Tips Mengatur Data Excel Besar Banyak Header

5 Tips Mengatur Data Excel Yang Besar dan Banyak

Pernahkah anda memiliki data Excel yang banyak sehingga anda sulit mengatur data Excel-nya? Saya pun sering mengalami hal tersebut dan tips yang ada di artikel ini mudah-mudahan bisa membantu anda untuk bernavigasi dan mengatur banyaknya data dalam Excel anda.

1. Freeze Pane

Dengan Freeze Pane, anda bisa ‘membekukan’ baris atau kolom sehingga ketika anda melakukan scroll ke bawah atas atau kanan kiri, baris dan kolom tersebut tidak bergerak. Hal ini sangat berguna ketika anda sedang mengecek data di Excel di kolom atau baris yang diluar jangkauan layar.

Menggunakan Freeze Pane Excel

Untuk menggunakan Freeze Pane, pilih sel dimana baris atau kolom seharusnya dibekukan. Jika sudah, klik menu View > Freeze Panes. Maka Excel akan membekukan baris dan kolom sesuai sel yang anda pilih sebelumnya.

Membekukan Baris Saja Atau Kolom Saja Excel

Jika anda ingin membekukan baris saja atau kolom saja, anda bisa memilih “Freeze Top Row” atau “Freeze First Column”.

2. Split

Dengan Split, anda bisa membagi layar anda 4 bagian atau jendela. Dan setiap jendelanya, anda bisa melakukan scroll secara mandiri tanpa mengganggu jendela lainnya. Salah satu fungsinya adalah untuk mengecek bagian tertentu dari data anda dan anda bisa mengubahnya.

Menggunakan Split Excel

Untuk menggunakan fitur ini, klik sel dimana Excel akan membaginya menjadi 4 jendela. Jika sudah, klik menu View > Split. Anda tentu bisa mengatur ukuran setiap jendelanya dengan klik dan geser garis jendelanya.

3. Menambahkan dan menghapus kolom dan baris dengan cepat

Anda sudah selesai membuat tabelnya, namun ada yang tertinggal dan anda harus menambahkan satu baris lagi di antara data-data tersebut. Bagaimana cara anda melakukannya? Caranya sangat mudah.

Menambahkan Baris Baru Excel

Yang perlu anda lakukan adalah klik kanan pada nomor baris yang ingin anda tambahkan baris baru diatasnya. Setelah itu, klik “Insert”. Untuk menambahkan kolom baru, lakukan hal yang sama yaitu klik kanan saja di huruf baris dan klik “Insert”. Dan untuk menghapusnya, silahkan pilih opsi “Delete”.

4. Mengubah ukuran kolom atau baris sesuai ukuran data secara otomatis

Data Terpotong Excel
Data pada kolom Email terpotong karena ukuran kolom terlalu kecil

Jika sel yang memuat data terlalu banyak, maka Excel tidak akan menampilkannya. Anda harus mengubah ukuran kolom baris secara manual agar data bisa muat untuk dimunculkan. Hal ini sangat merepotkan jika anda memiliki data yang banyak karena anda tidak tahu ukuran kolom atau baris yang ideal untuk memunculkannya.

Mengubah Ukuran Kolom Otomatis Excel

Namun Excel dapat mendeteksinya secara otomatis dan mengubah ukuran kolom atau baris dengan mudah. Yang perlu anda lakukan adalah arahkan kursor ke sebelah kanan dari kolom yang ingin anda perbesar seperti animasi diatas. Jika sudah, klik dobel dan Excel akan memperbesar ukuran kolom secara otomatis sesuai dengan ukuran data terpanjang. Lakukan hal yang sama untuk baris.

5. Melakukan otomasi terhadap kolom

Tabel Excel Rata Rata

Contohnya seperti anda memiliki data mahasiswa beserta nilai dari 2 mata kuliah yaitu matematika dan bahasa inggris. Kemudian, anda ingin mencari tahu rata-rata nilai mahasiswa. Tentu anda tinggal menggunakan rumus “average” yang ada di Excel. Masalahnya bukan di rumus, namun masalahnya adalah banyaknya jumlah mahasiswa.

Melakukan Otomasi Rumus Data Excel

Tenang saja karena anda juga bisa otomasi seluruh pekerjaan tersebut. Pada kolom rata-rata, gunakan rumus “Average” seperti biasa. Kemudian setelah selesai, klik dobel pada pojok kanan bawah sel tersebut seperti animasi diatas. Maka secara otomatis Excel akan melakukan rata-rata hingga data paling bawah.

Dengan cara diatas, anda tidak perlu klik dan geser ke bawah karena hal tersebut melelahkan, apalagi jika data anda sangat banyak. Dan tentu anda bisa melakukan hal tersebut tidak hanya untuk rumus “average” saja.

Mengatur data Excel pastinya jauh lebih cepat

Excel memang sangat memudahkan kita dalam mengolah data berbentuk tabel. Yang perlu kita lakukan adalah menemukan cara-cara tersembunyi tersebut, seperti tips yang ada di artikel ini. Kami pun memiliki banyak artikel Excel lain yang mungkin menarik untuk anda baca lebih lanjut.

Lalu, bagaimana menurut anda tips-tips ini? Apakah anda memiliki tips lainnya? Silahkan beri kesan dan tips lainnya jika ada di kotak komentar dibawah

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Satu pemikiran di “5 Tips Mengatur Data Excel Yang Besar dan Banyak”