Cara Kerja Android Pay

Cara kerja Android Pay

Android Pay adalah solusi pintar dalam setiap transaksi belanja yang anda lakukan. Anda tidak perlu mengeluarkan uang receh ataupun kertas lagi. Yang perlu anda lakukan adalah mengeluarkan smartphone dan dekatkan ke perangkat terminal yang mendukung Android Pay dan selesai. Namun apakah anda bagaimana cara kerja Android Pay?

Cara Kerja Android Pay

Namun dibalik itu semua, mungkin anda penasaran dengan cara kerja Android Pay. Di artikel ini akan dibahas bagaimana cara kerja Android Pay yang sebenarnya. Kemudian, di artikel ini juga akan dibahas bagaimana keamanannya dan di mana saja anda bisa menggunakan Android Pay. Berikut ulasan lengkapnya untuk anda.

Apa itu Android Pay?

Menggunakan Android Pay

Android Pay adalah metode pembayaran baru dari Google yang menggunakan NFC (Near Field Communication) di smartphone dan NFC yang ada di perangkat terminal yang ada di toko. Dengan adanya teknologi ini, anda tidak perlu membawa dompet lagi. Yang anda perlukan hanyalah smartphone saja. Fitur ini diperkenalkan pada saat Google mengumumkan Android 6.0 Marshmallow.

NFC sendiri adalah teknologi komunikasi dimana perangkat dengan NFC dapat berkomunikasi satu sama lain dalam jarang yang sangat dekat. Secara prakteknya, 2 perangkat NFC harus berdekatan dengan jarak 1- 4 cm. Secara teori, butuh jarak hingga 10 cm agar dapat berkomunikasi. Anda tidak memerlukan pairing seperti halnya pada Bluetooth untuk berkomunikasi. Cukup mendekatkan 2 perangkat dan selesai.

Untuk saat ini, ada 2 saingan dari Android Pay yaitu Samsung Pay dan Apple Pay. Dan anda bisa tebak perangkat apa saja yang bisa menggunakan 2 layanan tersebut. Samsung Pay hanya bisa digunakan oleh perangkat flagship Samsung seperti Galaxy S6, S6 Edge, Note 5, Galaxy S7, dan Galaxy S7 Edge. Apple Pay bisa digunakan mulai dari iPhone 6 hingga iPhone 6S Plus.

Lalu, bagaimana cara kerja Android Pay?

Dengan Android Pay, anda dapat membayar semua barang yang anda beli secara instan. Bisa dilihat pada video diatas. Terlihat sangat mudah bukan? Namun dibalik semua itu, terdapat teknik yang cukup rumit.

Kartu Kredit Di Smartphone Android

Untuk pertama kalinya, anda harus memasukkan nomor kartu kredit/debit anda di aplikasi Android Pay. Anda bisa menambah lebih dari 1 kartu. Jika sudah, maka anda siap untuk menggunakannya di toko.

Semua dimulai dari NFC. Sebelumnya, sudah dijelaskan mengenai NFC. Ketika smartphone mendekati terminal yang sudah diberikan NFC, beberapa proses terjadi. Android Pay membuat sebuah token sementara yang unik setiap transaksi. Untuk apakah token ini?

Kartu Kredit

Jika anda menggunakan kartu kredit/debit pada saat transaksi, sebenarnya pemilik toko mengetahui nomor kartu kredit/debit anda. Ini semua akibat token kartu kredit/debit anda yang terekam. Hal tersebut memang terdengar sepele, namun ketika toko tersebut di retas, kartu kredit/debit anda dapat diketahui oleh orang jahat.

Untuk itulah di Android Pay, token yang dibuat adalah token unik yang tidak memberitahukan nomor kartu anda. Sehingga di setiap transaksinya, tidak ada informasi kartu anda yang tersimpan di komputer toko. Token tersebut bukan dibuat di smartphone, melainkan dibuat di Cloud yang akan di hapus segera setelah transaksi selesai. Bisa dipastikan bahwa transaksi di Android Pay sangat aman.

Lalu, bagaimana jika smartphone anda dicuri? Apakah orang tersebut dapat menggunakan Android Pay?

Mungkin pertanyaan tersebut terbesit dipikiran anda. Namun, tenang saja. Untuk menggunakan Android Pay, anda harus mengautentifikasi diri anda terlebih dulu. Anda dapat menggunakan Password, pattern, pin, hingga sidik jari anda jika smartphone anda mendukung fingerprint scanner. Jadi, hanya anda saja yang dapat menggunakannya.

Apa saja kebutuhan yang harus dipenuhi untuk menggunakan Android Pay?

Anda dapat menggunakan Android Pay jika smartphone anda sudah memenuhi syarat dibawah ini:

  1. Minimal Android 4.4 Kitkat.
  2. NFC (Near Field Communication).
  3. Kartu Kredit.
  4. Fingerprint Scanner (jika ada dan tidak wajib).

Jika semuanya ada, anda dapat menggunakan Android Pay.

Apakah saya dapat menggunakannya di toko-toko terdekat saat ini juga?

Untuk saat ini, belum. Anda tidak dapat menggunakannya, belum untuk saat ini di Indonesia. Android Pay baru dapat digunakan di US dan saat ini sedang diluncurkan di UK/Inggris. Selain perangkat, bank dan toko juga harus mendukung Android Pay. Toko harus menyediakan terminal yang memiliki NFC agar Android Pay dapat bekerja.

Tapi yang pasti, Google terus memperkenalkan Android Pay di banyak negara. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan Android Pay akan hadir di Indonesia. Kita tunggu saja kedatangannya.

Kesimpulan

Walaupun Android Pay belum hadir di Indonesia, setidaknya anda sudah paham mengenai cara kerja Android Pay. Jika bermanfaat, silahkan bagikan aritkel ini ke teman-teman anda melalui jejaring sosial. Sekian artikel Cara Kerja Android Pay, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk Like Facebook Windowsku untuk mendapatkan artikel menarik seperti artikel ini. Jika anda ingin tetap sehat dengan smartphone Android anda, silahkan kunjungi artikel berikut ini: Tetap Sehat Dengan Menggunakan 4 Aplikasi Ini di Android.

Artikel Terkait


Tentang Achmed Islamic Hernawan

Aku adalah seseorang yang menyukai teknologi. Bagiku, teknologi bukan membuat manusia menjadi malas. Namun tentang bagaimana menggunakan teknologi agar kita dapat mengerjakan hal lainnya, sehingga tidak menghabiskan waktu.

Ada tanggapan atau pertanyaan? Diam tidak selalu emas lho!

You have to agree to the comment policy.