Fitur Android Pie 9 0 Terbaik Header

9 Fitur Android Pie 9.0 Terbaik Yang Wajib Anda Coba

Sudahkah anda mendapatkan update Android Pie di smartphone anda? Tidak seperti perangkat iOS yang cepat mendapatkan update, Android terkendala dengan banyaknya jenis smartphone di berbagai merk. Namun jika sudah mendapatkan update, berikut fitur Android Pie 9.0 terbaik yang wajib anda coba.

Catatan: Fitur-fitur baru di Android Pie biasanya lebih dikenal dengan bahasa Inggris. Namun saya menyertakan bahasa Indonesia untuk mempermudah pembaca.

1. Kesehatan Digital / Digital Wellbeing

Dari semua fitur Android Pie, fitur ini yang paling saya suka. Dengan aplikasi Kesehatan Digital, kita bisa mengetahui berapa lama kita menggunakan smartphone. Bahkan anda bisa mengetahui aplikasi apa yang paling sering kita gunakan dan kita bisa membatasinya.

Tujuan utama dari aplikasi ini adalah mengurangi penggunaan smartphone. Karena di zaman ini, kita lebih sering melihat smartphone daripada bersosialisasi. Untuk itu, aplikasi Kesehatan Digital sangat perlu dan bahkan wajib kita gunakan setiap harinya.

Kesehatan Digital Wellbeing Android Pie

Untuk melihat data-data pemakaian smarphone, silahkan buka Setelan > Kesehatan Digital. Dan anda langsung bisa melihat penggunaan smartphone anda pada hari ini serta aplikasi apa saja yang paling lama anda gunakan. Bisa anda lihat pada gambar diatas bahwa saya telah menggunakan smartphone selama 3 jam. Dan aplikasi yang paling banyak saya pakai adalah Youtube

Karena itu, saya ingin mengurangi penggunaan Youtube saya sehari-hari dengan cara membatasi penggunaan Youtube. Sentuh Dasbor pada aplikasi Kesehatan Digital dan anda akan melihat daftar aplikasi yang sering anda gunakan. Sentuh timer pada aplikasi Youtube dan berikan waktu yang diinginkan. Misalnya saja 1 jam 30 menit dan sentuh Oke.

Notifikasi Timer Kesehatan Digital Wellbeing Android

Karena anda mengaturnya selama 1 jam 30 menit, itu berarti anda tidak bisa menggunakan Youtube lebih dari waktu tersebut dalam sehari. Jika sudah melebihi, maka Android akan memberitahu anda dan anda tidak bisa menggunakan Youtube lagi

2. Menggunakan gesture navigasi terbaru

Gesture navigasi yang baru secara otomatis anda pakai jika smartphone yang anda pakai sudah menggunakan Android Pie 9.0 ketika anda membelinya. Namun jika anda melakukan upgrade dari Android Oreo ke Pie, navigasi baru tidak diaktifkan.

Untuk mengaktifkannya, buka Setelah/Settings dan ketik “gestur” dan sentuh di hasil pencariannya. Kemudian, sentuh “Geser tombol Layar utama ke atas”. Langkah terakhir, aktifkan gestur tersebut seperti gambar diatas.

Setelah anda aktifkan gesture baru, maka ada perbedaan yang langsung anda rasakan. Seperti cara untuk mengganti aplikasi atau multitasking, bagaimana cara kembali ke aplikasi sebelumnya dan membuka app drawer. Namun semua itu nantinya menjadi terbiasa jika anda sudah lama menggunakannya dan terasa lebih intuitif daripada cara lama.

3. App Actions

Android Pie 9.0 ini dilengkapi dengan kemampuan AI (Artificial Inteligence) atau kecerdasan buatan. Misalnya saja fitur Android Pie App Actions ini. Dengan fitur ini, Android dapat memprediksi aktivitas apa yang anda lakukan di waktu-waktu tertentu.

App Actions Android

Cara mengaksesnya sangat mudah, silahkan buka app drawer anda dan anda bisa langsung tahu aktivitas apa yang biasa anda gunakan di waktu sekarang. Misalnya gambar diatas, Android tahu kalau di waktu tersebut, saya suka menghubungi teman saya atau membuka browser di Chrome. Selain itu, Android juga tahu aplikasi apa saja yang mungkin anda buka di waktu tersebut.

