Expert Tips: 10 Tips Pencarian Lanjutan Di Google Agar Menjadi Google Search Master!

Expert Tips: 10 Tips Pencarian Lanjutan Di Google Agar Menjadi Google Search Master!

Siapa yang tidak mengenal Google. Apa saja yang ingin anda cari, pastinya anda langsung membuka Gogole. Apalagi semenjak berkembangnya smartphone, Google tidak hanya diakses lewat komputer saja, namun digunakan dan diakses di seluruh perangkat bergerak seperti smartphone. Sehingga, Google dapat diakses lebih mudah.

Expert Tips: 10 Tips Pencarian Lanjutan Di Google Agar Menjadi Google Search Master!

Di artikel ini, mari kita sama-sama bahas 10 tips pencarian di Google. Tips yang diberikan di artikel ini bukan merupakan hal lazim yang dilakukan banyak orang, sehingga anda perlu menyimpan artikel ini agar tidak lupa. Dengan membaca artikel ini, diharapkan anda dapat mencari informasi dengan cepat. Berikut ulasannya untuk anda.

1. Mencari file berdasarkan tipe datanya

Tips ini mungkin anda sudah ketahui sebelumnya. Jika belum, maka perlu anda tahu bahwa Google dapat mencari hampir semua jenis file atau dokumen bagi anda yang ingin mencari makalah atau sejenisnya. Nanti di hasil pencariannya, Google akan menampilkan semua file tersebut dan anda bisa mengunjungi situs tersebut untuk mengunduhnya.

Yang perlu anda ketikkan adalah:

filetype:[tipe data file] [kata kunci pencarian]

Mencari File Berdasarkan Tipe Data Di Google

Contohnya bisa anda lihat pada gambar diatas. Hasil pencariannya akan muncul hanya PDF saja dan dicari berdasarkan kata kunci yang saya ketik. Jadi, spesifikasikan tipe datanya terlebih dahulu, baru anda spesifikasikan kata kuncinya. Sangat mudah bukan?

2. Mencari dengan kata kunci yang tepat atau harus seperti itu

Saya sempat bingung untuk pemilihan judul untuk tips ke-2 ini. Namun mudah-mudahan anda mengerti. Biasanya, jika kita mencari sesuatu, hasil pencariannya terkadang tidak tepat atau kurang sesuai dengan frase yang kita cari. Tenang saja karena Google memiliki solusinya.

Silahkan anda cari dengan kata kunci yang diapit dengan tanda kutip. Contohnya adalah:

“fungsi power button”

Mencari Dengan Frase Yang Tepat Di Google

Dengan cara seperti diatas, Google akan menampilkan hasil pencarian dengan kata kunci yang memiliki ciri-ciri yang sama persis. Karena saya mencari dengan kata kunci “fungsi power button”, Google harus menampilkan hasil pencarian dengan frase seperti itu yang dapat anda lihat pada kotak warna merah di gambar diatas.

3. Mencari dengan situs yang sudah ditentukan

Apakah anda ingin mencari informasi dari situs yang sudah anda tahu? Anda tidak perlu mengunjungi situs tersebut. Cukup buka Google dan silahkan ikuti cara dibawah ini.

site:[alamat situs] [kata kunci pencarian]

Mencari Dengan Situs Yang Sudah Ditentukan Di Google

Hasil pencariannya akan fokus ke situs yang anda cari dan tidak akan keluar dari situs tersebut.

4. Mencari dengan menambahkan pengecualian kata

Pernahkan anda dihadapkan dengan situasi dimana anda mencari informasi, namun hasilnya tidak sesuai dengan yang anda inginkan karena kata kuncinya hampir mirip dengan frase lainnya? Supaya tidak bingung, saya akan berikan contohnya.

Misalnya anda ingin mencari referensi mengenai “window” yang diartikan menjadi jendela dan bila anda cari di Google, maka yang keluar hasilnya adalah mengenai produk dari Microsoft, yaitu Windows. Padahal, anda ingin mencari referensi mengenai “jendela”. Lalu, bagaimana caranya agar anda mendapatkan hasil yang anda inginkan?

