Cara Membeli Ram Header

6 Cara Membeli RAM Yang Tepat (RAM Buying Guide)

RAM atau Random Access Memory merupakan salah satu komponen penting untuk komputer anda, sehingga mengetahui cara membeli RAM sangat penting. RAM berfungsi untuk menyimpan seluruh program yang anda jalankan di komputer. Misalnya saja ketika anda membuka Microsoft Word, maka program tersebut secara sementara disimpan di dalam RAM. Ketika anda selesai menggunakan Microsoft Word, program tersebut akan berhenti menggunakan RAM.

Sebelum membeli RAM, ada berbagai macam informasi yang harus anda pahami terlebih dahulu. Seperti membeli smartphone, RAM juga memiliki spesifikasi tersendiri agar bisa cocok untuk dipasangkan di komputer.

Kapan kita perlu menambah atau upgrade RAM?

Beli RAM V-Gen 4 GB untuk laptop

Karena bertugas menyimpan program yang berjalan, semakin banyak kapasitas RAM yang anda miliki, semakin banyak program yang bisa anda jalankan dalam satu waktu. Jika anda orang yang sering membuka banyak program sekaligus, menambah RAM adalah solusinya.

Jika RAM anda terbatas, sistem operasi khususnya Windows akan mulai menggunakan penyimpanan data utama anda sebagai RAM seperti HDD atau SSD. Misalnya saja RAM anda saat ini memiliki kapasitas 2 GB dan seluruh memori tersebut sudah digunakan. Ketika anda membuka program lain, secara otomatis Windows memindahkan satu atau lebih program yang jarang anda gunakan ke HDD atau SSD anda. Proses memindahkan program yang ada di RAM ke HDD atau SSD yang ada di Windows biasa disebut sebagai proses Virtual Memory.

Proses diatas membuat komputer anda terasa lebih lambat ketika membuka program baru karena HDD atau SSD tidaklah secepat RAM anda. Untuk itulah kapasitas RAM lebih membantu anda membuka lebih banyak program. Secara tidak langsung, komputer anda menjadi lebih cepat karena Windows tidak perlu sering-sering menggunakan HDD atau SDD anda sebagai Virtual Memory.

Langsung saja, mari kita sama-sama bahas cara membeli RAM yang tepat untuk komputer anda.

1. Mengecek konfigurasi RAM anda saat ini

Anda tidak perlu membongkar komputer atau laptop anda untuk mengecek kondisi RAM anda saat ini. Anda hanya memerlukan software tambahan. Disini saya merekomendasikan aplikasi Speccy. Aplikasi ini dapat memberikan informasi mengenai spesifikasi komputer anda saat ini, termasuk RAM.

Informasi Ram Speccy

Seperti gambar diatas pada bagian RAM, anda bisa melihat informasi konfigurasi RAM anda saat ini. Sebagai awal, silahkan cek berapa jumlah slot RAM yang ada di komputer anda dan berapa yang sedang digunakan. Pada bagian “Memory Slots”, Speccy secara jelas memberikan informasi bahwa komputer ini memiliki 2 slot dan baru 1 saja yang digunakan.

Ini artinya, anda bisa membeli RAM baru dan memasangnya di komputer anda, sehingga ada 2 RAM di komputer anda. Jika slot komputer anda hanya satu atau semua telah digunakan, berarti anda hanya bisa melakukan upgrade atau mengganti RAM yang ada dengan kapasitas yang lebih tinggi.

2. Mengecek versi DDR dari RAM anda

RAM menggunakan DDR atau Double Data Rate sebagai metode bagaimana mentransfer data dalam 1 siklus. Mengecek versi DDR pada RAM anda saat ini sangat penting. Karena anda harus membeli RAM dengan versi DDR yang sama. DDR terdiri 5 versi yaitu DDR1, DDR2, DDR3, DDR4, dan DDR5.

RAM DDR4 merupakan jenis RAM yang paling baru, cepat dan sudah bisa anda dapatkan saat ini dengan mudah. Sedangkan DDR5 masih dalam tahap pengembangan dan belum dijual secara bebas. Jika anda baru membeli komputer 1 atau 2 tahun belakangan ini, kemungkinan komputer anda menggunakan DDR4 semakin besar.

Informasi Detail Ram Speccy

Namun anda tidak perlu ragu, karena aplikasi Speccy bisa mengecek jenis DDR pada RAM anda. Klik saja “Slot #1” untuk melihat informasi mengenai RAM yang ada di slot pertama. Bisa dilihat pada gambar diatas jika komputer ini menggunakan RAM berjenis DDR4. Otomatis anda harus membeli RAM DDR4 dan jangan sampai anda membeli yang DDR3.

Slot untuk RAM biasanya juga tidak backward compatibleArtinya RAM DDR3 tidak bisa dipasang di slot DDR4 maupun sebaliknya. Walau ada beberapa motherboard yang mendukung hal tersebut, namun saya rekomendasikan gunakan jenis DDR yang sama saja untuk kestabilan penggunaan komputer.

