10 Perbedaan Mouse Gaming dengan Mouse Biasa, Gamer Wajib Tahu!

Perbedaan Mouse Gaming dengan Mouse Biasa Header

Perbedaan mouse gaming dengan mouse biasa sangatlah mencolok. Namun, bagi sebagian gamer pemula berfikir bahwa penggunaan mouse bukanlah masalah besar.  Bahkan mereka mengira keberadaan mouse apapun pasti sama saja dan tidak mempengaruhi permainan. Padahal jika mereka tahu, saya yakin mereka akan segera mengganti mouse yang di gunakan.

Mouse Gaming Vs Mouse Biasa

Ditulis Oleh: PerangkatPC

Bahkan, Jika Anda pernah melihat kompetisi game secara langsung ataupun via streaming dari Youtube dan lain-lain, tentu Anda akan melihat hal yang berbeda dari para gamers dengan kebanyakan pengguna PC biasanya. Gamers yang sudah profesional dapat dilihat dari penggunaan hardware-nya, mulai dari PC, keyboard, mouse sampai touchpad yang nampak unik dan ‘tidak biasa’.

Bahkan kita mungkin sering mendengar istilah ‘laptop gaming’ yang memiliki spesifikasi gahar dan mumpuni, ternyata penggunaan mouse untuk menunjang aktivitas PC gaming juga memberi pengaruh terhadap performa dan kenyamanan selama bermain game. Lantas apa bedanya dengan mouse reguler yang sering kita jumpai atau bahkan kita gunakan?

1. Desain mouse gaming lebih keren

CM Storm Inferno Gaming Mouse
Intel Free Press, CM Storm Inferno Gaming Mouse, CC BY 2.0

Ketika Anda pertama kali melihat mouse gaming maka kesan pertamanya pasti desainnya keren, modern dan futuristik. Ya, mouse gaming memang rata-rata diciptakan dengan desain yang lebih modern dan lebih mencolok dibandingkan dengan mouse standar.

Meski sebenarnya ada juga mouse gaming yang mirip seperti mouse standar, maupun sebaliknya. Namun, untuk menarik perhatian para gamers, tentu saja mouse gaming harus dibuat sedemikian rupa agar nampak berbeda daripada mouse standar. Bahkan tak jarang, mouse gaming menggunakan light effects untuk membuatnya tampak lebih menarik.

2. Bodi mouse gaming lebih ergonomis 

ROCCAT Kone Max Customization Gaming Mouse
ROCCAT, ROCCAT Kone Max Customization Gaming Mouse, CC BY-SA 4.0

Selain dapat dilihat dari desain tampilannya, bentuk bodi mouse gaming dirancang dengan desain ergonomis. Ada yang lonjong, ada pula yang melebar ke bagian samping sehingga dapat disesuaikan dengan masing-masing ukuran telapak tangan para gamers. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada kenyamanan masing-masing penggunanya.

Berbeda dengan mouse reguler yang rata-rata juga memiliki desain yang standar, dan monoton, baik yang dengan kabel maupun yang jenis wireless. Sekalipun ada yang menggunakan desain seperti mouse gaming namun tentu spesifikasi lainnya tetap berbeda.

3. Mouse gaming mempunyai tombol-tombol khusus

512px Razer Naga 2014 MMO Gaming Mouse (14714867599)
osman gucel, Razer Naga 2014 MMO Gaming Mouse (14714867599), CC BY 2.0

Di bagian samping mouse gaming biasanya terdapat tombol-tombol khusus yang dapat dikustomisasi atau di-setting sesuai kebutuhan Anda saat bermain game. Nah biasanya tombol-tombol tersebut digunakan untuk scroll item maupun mengganti senjata secara lebih cepat daripada dengan keyboard. Sedangkan di mouse standar hanya ada 4 tombol saja yang tidak dapat dikustomisasi sendiri.

Sehingga pada saat peluru habis atau ada item yang telah terpakai, maka dapat me-reload peluru atau mengganti senjata maupun item lain dengan menggunakan tombol-tombol tersebut. Selain digunakan untuk scroll, tombol-tombol tersebut gunanya juga untuk menulis angka atau mengganti item-item dalam permainan.

Biasanya terdapat tombol khusus juga yang letaknya di atas scroll yang fungsinya untuk mengatur DPI atau CPI. Ada juga tombol triple click dan back-next pada mouse gaming.

4. Perbedaan tingkat DPI (Dot Per Inches) sangat jauh

DPI adalah Dot per Inch yang merupakan satuan resolusi yang dimiliki oleh mouse. Mouse standar umumnya memiliki resolusi DPI senilai 500-800 dpi saja, sedangkan pada mouse gaming, DPI bisa mencapai angka di atas 2.000. Semakin tinggi angka DPI-nya, maka pergerakan mouse juga lebih cepat dan akurat, kita dapat dengan mudah menggerakkan kursor ke semua sudut.

Khusus untuk mouse gaming memang sebaiknya ukuran DPI-nya lebih tinggi sebab kecepatan dan akurasi saat permainan berlangsung merupakan hal yang penting untuk dapat bermain secara maksimal.

