Qualcomm Meluncurkan Snapdragon 820

Qualcomm Meluncurkan Snapdragon

Akhirnya secara resmi, Qualcomm mengumumkan prosesor terbarunya untuk menggantikan Snapdragon 808 dan 810, yaitu Snapdragon 820. Snapdragon 820 ini akan lebih fokus ke kecepatan, sehingga smartphone yang menggunakan prosesor ini, akan merasakan performa yang sangat cepat, baik secara fisik maupun koneksi.

LTE

Peforma LTE meningkat di Snapdragon 820

Di Snapdragon 820, Qualcomm meningkatkan kecepatan unduh dan unggah secara signifikan. Dengan didukungnya LTE Cat. 12, Snapdragon 820 mampu mengunduh data hingga 600 Mbps. Sedangkan unggah, dengan adanya LTE Cat. 13 mampu mengunggah dengan kecepatan 150 Mbps. Prosesor ini juga mendukung LTE-U, dimana LTE-U ini dapat memberikan akses internet di spektrum yang berlisensi dan juga yang tidak berlisensi. Akibatnya, koneksi smartphone anda akan lebih cepat di area yang padat penduduknya.

Wi-Fi

Snapdragon 820 juga mendukung modul 802.11ad dan 802.11ac 2×2 MU-MIMO. Dengan modul tersebut, perangkat dengan Snapdragon 820 akan menikmati kecepatan Wi-Fi  2-3x lebih cepat daripada 802.11ac tanpa MU-MIMO.

Daya

Jika berbicara tentang smartphone, tentu saja semua orang ingin baterai yang bertahan lama. Snapdragon 820 ini menggunakan 64-bit quad-core Kryo CPU yang menggunakan Qualcomm Symphony System Manager yang akan mengatur konsumsi energi pada semua lini prosesor.

Quick Charge 3.0 juga dibenamkan di prosesor ini, sehingga smartphone anda akan lebih cepat dalam mengisi daya.

Qualcomm Snapdragon 820 juga sudah dibuat dengan proses 14nm. Sehingga prosesor ini akan lebih dingin dibandingkan pendahulunya.

GPU

Sekarang, kita akan bahas di sektor grafis. Di Snapdragon 820, GPU yang digunakan yaitu Adreno 530 yang performanya meningkat sebanyak 40% jika dibandingkan dengan Adreno 430. Bisa ditarik kesimpulan, bahwa performa grafisnya hampir 2x lebih cepat daripada pendahulunya.

Kesimpulan

Untuk saat ini, pastinya belum ada smartphone yang menggunakan prosesor ini. Kita tunggu saja kapan smartphone dengan prosesor ini hadir.

Informasil lebih lanjut, anda bisa melihat halaman resmi Qualcomm untuk melihat spesifikasi lengkapnya.

Sumber: Qualcomm

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.