Prosesor Intel Generasi Ke-8: Semua Yang Perlu Anda Ketahui

Prosesor Intel Generasi Ke-8 Header

Perkembangan prosesor yang semakin hari semakin maju, membuat konsumen seperti kita juga harus cermat dalam memilih prosesor yang tepat untuk komputer kita. Intel sebagai salah satu produsen prosesor yang tiap tahunnya mengeluarkan prosesor seri baru akhirnya mengeluarkan prosesor Intel generasi ke-8 untuk menggantikan generasi sebelumnya. Lalu, apa saja yang baru di generasi ke-8 ini?

Prosesor Intel Generasi Ke-8: Semua Yang Perlu Anda Ketahui

Perbandingan Performa Intel Generasi 6 7 8

Di generasi ke-8 ini, banyak perubahan yang dialami bila dibandingkan dengan generasi ke-7. Seperti biasa, generasi ke-8 ini menawarkan performa yang meningkat, konsumsi daya rendah, dan berbagai fitur menarik lainnya yang patut untuk anda simak sebelum membeli prosesor baru untuk desktop anda maupun membeli laptop baru dengan prosesor Intel. Simak ulasannya dibawah ini:

Intel Semakin Membuat Bingung Konsumen di Generasi Ke-8

Intel 8th Gen Processor Header

Tidak semua prosesor Intel diciptakan sama. Anda harus jeli dalam menentukan prosesor Intel mana yang harus anda beli atau pakai. Dan parahnya, Intel semakin membuat bingung konsumen dengan merilis prosesor Intel generasi ke-8 dengan banyak microarchitecture.

Kesimpulannya, prosesor Intel Generasi ke-8 memiliki banyak microarchitecture. Hal ini berbeda dengan generasi sebelumnya yaitu generasi ke-7 yang memiliki satu nama microarchitecture yaitu Kaby Lake yang sudah penulis buat artikel lengkapnya.

Oh ya, Saya Masih Belum Paham Mengenai Microarchitecture

Prosesor AMD Ryzen: Semua Yang Perlu Anda Ketahui

Tenang saja, karena penulis sudah menjelaskan secara mudah mengenai topik microarchitecture. Penulis membuatnya di dalam artikel Prosesor AMD Ryzen diatas. Silahkan anda cek terlebih dahulu.

Daftar Microarchitecture Di Intel Generasi Ke-8

Setiap Microarchitecture (MA) dibuat berdasarkan platform tertentu. Jika microarchitecture dibuat untuk Mobile, maka prosesor tersebut digunakan di perangkat seperti notebook, ultrabook, 2 in 1, dan variannya. Jika desktop, maka prosesor tersebut dibuat untuk komputer tak bergerak seperti komputer tower, all in one, mini komputer, dan variannya. Berikut daftar Microarchitecture di Intel Generasi Ke-8:

  1. Kaby Lake-R (Mobile)
  2. Kaby Lake-G (Mobile & Desktop)
  3. Coffee Lake-U (Mobile)
  4. Coffee Lake-H (Mobile)
  5. Coffee Lake-S (Desktop)
  6. Cannon Lake 10 nm

Dilihat dari daftar diatas, ada 2 microarchitecture utama yang digunakan di prosesor Intel generasi ke-8. Ada Kaby Lake (sama dengan microarchitecture yang ada di prosesor Intel generasi ke-7) dan Coffee Lake. Kaby Lake disini menggunakan process node 14 nm+, sedangkan Coffee Lake menggunakan process node yang lebih baru yaitu 14 nm++.

Cara Membaca Nama Prosesor Intel Generasi Ke-8

Beberapa nama prosesor Intel Generasi ke-8 memiliki huruf suffix yang memiliki arti tertentu. Huruf suffix disini maksudnya adalah satu atau 2 huruf yang biasanya ada di paling akhir nama prosesor. Sebagai contoh, nama prosesornya adalah Intel Core i5-8250U. Perhatikan ada huruf “U” di paling akhir, itulah yang dinamakan huruf suffix. Berikut penjelasan dari semua huruf suffix tersebut yang nantinya anda temukan di artikel ini:

  • “U” (Ultra Low Power) menandakan bahwa prosesor tersebut memiliki konsumsi daya rendah dan digunakan untuk perangkat mobile. Berkisar antara 15 W hingga 28 W.
  • “G” menandakan bahwa prosesor tersebut memiliki kartu grafis AMD Radeon RX Vega.
  • “H” menandakan bahwa prosesor tersebut memiliki performa tinggi di kelas prosesor mobile.
  • “K” menandakan bahwa prosesor tersebut dapat di overclock.
  • “M” menandakan bahwa prosesor tersebut diperuntukkan untuk perangkat Mobile.
  • “T” menandakan bahwa prosesor tersebut memiliki konsumsi daya rendah sekitar 35 W dan digunakan di perangkat desktop. 

