6 Fitur Tersembunyi Di Windows 10 April 2018 Update

6 Fitur Tersembunyi Di Windows 10 April 2018 Update

Windows 10 April 2018 Update membawa banyak fitur tambahan yang bisa anda gunakan untuk mempercepat anda dalam menggunakan komputer sekaligus mengamankan data-data anda dengan fitur keamanan terbaru. Fitur-fitur baru tersebut bisa anda lihat di aplikasi “Tips”. Namun ada beberapa yang tidak dibahas disana dan akan dibahas disini. Lalu, apa saja fitur tersembunyi di Windows 10 April 2018 Upate?

Aplikasi Tips Windows 10

Dengan aplikasi “Tips” di Windows 10 seperti diatas, maka anda bisa mempelajari apa saja yang baru di Windows 10 April 2018 Update. Namun, ada beberapa hal yang tidak dibahas disana dan penulis ingin mengulasnya di artikel ini. Langsung saja ini dia artikelnya.

1. Pengaturan Manajemen GPU

Jika anda memiliki komputer dengan 2 GPU, anda bisa memilih GPU yang mana akan digunakan untuk aplikasi yang anda pilih. Skenario ini sangat tepat di laptop yang biasanya memiliki integrated graphics dan satu discrete graphics. Integrated graphics memang lebih hemat daya dibandingkan discrete graphics. Oleh karena itu, memilih integrated graphics untuk aplikasi yang ringan akan menghemat baterai anda.

Graphics Settings Windows 10 April 2018 Update

Seperti gambar diatas, penulis memasukkan aplikasi “Microsoft Edge” ke dalam daftar, kemudian memilih opsi “Power saving”. Itu artinya Microsoft Edge hanya akan menggunakan Intel HD 620, dimana itu adalah integrated graphics milik Intel yang memang lebih hemat daya dibandingkan AMD Radeon 520.

Secara bawaan, memang Windows yang mengatur GPU mana yang akan dipakai saat anda menjalankan aplikasi. Namun pengaturan manajemen GPU ini sangat berguna ketika anda ingin menghemat baterai anda seperti skenario diatas, dimana penulis hanya ingin menggunakan integrated graphics saja.

2. Font di Microsoft Store

Jika biasanya kita men-download font dengan menggunakan browser, sekarang anda bisa download di Microsoft Store. Saat artikel ini turun, jumlah font yang bisa anda download terhitung bisa dibilang lucu. Hanya 11 font saja yang bisa anda download.

Fonts Di Microsoft Store

Walaupun sedikit, pastinya Microsoft akan menambah terus jumlah font yang tersedia. Untuk download Font, anda cukup mengetik “Fonts” di kotak pencarian Microsoft Store dan tekan enter.

Font Di Windows 10

Jika anda ingin melihat font apa saja yang terpasang di Windows 10, buka Start dan ketik “font preview” dan tekan enter. Maka anda akan melihat tampilan seperti diatas.

3. Menghapus Data Diagnostik

Windows 10 secara rutin mengumpulkan data-data diagnostik seperti bagaimana cara anda menggunakan komputer untuk meningkatkan kualitas Windows itu sendiri. Microsoft pun sudah membuat pengaturan privasi yang bisa anda akses dengan mudah di Settings. Di April 2018 Update ini, Microsoft membuat fitur dimana anda bisa menghapus hasil diagnostik secara menyeluruh.

Diagnostics Feedback Windows 10 April 2018 Update

Silahkan buka Settings > Privacy > Diagnostics & feedback, kemudian anda klik “Delete” untuk menghapusnya. Jika anda menggunakan Microsoft Account, anda harus membukanya untuk menghapus datanya.

4. Autocorrect/Autosuggest Untuk Keyboard Fisik

Autosuggest Windows 10 April 2018 Update

Microsoft ingin membawa pengalaman smartphone ke PC. Jika anda mengetik di smartphone, biasanya akan ada fitur Autocorrect/Autosuggest yang artinya beberapa saran kata ketika anda mengetik.

Menggunakan Autosuggest Windows 10 April 2018

Namun dukungan Autocorrect /Autosuggest saat ini hanya berlaku untuk bahasa inggris Amerika Serikat saja. Kita tunggu saja dukungan untuk bahasa-bahasa lainnya.

5. Game Bar

Game Bar pertama kali diperkenalkan di Windows 10 Fall Creators Update (FCU) tahun lalu. Dengan Game Bar, anda bisa melakukan screenshot, merekam, dan streaming selagi anda bermain game tanpa harus menggunakan software tambahan.

Settings Game Bar Windows 10

Di Windows 10 April 2018 Update ini, Microsoft mengubah sedikit tampilan dari Game Bar. Agar anda bisa mengakses Game Bar, anda bisa memastikannya lewat Settings > Gaming > Game Bar seperti gambar diatas.

Game Bar Windows 10 April 2018 Update

Ketika anda bermain game, anda bisa mengakses Game Bar kapan saja menggunakan shortcut Windows + G. Disana, ada tombol untuk anda mengambil screenshot, merekam game, dan streaming via Mixer.

6. Dukungan HDR Video

Di Aril 2018 Update ini, Windows secara resmi mendukung HDR Video. Namun tidak semua komputer bisa mengaktifkannya, karena dukungan HDR ini membutuhkan layar yang mendukung HDR juga. Dan harga monitor dengan dukungan HDR relatif lebih mahal daripada yang biasa.

Hdr Video Di Windows 10 April 2018 Update

Jika anda memiliki monitor dengan dukungan HDR, anda bisa mengaktifkannya dengan cara buka Start dan ketik “hdr video” dan tekan enter. Karena komputer penulis tidak mendukung HDR, maka opsi untuk menghidupkan “Stream HDR video” tidak bisa dihidupkan.

Dan masih banyak lagi…

Fitur-fitur diatas merupakan fitur-fitur tersembunyi yang patut untuk anda coba. Ada beberapa hal lagi yang mungkin menarik untuk anda. Berikut beberapa daftar fiturnya:

  1. Pair Perangkat Bluetooth Baru: April 2018 Update membuat pairing dengan perangkat Bluetooth jadi lebih mudah.
  2. Pengaturan Speaker dan Microphone: Dengan mengakses Settings, anda bisa mengatur pengaturan 2 perangkat tersebut lebih spesifik lagi.
  3. Password-less di Windows 10 S: Jika anda menggunakan Windows 10 S, anda dapat masuk ke komputer anda tanpa password dengan bantuan smartphone anda dan aplikasi Microsoft Authenticator.
  4. My People: Saat ini, anda bisa pin orang-orang tercinta di Taskbar hingga 10 dimana sebelumnya hanya 3 yang bisa anda pin.
  5. Dukungan Eye Tracking: Perangkat seperti Tobii memungkinkan anda untuk menggunakan Windows 10 hanya dengan mata anda. Dan di April 2018 Update ini, secara resmi Windows sudah mendukungnya.

Bagaimana menurut anda artikel 6 Fitur Tersembunyi Di Windows 10 April 2018 Update?

Windows 10 akan terus ditambah dengan fitur-fitur baru atau meningkatkan fitur yang ada agar Windows 10 menjadi sistem operasi yang terus relevan digunakan. Lalu, fitur apa yang paling anda sukai di Windows 10 April 2018 Update ini? Fitur apa yang anda harapkan untuk update selanjutnya? Jangan lupa tulis di kotak komentar.

Sekian artikel 6 Fitur Tersembunyi Di Windows 10 April 2018 Update, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa berlangganan dengan cara Like Facebook kami maupun berlangganan via email.

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.