Apple iPhone 6S: Kamera Baru 12 MP, 3D Touch, Prosesor A9, dan Warna Baru Rose Gold

Apple iPhone 6S: Kamera Baru 12MP, 3D Touch, Prosesor A9, dan Warna Baru Rose Gold

Apple telah mengumumkan generasi berikutnya dari iPhone pada ajang Apple di San Fransisco, yaitu iPhone 6S. Seperti yang diduga sebelumnya, Apple mengeluarkan 2 varian dari iPhone 6S. Ada Apple iPhone 6S yang biasa dengan layar sebesar 4,7 inch dan juga iPhone 6S Plus, dimana besar layarnya adalah 5,5 inch.

Perubahan yang paling banyak terdapat pada teknologi di dalamnya. Untuk desain luarnya, sama sekali tidak berubah. Ini memang sudah diperkirakan, mengingat seri iPhone dengan huruf “S” hanya merubah dalamnya saja, bukan luarnya.

Lalu, apa saja yang berubah di Apple iPhone 6S ini? Mari kita bahas bersama.

3D Touch

Apakah anda mengenal istilah Force Touch yang ada di Apple Watch? Force Touch adalah sebuah fitur, dimana Apple Watch dapat menghitung jumlah tekanan pada saat anda menyentuh layarnya. Jika anda menekannya lembut atau keras, Apple Watch dapat merasakannya dan ia dapat melakukan sesuatu dari gesture tersebut.

Untuk iPhone 6S, Force Touch pun dibenamkan kedalamnya, namun dengan nama baru, yaitu 3D Touch. iPhone 6S dapat merasakan tekanan, sama seperti Apple Watch. Setiap tekanan tersebut akan menghasilkan sesuatu.

Penjelasannya adalah sebagai berikut:

3D Touch di Apple iPhone 6S

  1. Peek: Dengan menekan layar iPhone 6S dengan ringan, anda bisa melihat konten hanya sementara saja. Jika anda lepaskan jari anda dari layar, konten tersebut akan hilang. Selain itu, anda bisa mengeluarkan beberapa shorcut pada program.
  2. Pop: Dengan menekan layar iPhone 6S lebih keras, anda bisa membuka konten secara penuh.

Ini merupakan fitur yang paling kami sukai dari iPhone 6S, karena dapat memberikan gesture baru kepada pengguna. Jika dulunya anda hanya bisa menyentuh (tap), menggeser (swipe), dan menjepit (pinch), dengan adanya 3D touch, anda bisa menekan ringan (peek) dan menekan lebih berat (pop).

Kamera baru 12 MP di belakang dan 5 MP di depan

Kamera Baru iSight 12MP

Tidak seperti iPhone 6, iPhone 6S diperkenalkan dengan kamera iSight barunya dengan resolusi 12 MP dan peningkatan di sektor pengenalan warna, sehingga diharapkan dengan mengambil gambar di iPhone 6S, gambar jadi lebih hidup dan lebih kontras. Kamera iSight ini juga ditambahkan dengan beberapa fitur menarik lainnya.

Sekarang, anda bisa merekam video dengan resolusi 4K, sehingga video menjadi lebih jernih, jika anda menontonnya di layar 4K. Kamera depannya sudah mengusung resolusi 5 MP, sehingga bagi anda yang menyukai selfie, iPhone sudah menjadi pilihan yang cocok, karena di iPhone 6 sebelumnya, kamera depannya hanya 1,2 MP saja.

Kamera Depan iPhone 6S

Tidak hanya itu, kamera depan iPhone 6S sudah dilengkapi cahaya flash ‘palsu’. Palsu? Ya, Apple menemukan cara untuk menggunakan cahaya flash, namun tanpa perangkat LED flash seperti kamera belakangnya. Apple menggunakan layar iPhone 6S sebagai cahaya kilat, supaya ketika anda selfie, foto anda menjadi lebih terang.

Selain itu, Apple memperkenalkan “Live Photos”. Live Photos ini memungkinkan anda menangkap gambar, namun gambar tersebut dapat bergerak. Kamera iPhone 6S nantinya akan merekam beberapa frame pada saat anda mulai menangkap gambar, sehingga ketika anda membukanya di iPhone 6S, gambar tersebut akan bergerak.

Prosesor baru Apple A9

CPU pada iPhone 6 mendapatkan upgrade yang sangat signifikan pada iPhone 6S. Di IPhone 6S, prosesor yang dipakainya adalah A9. Apple mengklaim bahwa peningkatan performa yang terjadi pada A9 dibandingkan A8 miliki iPhone 6 adalah sebesar 70%.

Prosesor Baru iPhone 6S

Tidak hanya pada sektor prosesor, GPU pada iPhone 6S juga terlihat peningkatan drastis dibandingkan dengan pendahulunya. Ada 90% peningkatan yang terjadi pada sektor GPU, sehingga pengalaman bermain game atau menjalankan aplikasi yang membutuhkan GPU akan semakin meningkat.

Apple juga sudah mencoba memainkan game bergenre mecha dengan nama Warhammer 40K Freeblade. Game ini mengetes GPU di iPhone 6S dengan teksture game yang lebih kaya, dan juga AI yang lebih banyak.

Warna baru untuk iPhone 6S – Rose Gold

Warna Baru Apple iPhone 6S Rose Gold

iPhone sebelumnya hanya menawarkan 3 warna. Silver, Gold, dan Space Grey. Untuk peluncuran Apple iPhone 6S ini, Apple menambahkan satu warna baru, yaitu Rose Gold.

Kesimpulan

Rilis dari iPhone 6S ini sangat menarik sekali. Fitur-fitur baru tersebut tentu akan memudahkan anda dalam menggunakan iPhone. Sejauh ini, belum ada informasi mengenai kapan iPhone 6S akan meluncur ke Indonesia. Informasi sejauh ini yang didapat, harga iPhone 6S $100 lebih mahal daripada iPhone 6. Diperkirakan harganya akan berbeda sekitar Rp. 1,4 juta dengan iPhone sebelumnya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.