Mari kita sama-sama bahas satu per satu.

1. Kaby Lake-R/Kaby Lake Refresh (Mobile)

Seri Kaby Lake-R seperti namanya memiliki microarchitecture yang sama dengan prosesor Intel generasi ke-7. Walaupun dengan desain MA yang sama, namun peningkatan performa yang terjadi sangat luar biasa. Ini semua akibat dari Intel menambahkan jumlah core di setiap lini. Core i5 dan Core i7 sama-sama menggunakan Quad Core. Hal ini merupakan peningkatan dari sebelumnya, dimana prosesor U (Ultra Low Power) biasanya hanya memiliki Dual Core saja.

Perbandingan Intel Generasi Ke 8 Dengan Sebelumnya

Intel mengklaim bahwa peningkatan performa dari prosesor generasi ke-7 ke generasi ke-8 adalah 40% dan 2,3 kali lebih cepat bila dibandingkan dengan prosesor yang umurnya 5 tahun akibat dari Intel menambahkan jumlah core. Peningkatan dari segi konsumsi daya pun ada, namun sangat kecil. Jika anda ingin membeli Laptop baru saat ini juga, penulis sangat menyarankan untuk anda membeli prosesor Intel Kaby Lake-R ini.

Daftar prosesor Intel Kaby Lake-R bisa anda lihat deskripsi singkatnya dibawah ini:

Prosesor Clock Speed Dasar Clock Speed Turbo Core/Thread TDP (Thermal Design Power) Harga
Intel Core i5-8250U 1,6 GHz 3,4 GHz 4/8 15 W $297
Intel Core i5-8350U 1,7 GHz 3,6 GHz 4/8 15 W $297
Intel Core i7-8550U 1,8 GHz 4 GHz 4/8 15 W $409
Intel Core i7-8650U 1,9 GHz 4,2 GHz 4/8 15 W $409

 

Karena peningkatan yang signifikan ini, tidak ada alasan bagi anda untuk tidak membeli laptop dengan prosesor Intel generasi ke-8. Harganya pun tidak terlalu jauh dari generasi ke-7 (bahkan sama harganya).

2. Kaby Lake-G (Mobile & Desktop)

Intel Kaby Lake G Logo

 

Tidak jelas huruf “G” sebenarnya memiliki kepanjangan apa, namun Kaby Lake-G menawarkan 3 chip dalam 1 paket. Pertama ada prosesor Intel Core yang kuat, kartu grafis AMD Radeon Vega, dan High Bandwidth Memory Gen 2 berjenis HBM2. Mungkin anda tahu bahwa integrated graphics dari Intel tidaklah sekuat discrete graphics dari NVidia maupun AMD. Akhirnya, Intel menggandeng AMD untuk membuat 2 chip dalam 1 paket.

Intel Kaby Lake G

Dengan begitu, anda mendapatkan kekuatan grafis setinggi grafis AMD dan NVidia namun ukuran komputer yang lebih tipis. Kaby Lake-G dibuat dengan 14 nm process node berbasis prosesor Intel generasi ke-8, Radeon RX Vega M, dan memori 4 GB HBM2. 3 komponen tersebut secara langsung dihubungkan untuk performa yang tinggi.

Deskripsi Intel Kaby Lake G

Khusus untuk kartu grafis, chip Vega datang dengan compute unit hingga 24 dan 16 render back end unit. Akibatnya, Vega dapat melakukan kalkulasi 64 piksel per siklus.

Berikut daftar prosesor Kaby Lake-G dengan Radeon Vega.

