7 Tips Cepat Dalam Menggunakan Windows 10

7-tips-cepat-menggunakan-windows-10-head

Dengan kehadiran Windows 10, tablet dan notebook semakin tidak ada bedanya. Karena, Windows 10 menghadirkan fitur “Continuum”, agar pengalaman tablet dan notebook dapat disatukan. Jika anda memiliki komputer Convertible atau 2 in 1, Windows 10 merupakan sistem operasi yang paling tepat. Agar penggunaan Windows 10 lebih efisien lagi, berikut Windowsku berikan 7 tips cepat dalam menggunakan Windows 10.

Tekan tombol Windows + A untuk membuka Action Center

Action Center di Windows 10 berguna untuk menampilkan notifikasi dan sama halnya seperti di Windows Phone. Notifikasi dari jejaring sosial, messenger, sms, atau pun hal lainnya dapat anda temukan disini. Selain itu, notifikasi tentang keadaan komputer dan notifikasi sistem lainnya juga bisa anda dapatkan disini.

Selain notifikasi, juga ada shortcut untuk mematikan dan menghidupkan beberapa fitur yang ada di komputer maupun tablet anda. Seperti menghidupkan/mematikan rotasi, Wifi, VPN, dan lain sebagainya. Semua itu tergantung untuk masing-masing perangkat.

Tekan tombol Windows + I untuk membuka Settings App

Settings perlahan-lahan akan menggantikan Control Panel di Windows. Sehingga, anda perlu terbiasa menggunakan apps ini.

Namun, belum semua pengaturan sudah ada di Settings ini. Untuk itu, silahkan buka Control Panel jika anda tidak menemukan pengaturan yang tepat, atau anda bisa menggunakan Search di Windows.

Tekan tombol Windows + X untuk membuka menu Power User

Shortcut Windows + X sudah lama ada di Windows. Jika di Windows 7, shortcut ini akan membuka Windows Mobility Center. Semenjak kehadiran Windows 8, shortcut ini berfungsi untuk membuka menu untuk power user. Isinya adalah untuk mengakses berbagai fitur advance yang ada di Windows, seperti Command Prompt, System, Computer Management, dan lain sebagainya. Bahkan anda dapat mematikan komputer melewati shortcut ini.

Gunakan Battery Saver agar komputer/tablet anda awet

Karena Windows 10 digunakan oleh semua perangkat, fitur Battery Saver menjadi fitur yang paling wajib untuk ditambahkan. Battery Saver akan membatasi aktivitas proses yang ada di background.

Untuk menggunakan Battery Saver, silahkan tekan tombol Windows + I, kemudian pergi ke System > Battery Saver > Battery saver settings. Jangan lupa untuk menghidupkan Battery Saver.

Mempercepat kinerja aplikasi saat Boot

Ketika anda menghidupkan komputer dengan Windows 10, sebenarnya ada sebuah “delay” atau jarak saat Windows sudah dijalankan dan aplikasi yang berjalan saat Boot. Untuk membuatnya lebih cepat, anda bisa menghilangkan delay tersebut.

Caranya adalah dengan menekan tombol Windows + R dan ketik Regedit. Kemudian, tekan enter. Lalu, masuklah ke bagian ini:

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer

Kemudian, klik kanan Explorer lalu pilih New > Key, dan berikan nama Serialize. Kemudian, pada key Serialize, buatlah DWORD Value dengan nama StartupDelayInMSec dan berikan value 0.

Hilangkan pencarian di Taskbar

Secara default, pencarian yang ada di Taskbar akan memunculkan kotak pencarian yang cukup lebar. Jika anda tidak suka dengan hal itu, anda bisa menghilangkan kotak pencariannya dan digantikan hanya dengan icon. Caranya adalah klik kanan pada Taskbar > Search > Show search box

Maka, kotak pencarian akan dihilangkan dan hanya diganti dengan icon saja.

Command Prompt yang lebih keren

Di Windows 10, Command Prompt akan disertai sederet fitur baru yang akan memanjakan anda yang suka menggunakan CMD. Untuk mencobanya, silahkan tekan tombol Windows + R dan ketik cmd dan klik OK. Di Title Bar, klik kanan dan klik Properties. 

Disana, ada beberapa fitur baru yang patut untuk anda coba.

Kesimpulan

Dari 7 tips cepat dalam menggunakan Windows 10, yang mana yang paling anda suka? Jika anda memiliki tips yang cepat lainnya, silahkan berkomentar, agar saya bisa menambahnya di artikel.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 pemikiran di “7 Tips Cepat Dalam Menggunakan Windows 10”