BerandaPenjelasan TeknologiApa itu APU? Penjelasan Lengkap Accelerated Processing Unit!

Apa itu APU? Penjelasan Lengkap Accelerated Processing Unit!

Istilah APU atau Accelerated Processing Unit mungkin jarang kita dengar walaupun anda sering mengikuti berita mengenai teknologi. APU merupakan istilah marketing yang dibuat oleh AMD untuk memasarkan produk mereka. Di artikel ini, saya akan coba bahas apa itu APU dan apa perbedaannya dengan CPU dan GPU.

Apa itu APU?

APU adalah kombinasi antara CPU/Prosesor dan GPU/Kartu grafis di dalam satu chip. Dengan begitu, prosesor dan kartu grafis berada di satu tempat dan tidak terpisah. AMD bukanlah yang pertama memiliki ide menyatukan CPU dan GPU dalam satu tempat, namun AMD mengklaim bahwa APU ini bisa mampu membuat komputer anda bermain game dengan kualitas yang lebih baik.

Amd Ryzen Apu
Sumber: Techarp

Seperti gambar diatas, bisa anda lihat bahwa prosesor dan juga kartu grafis berada dalam satu chip. Kombinasi antara prosesor Ryzen dengan Vega Graphics dalam satu chip memunculkan istilah yang dinamakan APU. Lalu, apa saja kelebihan APU ini? Yuk mari kita simak kelebihan APU.

Kelebihan APU

Berikut kelebihan APU jika dibandingkan dengan kombinasi CPU + GPU:

  1. APU lebih efisien dibandingkan CPU + GPU karena kedua komponen tersebut berdekatan dan bisa saling berbagi resource dengan mudah.
  2. Mengurangi konsumsi daya sehingga tagihan listrik anda tidak terlalu tinggi.
  3. Konsumsi daya yang rendah membuat panas yang dihasilkan bisa di minimalisir.
  4. Performa meningkat karena jarak CPU dan GPU semakin dekat.
  5. Harga produksi menjadi lebih murah sehingga APU bisa anda beli dengan harga terjangkau bila dibandingkan anda membeli CPU dan GPU terpisah.

Haruskah anda membeli APU?

Jawabannya tidak. Walau APU memiliki kelebihan yang sangat menarik, APU tetap tidak bisa digunakan untuk semua skenario. APU sangat cocok bagi kita yang membangun komputer dengan uang terbatas tanpa harus membeli kartu grafis dedicated. Jika anda memiliki uang terbatas, memilih APU adalah pilihan terbaik karena anda tidak perlu pusing mencari uang membeli kartu grafis dedicated.

Amd Apu

Jika anda seorang gamer dengan game yang memiliki system requirement tinggi, membeli CPU dan GPU terpisah masih menjadi pilihan utama. Ini semua karena ukuran APU sebenarnya sama atau mungkin lebih besar sedikit daripada CPU yang biasa kita gunakan. Karena ukurannya sama, performa yang dihasilkan pun terbatas bila dibandingkan anda membeli kartu grafis dedicated.

Istilah APU saat ini lebih melekat kepada AMD. Namun, Intel juga sebenarnya memiliki produk yang sama, hanya saja mereka tidak memasarkannya dengan nama APU. Jika anda membeli laptop berbasiskan prosesor Intel, kemungkinan besar laptop anda sudah memiliki kartu grafis bernama Intel HD Graphics. Begitu juga dengan prosesor Ryzen milik AMD, dimana laptop dengan prosesor Ryzen juga memiliki AMD Vega Graphics.

Apakah APU bisa dikombinasikan dengan GPU Dedicated?

Ya, tentu bisa. Jika komputer anda sebelumnya memiliki APU, anda bisa membeli GPU lagi untuk meningkatkan performa grafis. Jika dikombinasikan, maka komputer secara otomatis akan menggunakan APU ketika pekerjaan yang anda lakukan ringan. Contohnya jika anda hanya browsing, menonton video, dan mendengarkan musik, komputer anda secara otomatis hanya menggunakan APU dan tidak menggunakan GPU dedicated. Dengan begitu, konsumsi daya komputer anda tetap rendah.

Task Manager 2 Kartu Grafis Windows

Namun jika anda mulai bermain game, komputer akan langsung menggunakan kartu grafis dedicated anda sehingga performanya meningkat. Seperti yang anda lihat pada gambar diatas, laptop saya memiliki 2 kartu grafis. Pertama adalah Intel HD Graphics, dimana kartu grafis ini yang selalu dipakai ketika pekerjaan yang saya lakukan hanya yang ringan saja. Ketika saya bermain game, maka kartu grafis dedicated saya yaitu AMD Radeon 520 yang akan digunakan.

Sekarang anda sudah paham apa itu APU

Artikel ini bisa jadi referensi anda dalam membeli komputer atau laptop baru. Jika dana anda terbatas, membeli komputer dengan APU adalah pilihan yang bijak. Jika anda tidak ingin prosesor milik AMD, anda bisa membeli prosesor Intel yang memiliki kartu grafis Intel HD Graphics. Lalu, apakah anda memiliki pertanyaan lain mengenai apa itu APU? Berikan komentar anda di bawah ya.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.