Nama Produk Clock Speed Dasar Clock Speed Turbo Core/Thread TDP (Thermal Design Power) Kartu Grafis Clock Speed Dasar Clock Speed Turbo Compute Units Stream Processor Manajemen VPro
Intel Core i5-8305G 2,8 GHz 3,8 GHz 4/8 65 W Radeon RX Vega M GL 931 MHz 1.011 MHz 20 1.280 Tidak
 Intel Core i7-8705G  3,1 GHz 4,1 GHz 4/8 65 W Radeon RX Vega M GL  931 MHz 1.011 MHz 20 1.280 Tidak
 Intel Core i7-8706G 3,1 GHz  4,1 GHz 4/8 65 W Radeon RX Vega M GL 931 MHz 1.011 MHz 20 1.280 Ya
Intel Core i7-8709G 3,1 GHz 4,1 GHz 4/8 100 W Radeon RX Vega M GH 1.190 MHz 1.536 MHz 24 1.536 Tidak
Intel Core i7-8809G 3,1 GHz 4,2 GHz 4/8 100 W Radeon RX Vega M GH 1.190 1.536 MHz 24 1.536 Tidak

Jika anda belum tahu, banyak laptop yang menyertakan discrete graphics. Misalnya prosesornya Intel dengan VGA NVidia di dalamnya. Namun 2 perangkat tersebut tidaklah terintegrasi secara langsung walaupun sudah dalam 1 motherboard. Untuk meningkatkan efisiensi, mendesain kartu grafis agar lebih dekat menjadi 1 paket dengan prosesor adalah solusi jitu untuk meningkatkan performa.

Keunggulan Intel Kaby Lake G

Bila dibandingkan dengan kartu grafis terpisah seperti laptop kebanyakan, maka performanya lebih tinggi hingga 1,13 karena menggabungkan prosesor dengan kartu grafis dalam 1 paket. Selain performa, anda mendapatkan desain motherboard yang lebih tipis dan lebih kecil dengan menggunakan Kaby Lake-G. Jika digunakan di laptop, maka laptop bisa lebih tipis dan dapat menaruh baterai dengan ukuran yang lebih besar lagi.

3. Coffee Lake-U (Mobile)

Sekarang kita beralih ke microarchitecture baru Coffee Lake. Dengan process node 14 nm++, prosesor berbasis Coffee Lake lebih efisien dan performanya lebih tinggi dari Kaby Lake. Namun anda tak perlu khawatir kalau sudah memiliki Kaby Lake karena perbedaannya sangat tipis dengan Coffee Lake karena sama-sama menggunakan 14 nm.

Intel Coffee Lake U Header

Coffee Lake-U ini ditujukan untuk perangkat mobile tingkat tinggi tanpa mengorbankan desain perangkat yang tipis. Seluruh prosesor dilengkapi dengan Intel Iris Plus Graphics. Grafis ini merupakan solusi dari Intel yang menawarkan performa grafis lebih tinggi di bandingkan dengan Kaby Lake-U yang masih menggunakan Intel UHD Graphics.

Keunggulan Intel Coffee Lake U

Satu hal lagi yang membuat Coffee Lake-U lebih unggul adalah ukuran eDRAM yang lebih besar. Biasanya, ukuran eDRAM adalah 64 MB, namun di Iris Plus Graphics ini, Intel membenamkan 128 MB. Dipadukan dengan 48 execution unit yang berjalan di kecepatan 1,1 GHz, membawa performa grafis yang sangat tinggi.

Berikut daftar prosesor Intel Coffee Lake-U dengan Intel Iris Plus Graphics.

Prosesor Clock Speed Dasar Clock Speed Turbo Core/Thread Intel Smart Cache
Intel Core i3-8109U 3,0 GHz 3,6 GHz 2/4 4 MB
Intel Core i5-8259U 2,3 GHz 3,8 GHz 4/8 6 MB
Intel Core i5-8269U 2,6 GHz 4,2 GHz 4/8 6 MB
Intel Core i7-8559U 2,7 GHz 4,5 GHz 4/8 8 MB

Seluruh prosesor Coffee Lake-U memiliki TDP (Thermal Design Power) sebesar 28 W. Walaupun konsumsi dayanya lebih tinggi daripada Kaby Lake-U hampir 2 kali lipat, namun anda mendapatkan prosesor dan grafis yang lebih tinggi. Seluruhnya juga menggunakan grafis Intel Iris Plus Graphics 650 48 EUs, sehingga performa grafisnya sama apapun prosesor yang anda pilih.

4. Coffee Lake-H (Mobile)

Intel Coffee Lake H Header

Prosesor Intel Generasi ke-8 selanjutnya yang akan dibahas ini merupakan prosesor seri tertinggi untuk perangkat mobile. Seperti keluarga prosesor Intel generasi ke-8 lainnya, Coffee Lake-H menawarkan jumlah core yang lebih banyak, sehingga performanya juga meningkat. Tahun lalu, anda hanya mendapatkan 4 core dan 8 thread untuk prosesor tertingginya. Saat ini, anda akan mendapatkannya hingga 6 core dan 12 thread.

