda inginkan di Windows 10, anda akan mendapatkan caranya.

6 Tips Untuk Mencari Apa Saja Yang Anda Inginkan Di Windows 10

Namun tak perlu khawatir, Windows 10 memiliki fitur pencarian yang sangat hebat, sehingga anda dapat menemukan data apa saja dengan mengetik beberapa informasi. Mulai dari mencari aplikasi, dokumen, video, gambar, musik, dan data-data lainnya, semua dapat ditemukan secara mudah. Ini dia tipsnya untuk anda.

1. Mencari menggunakan huruf pertama

Start Menu yang berisi berbagai aplikasi tidak hanya digunakan untuk meluncurkan aplikasi saja, namun anda bisa mencari hampir semua data yang ada di komputer. Yang perlu anda lakukan adalah buka Start dan mulai ketik data apa yang ingin anda cari.

Salah satunya adalah mencari data menggunakan huruf pertama. Trik ini bisa anda gunakan untuk mencari aplikasi maupun data yang ada di komputer. Asal anda mengingat huruf pertama dari data anda, maka data akan ditemukan.

Mencari Data Dengan Huruf Pertama Windows 10

Seperti gambar diatas, saya ingin mencari aplikasi “Windows Media Player”. Dengan mengklik “w m p” (menggunakan spasi di setiap huruf pertama), maka Windows akan memberikan hasil pencarian semua data yang berawalan huruf ‘w’, dan ‘m’, dan ‘p’.

2. Menambahkan Fitur Search di Taskbar

Dengan kemudahan yang ditawarkan di tips pertama, mungkin anda ingin menambahkan fungsi pencarian di Taskbar agar semakin mudah.

Menambahkan Pencarian Ke Taskbar

Anda bisa melakukannya dengan cara klik kanan pada Taskbar > Search > Pilih antara “Show search icon” dan “Show search box”. Yang membuatnya beda adalah kalau opsi pertama hanya menampilkan icon-nya saja, sedangkan opsi kedua akan menampilkan kotak pencarian.

3. Menggunakan filter untuk menyortir hasil pencarian

Di tips pertama, anda dapat mencari data dengan mengetik huruf pertama. Lalu, bagaimana jika anda lupa nama dari file yang anda inginkan? Tenang saja karena anda bisa mencari dengan parameter yang berbeda. Anda bisa mencari data berdasarkan ukuran, kapan terakhir diakses, dan bahkan bisa mencari berdasarkan tipe file-nya.

Mencari File Berdasarkan Ukuran

Silahkan anda gunakan parameter “size:large”, “datemodified:27/12/2015”, dan “type:.pdf”. Sebenarnya masih banyak filter lain yang bisa anda gunakna. Semuanya sudah di bahas di artikel Memudahkan Pencarian di Windows/File Explorer – Bagian 1 serta Memudahkan Pencarian di Windows/File Explorer – Bagian 2

4. Melakukan pencarian di Web

Start menu yang anda miliki tidak hanya mencari data di komputer saja, melainkan dapat mencari informasi di Internet. Dengan bantuan mesin pencari Bing, anda bisa melakukannya langsung di Windows anda.

Mengaktifkan Pencarian Online Untuk Start Menu

Untuk melakukannya, anda perlu menghidupkan pencarian online. Buka Start menu dan klik “Settings”, kemudian ketik “search settings” dan tekan enter. Kemudian, hidupkan “Search online and include web results” seperti gambar diatas.

Melakukan Pencarian Web Di Start Menu Windows 10

Jika sudah, maka anda bisa melakukan pencarian di web seperti gambar diatas.

5. Melakukan indexing untuk mempercepat pencarian

Pernahkan anda mendengar istilah indeks? Saya sendiri menemukan istilah tersebut ketika saya membaca buku. Ada halaman khusus (biasanya di akhir buku) yang bernama indeks, dimana isinya adalah kata atau istilah penting ditambah dengan halaman berapa anda bisa menemukannya.

Nah, Windows 10 juga memiliki fitur seperti itu. Windows 10 sebenarnya sudah melakukan indexing terhadap data yang ada di komputer, namun secara default, tidak semua tempat akan di indeks oleh Windows.

Indexing Options Windows 10

Untuk mengaturnya, buka Start menu dan ketik “indexing options” dan tekan enter. Jika anda lihat gambar diatas, maka akan tersedia daftar folder yang sudah di indeks oleh Windows. Folder ini jika dicari, hasil pencariannya akan jauh lebih cepat daripada folder yang belum di indeks. Untuk menambah folder untuk di indeks, anda bisa mengklik “Modify”.

Namun perlu diperhatikan, jangan sampai semua folder anda indeks. Semakin banyak data yang sudah di indeks, maka kecepatan pencariannya akan semakin lambat. Silahkan indeks folder yang penting-penting saja. Folder seperti isi aplikasi di folder “Program Files” tidak perlu anda indeks.

6. Mencari di File Explorer

Pencarian di Start menu memang sangat mudah dan memberikan hasil yang cepat. Namun jika anda menginginkan hasil pencarian yang lebih lengkap, menggunakan pencarian di File Explorer adalah pilihan bijak. Anda bisa klik folder mana saja untuk mencari data anda, termasuk mengklik “This PC” untuk mencari seluruh data yang ada di komputer.

Mencari Data Di File Explorer

Seperti gambar diatas, saya dapat mencari semua file dengan mengklik “This PC” kemudian mengetik kata kunci di kotak pencarian. Hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama, karena saya tidak mengindeks seluruh folder seperti pada tips nomor 5.

Kesimpulan

Dari semua tips yang diberikan, manakah yang pernah anda coba atau anda sukai? Silahkan bagikan pengalaman anda di kotak komentar. Sekian artikel 6 Tips Untuk Mencari Apa Saja Yang Anda Inginkan Di Windows 10, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk berlangganan Windowsku lewat Email maupun Facebook di bilah di kanan layar anda.

 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.