5. Konektivitas mouse gaming lebih beragam

Razer Naga
дмитрий дугин, Collection of Razer Nagas, CC BY 3.0

Jika dilihat dari segi konektivitasnya, sebenarnya kedua jenis mouse tidak jauh berbeda. Ada mouse standar yang menggunakan kabel dan ada juga yang tidak, begitu juga dengan mouse gaming. Namun kebanyakan yang dijumpai di pasaran, mouse gaming lebih banyak menggunakan konektivitas berupa bluetooth dibandingkan dengan kabel.

Sedangkan mouse standar, masih banyak yang menggunakan kabel sebagai konektivitasnya. Mouse gaming memang dirancang demikian untuk memudahkan para gamers dalam menggerakkan mouse pada touchpad. Sekalipun di pasaran, masih ada juga mouse gaming yang menggunakan kabel, namun biasanya ukuran kabelnya lebih panjang dari mouse standar.

6. Fungsionalitas mouse gaming lebih kompleks

Keberadaan fitur macro serta keystroke dalam mouse gaming merupakan hal yang sangat penting sebab fungsinya dalah untuk mempermudah mode permainan. Jasi ketika Anda bermain game dengan genre FPS seperti Point Blank, Counter Strike dan sejenisnya maka Anda dapat menyimpan beberapa jurus menggunakan fitur macro.

Sedangkan keystroke merupakan langkah untuk memasukkan setiap karakter, jadi keystroke akan menampilkan sejumlah menu tertentu yang beragam. Kedua hal tersebut tidak dapat dijumpai pada mouse standar yang notabene hanya berfungsi untuk mengarahkan kursor dan mendukung efektivitas pekerjaan saja.

7. Mouse gaming didesain dengan fitur serta efek tambahan

Fitur Lebih Banyak Mouse Gaming

Mouse gaming biasanya memiliki fitur serta efek tambahan seperti misalnya memori internal yang dapat digunakan untuk menyimpan pengaturan maupun data-data game hanya dengan sekali klik saja. Ada juga fitur tambahan seperti pengaturan pada mouse yang dapat digunakan atau kompatibel di semua komputer.

8. Tingkat durabilitas mouse gaming lebih lama

Perbedaan lainnya adalah mengenai durabilitas atau ketahanan. Mouse gaming memang terkenal lebih awet dan tahan lama dibandingkan dengan mouse biasa. Hal ini dikarenakan, untuk bermain game, gamers dapat menghabiskan waktu berjam-jam dengan jumlah klik yang nyaris tidak dapat dihitung. Sehingga ada mouse gaming yang dirancang dapat bertahan hingga 200 juta klik.

Selain itu, mouse gaming juga dibuat dari material yang lebih kuat sehingga tidak mudah mengalami kerusakan, bahkan ketika terkena benturan berulang kali. Sensitivitasnya pun tidak mudah berkurang.

9. Tingkat sensitivitas mouse gaming lebih tinggi

Pengaturan Dpi Logitech Gaming Mouse

Mouse gaming umumnya dilengkapi dengan sensor optik khusus yang dapat meningkatkan sensitivitas serta memudahkan pergerakannya.

Mouse gaming biasanya memiliki sensitivitas yang tinggi dan pergerakannya pun lebih lancar, halus dan dapat diatur. Gunanya tentu saja untuk mendukung performa selama bermain game.

Hal ini tidak dapat ditemukan pada mouse biasa yang mana sensornya kurang sensitif, sehingga menghasilkan pergerakannya yang kurang halus juga pada pekerjaan tertentu.

10. Harga mouse untuk game dengan mouse biasa sangat berbeda

Membayar Dengan Uang

Perbedaan mouse gaming dengan mouse biasa yang terakhir adalah harga. Nah, untuk masalah ini, ini juga seringkali menjadi perbedaan. Pada umumnya, mouse standar dibanderol dengan harga kurang lebih 40-100 ribuan, sesuai dengan mereknya. Fiturnya? Standar-standar saja, hampir tidak jauh berbeda. Sedangkan pada mouse gaming, harga sangat menentukan kualitas mouse.

Mouse gaming rata-rata dibanderol dengan harga di atas 100 ribu, bahkan ada juga yang mencapai ratusan ribu bahkan jutaan. Pengaruhnya bukan karena merek saja, tetapi juga karena fitur-fitur dan keunggulan yang ditawarkan.

Bagaimana menurut anda 10 Perbedaan Mouse Gaming dengan Mouse Biasa?

Demikian yang dapat kita lihat dari perbedaan mouse gaming dengan mouse biasa yang bisa saya informasikan. Jadi, setelah mengetahui tentang kelebihan mouse gaming, bagaimana reaksi Anda?

Akankah Anda segera mengganti jenis mouse yang Anda gunakan saat ini? Atau malah tetap tidak peduli akan hal ini?

Jika kalian merasa ingin mengganti ke mouse khusus untuk game berikut ini referensi tentang mouse gaming berkualitas terbaik yang di ulas oleh tim perangkat pc.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih. Semoga bermanfaat .

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.