Banyak sekali hal menarik di Coffee Lake-H ini. Berikut beberapa hal yang membuat seri ini menarik:

  • Memperkenalkan prosesor Intel Core i9 baru dan prosesor laptop dengan 6 core
  • Performa tertinggi dengan teknologi Intel Thermal Velocity Boost
  • Chipset Intel 300 Series yang baru
  • Dukungan USB 3.1 Gen2 (10 GB/s) kecepatan tinggi
  • Mendukung Intel Optane Memory
  • Dioptimalkan untuk kartu grafis terbaru dan Thunderbolt 3

Hal lainnya yang juga menarik adalah tersedianya prosesor Intel Xeon di dalam Coffee Lake. Prosesor ini merupakan prosesor kelas workstation. Prosesor Xeon di desain untuk performa tinggi, baik penggunaan single core maupun multi-threaded.

Berikut daftar lengkap prosesor Intel Coffee Lake-H.

Prosesor Clock Speed Dasar Clock Speed Turbo (Multi) Clock Speed Turbo (Single) Intel Smart Cache Core/Thread TDP
Intel Core i5-8300H 2,3 GHz 3,9 GHz 4 GHz 8 MB 4/8 45 W
Intel Core i5-8400H 2,5 GHz 4,1 GHz 4,2 GHz 8 MB 4/8 45 W
Intel Core i7-8750H 2,2 GHz 3,9 GHz 4,2 GHz 9 MB 6/12 45 W
Intel Core i7-8850H 2,6 GHz 4 GHz 4,3 GHz 9 MB 6/12 45 W
Intel Xeon E-2176M 2,7 GHz 4,1 GHz 4,4 GHz 12 MB 6/12 35 W (cTDP 45 W)
Intel Xeon E-2186M 2,9 GHz 4,3 GHz 4,8 GHz 12 MB 6/12 35 W (cTDP 45 W)
Intel Core i9-8950HK) – dapat di Overclock 2,9 GHz 4,3 GHz 4,8 GHz 12 MB 6/12 35 W (cTDP 45 W)

Catatan: cTDP (Configurable Thermal Design Power) merupakan konfigurasi konsumsi daya yang bisa digunakan selain konfigurasi bawaan. Misalnya Intel Xeon memiliki TDP 35 W, namun dapat dikonfigurasi untuk mengkonsumsi daya menjadi 45 W dengan performa yang lebih baik dibandingkan hanya menggunakan 35 W.

Performa Intel Coffee Lake H

Bila berbicara mengenai performa, Intel mengklaim bahwa Coffee Lake-H 29% lebih cepat bila membandingkan Intel Core i9 dengan Core i7 generasi ke 7 seri prosesor H. Performa game juga lebih cepat hingga 41%. Persentase lengkap peningkatan performa bisa anda lihat di gambar diatas.

Jika anda adalah gamer, content creator, dan pekerjaan lainnya yang membutuhkan tenaga lebih, maka prosesor Intel Coffee Lake-H ini sangat cocok untuk anda.

5. Coffee Lake-S (Desktop)

Intel Coffee Lake S Header

Sekarang kita beralih ke prosesor desktop untuk Coffee Lake. Diperkenalkan pertama kali pada bulan Oktober 2017, keluarga Coffee Lake-S sangat lengkap untuk memenuhi kebutuhan komputer desktop, mulai dari kelas entry-level hingga kelas atas.

Pada awalnya, Coffee Lake-S yang pertama kali diluncurkan Oktober 2017 merilis 6 prosesor. Rilis pertama ini menitik beratkan pada penggunaan tinggi karena TDP yang digunakan berkisar antara 65 W hingga 95 W. Kemudian pada tanggal 3 April 2018, Intel merilis lagi prosesor untuk Coffee Lake-S sebanyak 9 unit. Prosesor-prosesor ini lebih digunakan untuk penggunaan medium dengan TDP paling rendah 35 W dan paling tinggi 65 W.

Keunggulan Intel Coffee Lake S

Selain memperkenalkan prosesor Intel Core, ada juga prosesor Intel Celeron dan Intel Pentium Gold yang diperkenalkan juga pada tanggal 3 April 2018.

Agar semakin jelas, penulis akan membagi daftar prosesornya berdasarkan branding prosesor, apakah dari Celeron & Pentium Gold maupun dari Core.

Daftar prosesor Intel Celeron dan Pentium Gold (Coffee Lake-S)

Seluruh lini prosesor Intel Celeron dan Pentium Gold ini diperkenalkan pada 3 April 2018.