3. DIMM dan SO-DIMM

DIMM atau Dual In-line Memory Module merupakan komponen integrated circuit untuk perangkat seperti RAM. Namun, anda tidak perlu mengetahui secara lengkap mengenai DIMM atau SO-DIMM (Small Outline DIMM). Intinya, RAM dengan tipe DIMM digunakan untuk komputer desktop dan server. Sedangkan SO-DIMM digunakan untuk laptop atau notebook.

Dimm Dan So Dimm Ram
RAM DIMM untuk Desktop (atas) dan SO-DIMM untuk Laptop (bawah). Sumber: MaxVT, Sodimm and dimm, CC BY-SA 3.0

Jadi jika anda ingin membeli RAM untuk laptop anda, pastikan anda meminta RAM SO-DIMM. RAM untuk laptop juga ukurannya lebih kecil dibandingkan RAM untuk desktop sehingga mudah untuk anda kenali.

4. Kecepatan RAM

Informasi Detail Ram Speccy

Cara membeli RAM selanjutnya yaitu mengecek kecepatan RAM. Seberapa cepat sebuah RAM bisa kita kenali dengan mudah dengan membaca angka tertentu pada spesifikasi RAM. Perhatikan kembali pada gambar diatas. Kecepatan siklus RAM di komputer ini adalah 1200 MHz. Karena seluruh RAM menggunakan DDR, berarti kecepatan data transfernya bisa kita ketahui dengan mengkalikan 2 (Double) dari kecepatan siklus. 1200 MHz kali 2, hasilnya adalah 2400. Itu artinya, kecepatan transfer data RAM tersebut adalah 2400 juta atau 2,4 miliar.

Jika anda ingin mengganti RAM, memperhatikan kecepatan data transfer bisa jadi meningkatkan performa komputer anda. Namun, peningkatan performa ini mungkin kurang signifikan dikarenakan anda tetap menggunakan jenis DDR yang sama yaitu DDR4. Kapasitas sebuah RAM tetap menjadi alasan pertama jika anda mengganti RAM anda.

Sehingga waktu anda membeli RAM, perhatikan angka setelah penamaan DDR. Jika tertulis DDR4-2400, maka spesifikasinya sama seperti komputer ini. DDR4 sendiri memiliki kecepatan maksimal hingga DDR4-3200, namun tentu harganya lebih mahal.

5. Arsitektur Sistem Operasi dan Prosesor: 32 bit (x86) atau 64 bit (x64)

Mengetahui Arsitektur Sistem Operasi Dan Prosesor Windows 10

Setiap sistem operasi biasanya memiliki 2 arsitektur. Arsitektur ini menentukan seberapa banyak RAM yang bisa digunakan. Sebelum membahas arsitektur ini, berikut cara mengetahui arsitektur sistem operasi dan prosesor anda. Buka start dan ketik “about your pc” dan tekan enter. Anda bisa mengetahuinya dengan memperhatikan kotak merah pada gambar diatas di kolom “System type”.

Disana dijelaskan bahwa komputer ini menggunakan sistem operasi 64 bit. Komputer modern saat ini biasanya terjual dengan sistem operasi atau prosesor yang mendukung 64 bit, sehingga kemungkinan anda menggunakan 64 bit sangat tinggi. Pengecualian jika anda menggunakan komputer lama, kemungkinan besar komputer anda masih menggunakan 32 bit.

Karena sistem operasi dengan 32 bit, hanya sanggup menggunakan 4 GB RAM saja. Tidak peduli jika anda memasang 16 GB RAM, maka sistem hanya mengenali sebesar 4 GB saja. Jika anda menggunakan 64 bit, batasnya adalah hingga terabyte (akan dibahas lebih lanjut nanti). Tentu anda tidak mungkin menggunakan RAM sebesar itu.

Saya sarankan untuk upgrade sistem operasi anda ke 64 bit, karena arsitektur itu lebih aman dan lebih cepat. Pastikan juga prosesor anda mampu menjalankan 64 bit sebelum upgrade.

6. Dual, Triple, dan Quad Channel

Bayangkan jika anda bekerja, akan lebih cepat jika dikerjakan oleh 2 orang atau lebih. Hal ini juga berlaku untuk RAM. Menggunakan 2 RAM atau lebih lebih cepat dibandingkan hanya 1 saja. RAM dengan Dual Channel, berarti anda menggunakan 2 RAM dalam satu komputer. Triple berarti 3 dan Quad berarti 4 RAM.

Agar komputer anda bisa memanfaatkan Dual, Triple, atau Quad Channel ini, RAM tersebut harus memiliki kriteria spesifikasi yang sama agar performanya tinggi. Misalnya saat ini anda memiliki DDR4-2400 sebesar 4 GB, silahkan anda beli RAM lagi dengan spesifikasi yang sama. Anda tidak perlu membeli RAM dengan merk yang sama untuk menerapkannya, yang penting spesifikasinya sama.

