5 Aplikasi Penghapus File Duplikat Gratis Terbaik untuk Windows!

Aplikasi Penghapus File Duplikat Header

Salah satu cara menambah ruang data di komputer anda adalah dengan menghapus file duplikat dengan aplikasi penghapus file duplikat. Ada banyak aplikasi yang mampu melakukan hal tersebut dan anda akan temukan semuanya di artikel ini dari aplikasi dengan cara pemakaian termudah hingga advance dan semuanya bisa anda gunakan gratis!

1. Auslogics Duplicate File Finder

Memilih Jenis File Dan Lokasi Auslogics Duplicate File Finder

Aplikasi pertama yang penulis rekomendasikan pertama ini menawarkan tampilan yang sangat simpel dan tidak berbasa-basi. Langkah awalnya, anda hanya perlu memilih jenis file yang ingin ditemukan. Misal jika anda ingin menemukan file gambar saja, tinggal centang “Images”. Anda juga bisa menentukan lokasi yang akan di scan seperti gambar diatas.

Menghapus File Duplikat Auslogics Duplicate File Finder

Jika ditemukan, yang perlu anda lakukan hanya centang file yang ingin dihapus dan klik “Delete Selected Files”.

2. CCleaner

Alternatif selain aplikasi Auslogics adalah CCleaner. Aplikasi ini memang lebih terkenal sebagai aplikasi untuk menghapus file yang tidak berguna seperti cache dan pembersih registry Windows. Ternyata CCleaner juga bisa menemukan file duplikat, hanya saja berada di menu yang cukup tersembunyi.

Duplicate Finder Ccleaner

Silahkan klik menu Tools > Duplicate Finder seperti gambar diatas. Anda bisa menemukan kriteria apa yang dipakai untuk menemukan file duplikat seperti nama, ukuran, tanggal diubah, serta isinya. Anda juga bisa menambah lokasi untuk dipindai serta mengecualikan tempat tertentu. Jika sudah, klik “Search”.

Hasil Pencarian Ccleeaner Duplicate Finder

Jika sudah selesai, silahkan beri tanda centang pada file yang ingin anda hapus dan klik “Delete Selected”.

3. dupeGuru

Dupeguru

Aplikasi Open Source yang juga tersedia di MacOS dan Linux ini memang memiliki tampilan yang kurang menarik, namun begitu mudah dimengerti dengan tampilan minimalis. Namun jika opsi pengaturannya tidak cukup, anda bisa klik menu “View > Options” untuk mengatur lebih banyak dalam pemindaian file. Untuk mulai pemindaian, jangan lupa tambahkan lokasi yang akan dipindai dan klik “Scan”.

Menghapus File Duplikat Dupeguru

Jika scan sudah selesai, silahkan beri tanda centang seperti biasa file yang ingin dihapus. Kemudian klik kanan dan klik “Send Marked to Recycle Bin…”. Opsi ini sangat bagus karena anda bisa mengembalikannya lagi dari Recycle Bin jika dirasa file tersebut masih digunakan.

4. Duplicate & Same File Searcher

Duplicate Searcher

Keunggulan aplikasi ini adalah aplikasinya bersifat portable sehingga bisa anda gunakan tanpa instalasi. Selebihnya, fitur-fiturnya hampir sama seperti sebelumnya. Langkah awalnya adalah anda klik “Start Search…” maka tampilannya akan jadi seperti diatas. Pilih direktori dimana akan dipindai dan anda juga bisa mengatur ekstensi file yang akan dipindai beserta ukuran file-nya. Jika sudah, klik “Start”.

Menghapus File Duplikat Duplicate Searcher

Seperti biasa, centang file yang duplikat dan klik icon “x” seperti gambar diatas.

5. CloneSpy

Clonespy

Aplikasi ini memang sengaja penulis taruh paling belakang dengan satu alasan. Aplikasi ini merupakan aplikasi paling lengkap untuk mencari file duplikat walau tampilannya tidak semenarik dari aplikasi Auslogics. Seperti gambar diatas, anda bisa memilih mode pemindaian serta kriteria mencari file. Selain itu, anda bisa mengatur aplikasi agar otomatis menghapus file jika ada file duplikat.

Pengaturan Clonespy

JIka masih kurang, anda bisa klik “Options” untuk menemukan lebih banyak lagi pengaturan seperti gambar diatas. Jika sudah selesai mengaturnya klik OK pada jendela “Options” dan klik “Start Scanning”.

Menghapus File Duplikat Clonespy

Setelah selesai, klik dobel file yang ingin anda hapus untuk memberi tanda silang seperti diatas dan klik “Delete all marked files”.

Alternatif aplikasi berbayar untuk menghapus file duplikat

Duplicate File Detective

Setiap kali saya menulis, saya selalu merekomendasikan menggunakan yang gratis terlebih dahulu. Namun jika dirasa tidak cukup, ada satu aplikasi yang menurut penulis sangat lengkap yaitu Duplicate File Detective. Tampilannya begitu modern dan dilengkapi dengan banyak opsi. Anda bisa melihat seluruh fitur yang ditawarkan disini.

Bagaimana menurut anda artikel Aplikasi Penghapus File Duplikat di Windows?

Dari semua aplikasi ini ditambah satu aplikasi berbayar, pastinya masalah file duplikat sudah teratasi dengan berbagai aplikasi penghapus file duplikat. Lalu, apakah masalah anda sudah selesai diatasi di artikel ini? Aplikasi apa yang anda gunakan? Silahkan ketik di kotak komentar ya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.