BerandaDesktopWindowsCara Install Ulang Windows 10 Mudah, Cepat, Aman!

Cara Install Ulang Windows 10 Mudah, Cepat, Aman!

Cara Install Ulang Windows 10 Header

Windows 10 adalah sistem operasi modern dan merupakan versi terakhir dari sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft. Jika versi Windows sebelumnya sangat sulit untuk melakukan install ulang karena harus melibatkan sebuah alat khusus seperti flash disk atau DVD. Windows 10 modern saat ini tidak seperti itu. Sebenarnya Microsoft telah membenamkan sebuah fitur agar anda bisa melakukan install ulang tanpa alat khusus. Lalu, bagaimana cara install Ulang Windows 10 yang mudah, cepat, dan aman?

Menggunakan fitur Reset this PC

Tombol Get Started Reset Windows 10

Windows 10 sebenarnya sudah memiliki fitur untuk melakukan install ulang bernama “Reset this PC”. Cara membukanya adalah buka Start dan ketik “reset” dan tekan enter. Kemudian, klik “Get started”.

Opsi Reset This Pc

Selanjutnya, ada 2 opsi yang bisa anda pilih.

  1. Keep my files: Opsi ini tidak akan menghapus file-file pribadi anda seperti dokumen, gambar, video, musik, dan lain-lain. Yang dihapus hanyalah aplikasi yang terpasang dan pengaturan-pengaturan Windows seperti wallpaper, pengaturan akun, dan lain-lain.
  2. Remove everything: Opsi ini akan menghapus seluruh file yang ada di komputer tanpa terkecuali.

Untuk hasil maksimal, anda bisa memilih opsi “Remove everything”. Opsi ini memastikan komputer akan berjalan seperti baru pertama kali. Sebelum memilih opsi tersebut, tentu anda bisa backup sendiri file-file anda. Opsi “Keep my files” ada agar anda tidak perlu repot-repot backup. Tapi saran saya adalah tetap backup data anda apapun opsi yang anda pilih. Saya akan jelaskan 2 opsi tersebut dibawah ini.

Memilih opsi “Keep my files”

Keep My Files Reset This Pc Windows 10

Setelah anda klik “Keep my files”, Windows akan memberitahu apa saja yang akan dilakukan. Anda juga bisa melihat aplikasi apa yang akan terhapus dengan cara klik “List of apps to be removed”.

Aplikasi Yang Terhapus Keep My Files Reset This Pc Windows 10

Seperti gambar diatas, akan muncul seluruh aplikasi yang akan terhapus. Jika sudah, klik “Back”. Jika sudah yakin, klik “Reset”. Komputer akan restart dengan sendirinya dan yang perlu dilakukan hanyalah menunggu.

Memilih opsi “Remove everything”

Additional Settings Reset This Pc Windows 10

Setelah klik “Remove everything”, anda akan disuguhi pengaturan terkini mengenai opsi anda. Secara bawaan, Windows akan menghapus biasa file anda. Karena anda hanya install ulang saja, anda bisa klik “Next” saja.

Change Settings Reset This Pc Windows 10

Jika anda berencana menjual komputer anda, anda bisa klik “Change settings”. Kemudian, geser opsinya menjadi “On”. Opsi ini memastikan file yang ada di komputer anda tidak bisa lagi dikembalikan. Opsi ini akan memakan waktu lebih lama. Jika sudah, klik “Confirm”. Kemudian Windows akan memberitahu pengaturan reset anda sekali lagi. Langsung saja klik “Next”.

Persiapan Reset This Pc Windows 10

Terakhir, Windows akan konfirmasi lagi apa saja yang dilakukan Windows. Jika anda yakin dengan semua ini, klik “Reset”. Komputer akan restart secara otomatis. Saat ini, yang bisa lakukan hanya menunggu saja.

Sangat mudah bukan cara install ulang Windows 10

Tidak seperti Windows versi sebelumnya yang mengharuskan anda menggunakan DVD atau flash disk, Windows 10 menawarkan cara yang cepat dan aman. Lalu, apakah masih ada yang dibingungkan? Bagaimana menurut anda fitur reset ini? Yuk berikan komentar anda dibawah.

5 tanggapan pada “Cara Install Ulang Windows 10 Mudah, Cepat, Aman!”

  1. Terima Kasih atas Ilmunya. Sangat Bermanfaat untuk Aktivitas saya.
    Semoga tidak bosan dalam memberikan Ilmu Selanjutnya.

  2. Terima Kasih atas Ilmunya. Sangat Bermanfaat untuk Aktivitas saya.
    Apalagi untuk Window yang sudah Lemot karena Performancenya kamputer sudah tidak bagus lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.