4. Kecerahan dan Baterai Adaptif

Fitur AI lainnya lagi yang disematkan ke Android ada di sektor baterai dan brightness. Android akan menganalisa penggunaan baterai terhadap aplikasi. Jika dirasa aplikasi tersebut tidak perlu menggunakan baterai berlebih, maka aplikasi tersebut diturunkan prioritasnya dan baterai anda bisa hemat. Untuk mengaksesnya, buka Setelan > Baterai > Baterai Adaptif.

Untuk kecerahan adaptif, Android akan mengingat pengaturan brightness di kondisi cahaya tertentu. Pada awalnya, anda harus mengatur secara manual misalnya jika anda menggunakan smartphone di terik matahari. Semakin lama, Android akan mengingat preferensi anda dan mulai mengatur secara otomatis kecerahan layar. Untuk mengaksesnya, buka Setelan > Tampilan > Kecerahan Adapatif.

5. Memilih secara manual Dark Mode

Di Android Oreo, Android secara otomatis mengubah ke Dark Mode jika anda menggunakan wallpaper dengan nuansa gelap. Namun, anda tidak bisa mengaturnya secara manual. Di Android Pie, anda bisa melakukannya dengan mudah.

Tema Perangkat Device Theme Android

Untuk mengubahnya secara manual, buka Setelah > Tampilan > Tema Perangkat. Misalnya Jika anda ubah menjadi “Cerah”, maka apapun wallpaper yang anda gunakan, Android tetap menggunakan tema cerah.

6. Melakukan Screenshot dari tombol Power

Cara lama dalam menangkap layar yaitu tombol Volume Bawah + Power masih bisa anda gunakan. Di Android Pie 9.0, anda bisa menekan tahan tombol Power dan akan ada shortcut baru untuk menangkap layar.

Selain itu, anda bisa mengubah langsung tangkapan layar di tombol dengan menyentuh tombol Edit seperti gambar diatas.

7. Seleksi teks jadi lebih mudah

Seleksi Teks Android

Apakah anda sering melakukan seleksi teks di web atau di aplikasi lainnya di Android? Di Android Pie, seleksi teks jadi lebih mudah dengan adanya tampilan preview yang lebih besar.

8. Pengaturan notifikasi yang lebih canggih

Pernahkah anda merasa jika satu atau lebih aplikasi terlalu banyak mengirimkanmu notifikasi? Tentu hal tersebut cukup menganggu dan mungkin anda berniat menghapus aplikasi tersebut. Namun di Android Pie, anda tidak perlu melakukan hal tersebut karena anda bisa menonaktifkan notifikasi tanpa harus hapus aplikasi.

Silahkan buka Setelan > Aplikasi & Notifikasi > Notifikasi. Kemudian, sentuh pada bagian “Lihat semua dari 7 hari terakhir”. Kemudian, ganti sortirnya menjadi ke “Paling Sering” untuk menemukan aplikasi yang paling sering mengirimkan notifikasi. Setelah itu, anda bisa mematikan notifikasi aplikasi yang menurut anda mengganggu.

9. Tombol untuk melakukan rotasi layar

Saya adalah tipe orang yang tidak suka menggunakan rotasi otomatis di smartphone. Karena rotasi otomatis biasanya terjadi di waktu-waktu yang tidak saya sukai. Namun di Android Pie, masalah tersebut teratasi berkat adanya tombol yang otomatis muncul ketika kita berganti dari Portrait ke Landscape dan sebaliknya.

Tombol Rotasi Android

Tombol diatas hanya muncul ketika posisi smartphone anda berpindah saja. Ketika berpindah dan anda setuh tombol rotasinya, maka aplikasi pun akan berubah rotasinya.

Itulah dia 9 Fitur Android Pie 9.0 terbaik yang wajib anda coba

Sebenarnya banyak fitur lain yang diperkenalkan, namun 9 fitur diatas yang paling dominan. Pembaruan lainnya lebih ke keamanan yang lebih baik serta aksesibilitas yang lebih mudah. Lalu, apakah anda sudah coba semua fitur tersebut? Atau anda belum mendapatkan update Android Pie? Silahkan ketik di kotak komentar bagaimana pengalaman anda.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.