Dual Channel Ram

Seperti pada gambar diatas, saya memiliki komputer dengan konfigurasi Dual Channel yaitu menggunakan 2 RAM. Spesifikasinya sama, hanya saja merknya berbeda. RAM pertama menggunakan merk Micron yaitu bawaan dari komputer. RAM kedua menggunakan merk Adata. Dua-duanya memiliki spesifikasi sama yaitu DDR4-2400 berkapasitas masing-masing 4 GB.

Karena jumlah RAM ada hubungannya dengan kecepatan, anda sebaiknya membeli 2 RAM dengan total kapasitas 8 GB daripada membeli 1 RAM saja dengan kapasitas 8 GB. Dengan membeli lebih banyak RAM, komputer bisa mengakses data yang ada di RAM lebih cepat karena jalurnya lebih banyak.

Ram Kit 2x4gb Ddr4

Banyak produsen menjual RAM dengan bentuk kit atau berpasangan. Mereka tidak menjual 1 RAM saja, melainkan 2 atau bahkan 4 dalam satu paket sekaligus. Walau harganya lebih mahal daripada anda membeli 1 keping RAM dengan kapasitas yang lebih besar, namun performanya akan lebih cepat jika anda menggunakan channel ini. Seperti produk diatas, V-Gen tidak menjualnya dalam 1 keping 8 GB, namun menjualnya 2 keping masing-masing 4 GB.

6. Mengecek berapa kapasitas RAM terbanyak untuk komputer

Semakin banyak kapasitas RAM tentu semakin bagus. Namun perlu anda perhatikan bahwa semua komputer memiliki batas berapa banyak kapasitas yang bisa digunakan. Anda tidak bisa langsung membeli RAM dengan kapasitas 32 GB dan langsung memasangnya di komputer.

Walaupun sebelumnya artikel ini menjelaskan mengenai arsitektur sistem operasi dan prosesor dimana 64 bit sanggup mendukung hingga terabyte RAM, namun tidak semua komputer mendukungnya. Selain faktor arsitektur, faktor kompatibiitas motherboard juga memiliki peran berapa maksimal RAM yang bisa digunakan. Berikut bagaimana cara mengetahui maksimal RAM yang bisa digunakan di komputer anda.

a. Mengecek dokumentasi komputer

Mengecek dokumentasi komputer merupakan cara teraman untuk mengetahui berapa kapasitas maksimal RAM untuk komputer anda. Silahkan cek buku manual maupun di situs resmi komputer anda.

Maksimal Kapasitas Ram Hp

Karena saya disini menggunakan laptop merk HP, saya mengeceknya di dokumentasi online di situs resmi HP untuk mengetahuinya. Seperti gambar diatas, ternyata laptop saya sanggup mendukung RAM hingga 16 GB dengan kombinasi 2×8 GB RAM.

b. Kapasitas RAM anda saat ini dikali jumlah slot yang tersedia

Misalnya anda membeli komputer dengan RAM 4 GB dan hanya menggunakan 1 slot RAM saja, aman kita asumsikan bahwa komputer anda sanggup menggunakan RAM kapasitas yang sama di slot kedua. Jika memiliki 2 slot, berarti komputer anda bisa menggunakan total 8 GB. JIka memiliki tiga slot, maka totalnya 12 GB dan begitu selanjutnya.

Namun hal diatas hanya berlaku jika anda menggunakan RAM konfigurasi dasar, bukan RAM yang anda upgrade pada waktu anda membeli. Jika pada awal membeli komputer, anda meminta secara khusus agar RAM yang digunakan berkapasitas lebih besar, maka cara diatas bisa saja tidak berlaku lagi.

c. Mengecek di spesifikasi prosesor

Kapasitas Maksimal Ram Prosesor Intel

Cara ini tidak kami sarankan karena selain faktor prosesor, faktor motherboard yang dibuat oleh produsen komputer anda juga bisa mempengaruhi berapa kapasitas maksimalnya. Sebagai contoh, laptop saya menggunakan prosesor Intel Core i5-7200U. Di situs resminya, Intel mengatakan bahwa prosesor ini sanggup mendukung RAM hingga 32 GB. Namun menurut dokumentasi resmi dari HP, laptop ini hanya mendukung hingga 16 GB.

Disini, anda harus mengikuti dokumentasi resmi komputer anda. Karena kapasitas maksimal yang diberikan prosesor anda belum tentu cocok dengan motherboard yang dibuat oleh produsen komputer anda.

Bagaimana menurut anda artikel Cara Membeli RAM Yang Tepat (RAM Buying Guide)?

Setelah membaca artikel cara membeli RAM ini, anda siap untuk membeli RAM untuk komputer kesayangan anda. Setelah membeli RAM, anda bisa menjalankan lebih banyak program dan komputer anda lebih responsif. Lalu, apakah anda memiliki pertanyaan lainnya? Apakah ada cara lain yang menurut anda kurang di artikel ini? jangan sungkan untuk menulisnya di kotak komentar ya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

4 pemikiran di “6 Cara Membeli RAM Yang Tepat (RAM Buying Guide)”