Cara Meningkatkan Performa Game Laptop Header

10 Cara Meningkatkan Performa Game di Laptop

Bermain game menjadi tidak seru jika game yang anda mainkan lambat. Apalagi laptop tidak seperti komputer desktop yang dapat di upgrade dengan bebas. Untuk itu, mengetahui cara meningkatkan performa game di laptop menjadi kewajiban dan bisa anda dapatkan di artikel ini. Berikut cara-caranya:

1. Update driver kartu grafis

Driver sangatlah penting agar graphics card di laptop anda. Jika menggunakan driver yang salah atau versi lama, Windows tidak mengetahui bagaimana menggunakannya kartu grafis di laptop anda secara maksimal.

Sering sekali driver baru yang disediakan oleh vendor membawa dukungan dan peningkatan performa secara keseluruhan maupun game yang spesifik. Ini biasa terjadi ketika kartu grafis dirilis, game tersebut belum ada dijual. Ketika dijual, barulah vendor bisa membuat driver yang dioptimasi khusus untuk game tersebut.

Nvidia Driver Download

Berikut adalah daftar dimana anda bisa mendownload driver kartu grafis terbaru:

  1. NVidia:
    https://www.nvidia.com/Download/index.aspx?lang=en-us
  2. AMD:
    https://www.amd.com/en/support
  3. Intel:
    https://downloadcenter.intel.com/product/80939/Graphics-Drivers

Pastikan anda memilih driver yang tepat sesuai spesifikasi kartu grafis komputermu. Jika anda tidak mengetahuinya, anda bisa menggunakan aplikasi seperti Speccy untuk mengetahui informasinya.

2. Mengatur Power Mode

Laptop didesain sedemikian rupa agar hemat dalam menggunakan daya. Windows secara otomatis mengatur penggunaan daya, sehingga anda tidak perlu memikirkannya.

Hal tersebut sangat bagus ketika anda bekerja hanya menggunakan aplikasi ringan maupun menonton video. Laptop tidak akan menggunakan banyak daya untuk menjalankan aplikasi ringan. Tapi tidak bagus terhadap game yang anda mainkan.

Cara Meningkatkan Performa Game Laptop Dengan Mengganti Power Mode Windows 10

Namun, Windows 10 memberikan opsi untuk meningkatkan performa secara mudah dengan mengubah Power Mode. Caranya sangat mudah, anda cukup klik icon power pada Taskbar anda dan geser ke “Better performance” atau “Best performance”. Dengan begitu, Windows 10 akan memprioritaskan performa daripada daya tahan baterai ketika bermain game.

3. Menggunakan Game Mode

Dengan Game Mode, Windows 10 akan memprioritaskan game anda. Seperti berhenti mengirimkan anda notifikasi dari aplikasi selain dari game yang anda mainkan. Selain itu, Game Mode meningkatkan frame rate dari beberapa game.

Cara Meningkatkan Performa Game Laptop Dengan Game Mode Windows 10

Secara bawaan, Game Mode selalu aktif. Namun jika anda penasaran apakah Game Mode aktif atau tidak, anda bisa buka Start dan ketik “game mode” dan tekan enter. Seperti gambar diatas, Game Mode telah aktif di komputer saya.

4. Menggunakan DirectX versi terbaru

DirectX adalah sebuah tool untuk memfasilitasi para pengembang game dalam membuat game di Windows. Setiap versi terbaru DirectX biasanya membawa peningkatan performa. Saat artikel ini turun, DirectX versi 12 adalah yang terbaru.

Informasi Directx Windows 10

Untuk mengetahui versi DirectX anda, tekan tombol Windows + R. Kemudian, ketik “dxdiag” dan tekan enter. Seperti gambar diatas, komputer saya sudah memiliki DirectX versi terbaru. Jika komputer anda memiliki versi lama, anda bisa mengecek Windows Update untuk mendapatkan versi terbarunya.

5. Menutup aplikasi lain selama bermain game

Semakin banyak aplikasi yang anda jalankan selagi bermain game, hal tersebut bisa mengganggu performa komputer. Karena aplikasi yang berjalan akan memakan resource RAM anda dimana biasanya game menggunakan banyak RAM.

Menutup Aplikasi Windows 10

Untuk mengeceknya, silahkan lihat taksbar anda dan tutup aplikasi yang tidak dibutuhkan.

6. Menggunakan Graphics Settings

Kartu grafis di laptop banyak yang menggunakan 2 kartu grafis. Kartu grafis yang pertama adalah dari prosesor (Integerated Graphics) anda dan yang kedua adalah kartu grafis dedicated. Kartu grafis yang pertama biasanya memiliki konsumsi daya yang rendah, namun performanya lebih lemah dibandingkan yang kedua.