Prosesor Clock Speed Core/Thread TDP Cache
Intel Celeron G4900T 2,9 GHz 2/2 35 W 2 MB
Intel Celeron G4900 3,1 GHz 2/2 54 W 2 MB
Intel Celeron G4920 3,2 GHz 2/2 54 W 2 MB
Intel Pentium Gold G5400T 3,1 GHz 2/4 35 W 4 MB
Intel Pentium Gold G5500T 3,2 GHz 2/4 35 W 4 MB
Intel Pentium Gold G5400 3,7 GHz 2/4 54 W 4 MB
Intel Pentium Gold G5500 3,8 GHz 2/4 54 W 4 MB
Intel Pentium Gold G5600 3,9 GHz 2/4 54 W 4 MB

Daftar prosesor Intel Core (Coffee Lake-S)

Prosesor Clock Speed Dasar Clock Speed Turbo Core/Thread TDP Intel Smart Cache
Diperkenalkan pada 5 Oktober 2017
Intel Core i3-8100 3,6 GHz Tidak mendukung 4/4 65 W 6 MB
Intel Core i3-8350K 4 GHz Tidak mendukung 4/4 91 W 6 MB
Intel Core i5-8400 2,8 GHz 4 GHz 6/6 65 W 9 MB
Intel Core i5-8600K 3,6 GHz 4,3 GHz 6/6 95 W 9 MB
Intel Core i7-8700 3,2 GHz 4,6 GHz 6/12 65 W 12 MB
Intel Core i7-8700K 3,7 GHz 4,7 GHz 6/12 95 W 12 MB
Diperkenalkan 3 April 2018
Intel Core i3-8100T 3,1 GHz Tidak mendukung 4/4 35 W 6 MB
Intel Core i3-8300T 3,2 GHz Tidak mendukung 4/4 35 W 8 MB
Intel Core i3-8300 3,7 GHz Tidak mendukung 4/4 62 W 8 MB
Intel Core i5-8400T 1,7 GHz 3,3 GHz 6/6 35 W 9 MB
Intel Core i5-8500T 2,1 GHz 3,5 GHz 6/6 35 W 9 MB
Intel Core i5-8500 3 GHz 4,1 GHz 6/6 65 W 9 MB
Intel Core i5-8600T 2,3 GHz 3,7 GHz 6/6 35 W 9 MB
Intel Core i5-8600 3,1 GHz 4,3 GHz 6/6 65 W 9 MB
Intel Core i7-8700T 2,4 GHz 4 GHz 6/12 35 W 12 MB

Pilihan prosesor di Coffee Lake-S ini sangat banyak, sehingga kemungkinan anda mendapatkan prosesor sesuai keinginan juga semakin besar.

6. Canon Lake (10 nm)

Canon Lake merupakan microarchitecture baru yang akan digunakan oleh Intel di process node 10 nm. Namun sebenarnya, Canon Lake belum di rilis di pasaran. Untuk process node 10 nm ini, Intel mengalami kesulitas berulang-ulang. Menurut sumber dari The Inquirer, prosesor dengan 10 nm pertama kali diumumkan bahwa akan dirilis pada akhir 2016, kemudian di tunda hingga 2017.

Kemudian pada tahun 2017 juga, Intel mengumumkan menundanya hingga akhir 2018. Dan berita terakhir bahwa Intel lagi-lagi menunda peluncuran prosesor 10 nm hingga tahun 2019. Brian Krzanich selaku CEO Intel mengabarkan bahwa mereka terus mendapatkan kemajuan untuk 10 nm, namun tingkat kemajuan mereka ternyata lambat dan tidak sesuai dengan perkiraan, sehingga harus menundanya.

Walaupun sangat disayangkan, namun kita sebagai konsumen hanya bisa menunggu. Intel pun sekarang khawatir karena produsen lain malah sudah memproduksi secara masal prosesor 10 nm. Bahkan AMD sudah memiliki rencana untuk menggunakan process node 7 nm di AMD Ryzen generasi ke-3.

Kesimpulan

Selesai sudah kita dalam mempelajari apa saja prosesor yang ditawarkan oleh Intel di prosesor Intel generasi ke-8. Lalu, bagaimana menurut anda? Apakah anda belum menemukan prosesor yang cocok? Apakah di artikel masih ada kekurangan? Beri tahu kami di kotak komentar.

Sekian artikel Prosesor Intel Generasi Ke-8: Semua Yang Perlu Anda Ketahui, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk berlangganan dengan cara Like Facebook kami maupun berlangganan via email.

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.