BerandaProduktivitasCara Membuat Dropdown di Excel Mudah dan Cepat!

Cara Membuat Dropdown di Excel Mudah dan Cepat!

Kesalahan input memang sering terjadi. Namun, kita bisa meminimalisir kesalahan dengan membuat dropdown. Dengan dropdown, pengguna hanya tinggal memilih dari opsi yang ada, bukan melakukan input sendiri. Solusi ini sangat tepat jika Excel anda akan digunakan dan di input oleh banyak orang. Lalu, bagaimana cara membuat dropdown di Excel?

Ada 2 tahap yang bisa anda ikuti untuk membuat Dropdown di Excel dan 1 tahap ekstra jika anda ingin menambah pesan bantuan di dropdown. Langsung saja, ini dia cara membuat dropdown di Excel.

1. Menyiapkan data yang akan menjadi dropdown

Data Dengan Nama Excel

Data ini bisa anda buat di sheet yang sama, berbeda, bahkan berbeda File excel. Disini, saya akan mencoba membuat datanya di sheet baru. Sediakan data seperti gambar diatas (1) dan beri nama data-data tersebut dengan cara memilih semua datanya dan beri nama di name box yang tersedia (2). Seperti gambar diatas, semua data tersebut saya beri nama “Perangkat”.

2. Menggunakan Data Validation

Data Validation adalah sebuah fitur yang ada di Excel untuk meminimalisir kesalahan input data dengan menggunakan berbagai aturan. Salah satu aturan tersebut adalah dengan dropdown.

Tombol Data Validation Excel

Langkah pertama adalah tentukan di sel mana anda akan menaruh dropdown (1). Selanjutkan, klik menu “Data” (2) dan pada bagian “Data Tools” (3), klik “Data Validation” (4). Jika anda menggunakan Office 2016, 2019, atau Office 365, anda bisa menekan tombol ALT+Q dan mengetik “data validation” dan tekan enter.

Pengaturan Data Validation Excel

Selanjutnya pada bagian “Allow” (1), pilih opsi “List”. Kemudian pada bagian “Source” (2), ketikkan “=[nama_sel]”. Nama sel ini adalah nama yang anda berikan pada saat menyiapkan data dropdown. Kemudian, klik OK jika sudah selesai.

Dropdown Di Excel

Seperti pada gambar diatas, anda sudah bisa menggunakan dropdown. Sehingga setiap orang yang menggunakan file excel anda harus memilihnya dari dropdown ini.

Copy Dropdown Di Sel Lain Excel

Walau opsi dropdown tersebut hanya muncul di satu sel, tentu anda bisa menerapkannya di sel lain. Klik dan geser tanda “kotak” pada pojok kanan bawah dari sel seperti animasi diatas. Kemudian, anda bisa mengganti isi dropdown seperti sebelumnya.

3. Memberikan pesan pada dropdown

Penggunaan di dropdown saya kira masih sangat jarang. Untuk itu, kita bisa mengedukasi orang-orang yang membuka file excel anda agar mereka tahu bagaimana cara menggunakannya. Anda bisa membuat pesan pada saat pengguna mengarahkan kursor mouse ke dropdown.

Menambahkan Pesan Di Dropdown Excel

Caranya adalah pilih sel yang akan diberikan pesan. Kemudian, buka Data Validation seperti cara sebelumnya. Selanjutnya, klik tab “Input Message” (1). Selanjutnya berikan judul (2) dan pesan (3) yang akan tampil di dropdown. Jika sudah, klik OK.

Pesan Di Dropdown Excel

Seperti gambar diatas, anda bisa melihat pesan yang telah dibuat. Dengan begitu, diharapkan pengguna tidak bingung dalam menggunakan cara baru ini.

Cara membuat dropdown di Excel ternyata sangat mudah!

Cara baru ini bisa anda terapkan mulai dari sekarang agar tim kerja atau kantor anda terbiasa dan bisa mengecilkan kesalahan input. Dan ketika ada opsi baru untuk dropdown, anda dapat dengan mudah melakukan update dan semua dropdown akan menampilkan opsi baru tersebut.

Apakah anda tertarik belajar Excel dengan cepat? Apapun latar belakang anda, artikel cara belajar Microsoft Excel ini memastikan anda bisa menggunakan Excel saat ini juga dan dilengkapi dengan latihan agar pengetahuan anda semakin tajam.

Lalu, apakah ada hal yang masih membingungkan anda? Apakah ada tips lain yang perlu di tulis di artikel ini? Yuk berikan komentar anda di kotak komentar dibawah.

Tag:

2 tanggapan pada “Cara Membuat Dropdown di Excel Mudah dan Cepat!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.