Hal ini sebenarnya sangat efektif, karena Windows dapat menggunakan integerated graphic ketika kebutuhan grafisnya rendah dan begitu sebaliknya. Pergantian penggunaan kartu grafis tersebut biasanya terjadi secara otomatis. Namun anda bisa menggantinya secara manual jika diinginkan. Misalnya jika anda bermain game, anda bisa memilih kartu grafis yang dedicated untuk mendapatkan performa lebih.

Graphics Settings Windows 10

Caranya adalah buka Start dan ketik “graphics setting” dan tekan enter. Seperti gambar diatas, anda bisa klik “Browse” untuk memilih aplikasi yang diinginkan. Jika sudah, klik “Options” untuk memilih kartu grafis.

Memilih Kartu Grafis Graphics Settings Windows 10

Disini, saya memilih game “Crysis Warhead”. Agar performa gamenya lebih cepat, saya memilih “High Performance” agar Windows hanya menggunakan kartu grafis saya yang dedicated yaitu AMD Radeon 520. Jika saya menggunakan Intel HD Graphics, maka performanya lebih rendah.

7. Menggunakan aplikasi dari kartu grafis

Jika anda sudah install driver terbaru untuk kartu grafis anda, pastikan anda mengecek software yang terpasang di komputer anda. Karena saya menggunakan Radeon, nama aplikasinya adalah “AMD Settings”. Di aplikasi tersebut, ada pengaturan yang kita bisa ubah agar performa game kita bisa jadi lebih besar.

Amd Settings Windows 10

Seperti gambar diatas, anda bisa melihat berbagai opsi yang bisa anda pilih. Seperti Anti-aliasing yang fungsinya untuk mengurangi garis gambar yang terlihat tidak lurus dan tampak seperti tangga jika di lihat secara rinci. Silahkan lihat dokumentasi kartu grafis anda untuk mengetahui opsi lainnya.

8. Mengatur Visual Effect di Windows 10

Cari Adjust The Appearance Settings Windows 10

Visual Effect yang cantik di Windows bisa jadi mengurangi performa game yang anda jalankan. Anda bisa mengatur visual effect di Windows 10 dengan cara tekan tombol Windows + i, kemudian ketik “adjust the appearance” dan tekan enter.

Performance Options Best Performance Windows 10

Kemudian, pilih opsi “Adjust for best performance”. Hal ini akan mematikan hampir keseluruhan animasi visual di Windows 10. Namun ketika anda selesai bermain game, anda bisa menghidupkan kembali ke pengaturan semula.

9. Menggunakan Razer Cortex

Razer Cortex adalah software untuk meningkatkan performa komputer secara instan dan dikhususkan untuk gaming. Ada banyak aplikasi serupa, namun saya merekomendasikan software ini untuk anda karena kemudahan dan peningkatan performa yang lumayan banyak.

Walaupun pembuatnya dari Razer, bukan berarti komputer anda harus bermerk Razer untuk menggunakannya. Silahkan download dan install di komputer anda. Secara otomatis, Cortex akan mendeteksi game yang terpasang di komputer anda.

Cara Meningkatkan Performa Game Laptop DenganBoost Razer Cortex

Untuk mempercepat komputer anda, klik menu “Game Booster” dan klik “Boost”. Terakhir, klik “Boost Now” dan seketika itu juga performa komputer anda akan meningkat. Bukan hanya game, dengan menggunakan aplikasi ini anda juga bisa meningkatkan performa komputer anda untuk hal lain, termasuk dalam bekerja.

10. Membersihkan komponen internal laptop

Tips ini sengaja saya taruh paling akhir karena membutuhkan kemampuan anda dalam membongkar laptop. Selain itu, membongkar laptop anda akan menggugurkan garansi laptop anda, jadi lakukan dengan hati-hati. Namun hasil yang diberikan tidak akan mengecewakan.

Setiap kali kita menggunakan laptop, debu dapat masuk di komponen dalam laptop seperti kipas dan lain-lain. Hal ini tentu berpengaruh terhadap performa karena komponen laptop akan semakin panas dan kipas harus bekerja ekstra untuk mendinginkannya.

Membersihkan Kipas Dari Debu

Ketika komponen dalam laptop anda bersih, kipas tidak akan berputar terlalu keras dan arus udara di dalam bisa lebih lega dan kipas bisa maksimal dalam mengusir panas.

Untuk membongkar laptop, silahkan cari dokumentasi laptop anda untuk mengetahui caranya. Jika anda orang yang tidak pernah membongkar laptop, jangan pernah membongkarnya tanpa panduan! Karena banyak sekali orang yang mematahkan komponen dalam dan akibatnya malah merusak laptop.

Ternyata ada banyak cara meningkatkan performa game di Laptop

Dan saya yakin seluruh tips di artikel ini bisa meningkatkan performa game di laptop anda tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun. Jika anda memiliki uang lebih, anda juga meningkatkan performa game dengan cara menambah lebih banyak RAM maupun mengganti HDD menjadi SSD.

Lalu, apakah artikel ini membantu anda? Apakah anda memiliki pertanyaan lain? Silahkan tulis di kotak komentar.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.