Panduan Lengkap! Cara Update Windows, Apps, dan Driver

Cara Update Windows Apps Driver Header

Mengetahui cara update Windows, apps, dan driver sangat penting untuk menjaga performa komputer kita lancar, keamanan yang lebih tinggi, dan bisa jadi dengan melakukan update, ada fitur baru yang bisa anda coba. Mungkin jarang bagi kita melakukan hal tersebut dan di artikel ini, anda bisa mempelajarinya.

Cara update Windows

Seluruh versi Windows dari versi Windows XP hingga Windows 10 menawarkan fitur “Automatic Updates”, dimana Windows melakukan update secara otomatis ketika anda terkoneksi internet. Jika anda belum menggunakan Windows 10, kami sangat sarankan untuk install Windows 10, karena versi Windows sebelumnya sudah tidak diberikan update fitur baru lagi. Bahkan Windows XP sudah dihentikan diberikan update, baik update fitur baru maupun update keamanan.

Jika anda penasaran bagaimana pengaturan update anda, berikut caranya.

Cara update Windows 7

Silahkan buka Control Panel dan klik System and Security > Windows Update.

Windows 7 Update

Jika seperti gambar diatas, maka Windows 7 anda sudah menggunakan update terbarunya. Jika anda penasaran apakah ada update terbaru, klik “Check for Updates” di menu sebelah kiri. Untuk melihat pengaturan Windows Update anda apakah sudah melakukan update otomatis, anda bisa klik “Change Settings”.

Cara update Windows 8 dan 8.1

Caranya sama saja dengan Windows 7, buka Control Panel dan klik System and Security > Windows Update.

Windows 8 1 Update

Jika sudah berwarna hijau dan terakhir Windows sudah mengecek update hari ini, berarti Windows 8 anda sudah di versi terbarunya.

Cara update Windows 10

Pengaturan update untuk Windows 10 saat ini telah berpindah ke Settings. Untuk membukanya, buka Start dan ketik “Windows Update Setting” dan tekan enter.

Windows 10 Update

Penasaran bagaimana mengubah Windows 10 menjadi tampilan gelap? Ini dia artikel Cara Mengaktifkan Dark Theme Di Windows 10

Gambar diatas menunjukkan bahwa saat ini, Windows sedang melakukan download update dan meng-install-nya untuk anda. Secara default, anda tidak bisa mengubah pengaturan Windows Update karena apapun update terbaru, akan dipasang secara otomatis. Hanya Windows 10 Pro saja yang bisa mengubah pengaturan Windows 10.

Cara update Apps dan Aplikasi

Windows 8 dan Windows 10 membuat anda bisa menggunakan 2 jenis aplikasi. Pertama adalah aplikasi biasa seperti Microsoft Word, Adobe Reader, CorelDraw, dan lain-lain. Aplikasi tersebut saat ini diberi nama aplikasi tradisional.

Microsoft Store

Sedangkan aplikasi yang anda pasang melalui Microsoft Store diberi nama aplikasi modern atau disingkat menjadi Apps. Apps secara penggunaan lebih di optimasi untuk pengguna layar sentuh.

Cara update Aplikasi Tradisional

Mengecek Update Obs Studio

Untuk aplikasi tradisional, biasanya ada menu khusus untuk melakukan update seperti aplikasi OBS Studio diatas.

Aplikasi Patch My Pc

Namun akan sangat merepotkan untuk update jika anda memiliki banyak aplikasi tradisional di komputer anda. Untuk itu, anda bisa menggunakan aplikasi Patch My PC seperti gambar diatas untuk mengecek seluruh aplikasi anda apakah ada versi terbaru atau tidak.

Cara update Apps (Aplikasi Modern)

Microsoft Store Update

Untuk Apps, biasanya update akan di download otomatis ketika anda terkoneksi internet. Namun anda bisa melihat dan update manual dengan cara klik menu di sebelah kanan Microsoft Store dan klik “Download and Updates” seperti gambar diatas.

Cara update Driver

Driver juga sangat penting untuk anda update. Namun penulis merekomendasikan anda untuk update driver ketika ada masalah dengan perangkat anda. Sebagai contoh ketika komputer anda tidak mengeluarkan suara. Melakukan update driver audio bisa jadi solusinya. Namun jika anda merasa komputer anda tidak ada kendala, anda tidak perlu melakukan update driver.

Namun, driver terbaru biasanya menawarkan performa yang lebih bagus dan juga terkadang ada fitur baru yang bisa anda coba. Terutama driver untuk kartu grafis anda seperti Intel HD, AMD Radeon, maupun NVidia. Karena driver kartu grafis sering kali bisa meningkatkan performa game yang anda mainkan. Jadi saran penulis, update saja driver kartu grafis anda.

Artikel Cara Update Driver Komputer

Untuk tutorial atau cara update Driver, penulis sudah membuatnya secara lengkap di 6 Cara Update Driver Komputer yang Cepat dan Tepat! Pastikan anda melakukan update dari nomor 1 terlebih dahulu hingga terakhir untuk mendapatkan hasil terbaik.

Bagaimana menurut anda artikel Cara Update Windows, Apps, dan Driver?

Dengan mengikuti panduan ini, anda bisa mendapatkan komputer dengan fitur terbaru dan performa maksimal. Jika kurang, anda banyak tutorial lainnya di Windowsku untuk mempercepat Windows anda. Lalu, bagaimana anda melakukan update komputer anda? Apakah anda sering melakukan update? Yuk bagikan pengalaman anda di kotak komentar 🙂

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.