Mencari Dengan Kata Kunci Windows

Hasilnya adalah seperti pada gambar diatas. Yang keluar adalah mengenai produk Microsoft. Agar mendapatkan hasil yang diinginkan, anda harus menambahkan kata kunci yang akan dijadikan pengecualian. Sekarang, coba anda cari dengan kata kunci dibawah ini.

[kata kunci pencarian] [-][kata yang dijadikan pengecualian]

Mencari Dengan Kata Kunci Pengecualian Di Google

Pada gambar diatas, saya menambahkan tanda “-“. Tanda itu menandakan bahwa kata kunci tersebut tidak boleh ada di hasil pencarian. Jadinya, semua situs yang ada kata kunci “windows” tidak boleh memiliki kata “microsoft” di dalamnya.

5. Menemukan website yang relatif sama isi kontennya

Jika anda menemukan sebuah website yang bagus, namun ingin mengetahui referensi dari website lain dengan topik yang sama, anda dapat mencarinya dengan mudah di Google. Silahkan anda coba cara dibawah ini:

related:[situs yang dijadikan referensi]

Mencari Referensi Dari Website Lain Di GoogleJika sudah, maka Google akan menampilkan referensi lain dari situs yang anda cari. Karena saya ingin mencari referensi lain untuk situs “detik.com”, maka yang keluar adalah situs-situs serupa seperti Okezone, Tribunnews, dan lain-lain.

6. Mencari informasi lokal

Ketika anda mencari informasi di Google, biasanya anda menemukan informasi yang tempatnya berasal dari berbagai tempat. Jika anda ingin mencari informasi untuk tempat yang anda tinggal saja, anda bisa melakukannya di Google. Berikut caranya:

[kata kunci]:[tempat anda tinggal]

Mencari Informasi Lokal Di Google

Contohnya adalah seperti pada gambar diatas. Saya ingin mencari informasi mengenai restoran jepang di kota saya, yaitu Malang. Yang perlu saya ketik di Google adalah “restoran jepang:malang” dan tekan enter.

7. Menemukan informasi dengan kata kunci yang tidak lengkap

Untuk tips yang satu ini, saya cukup sulit menemukan judul yang tepat. Namun, mudah-mudahan anda mengerti. Contoh paling mudahnya adalah ketika anda lupa dengan lirik sebuah lagu atau and ingin mencari lagu. Jika anda hanya ingat beberapa saja lirik lagunya, anda dapat mencari liriknya dengan cara dibawah ini:

[kata kunci] * [kata kunci]

Mencari Informasi Dengan Kata Kunci Yang Tidak Lengkap Di Google

Dalam gambar diatas, saya ingin mencari lagu dari band Radja di Google. Namun, saya lupa judul lagu lengkapnya. Sehingga, saya mengetikkan kata kunci yang saya ingat saja. Untuk lirik yang anda lupa, anda cukup menggantikannya dengan tanda bintang (*). Google nantinya akan menampilkan informasi paling terdekat dengan kata kunci yang anda berikan.

8. Mencari informasi rentang nilai

Tips ini bisa anda terapkan ketika anda ingin membeli produk. Anda bisa spesifikasikan berapa rentang harga untuk produk yang ingin anda beli. Langsung saja, ini dia caranya:

[nama produk] [rentang harga awal]..[rentang harga akhir]

Mencari Informasi Rentang Nilai Di Google

Seperti pada gambar diatas, saya mendapatkan informasi mengenai harga produk “asus” dari Rp. 2.000.000 hingga Rp. 4.000.000. Namun perlu diperhatikan untuk tips ini, karena tidak 100% informasi yang diberikan Google lengkap dan mungkin terjadi kesalahan.

9. Mencari informasi dengan keyword lebih dari satu

Tips ini sangat berguna ketika anda ingin mendapatkan informasi yang saling berketerkaitan satu sama lain. Misalnya, anda ingin mencari informasi mengenai aplikasi untuk mengedit vektor. Anda bisa gunakan cara dibawah ini:

[kata kunci pertama] OR [kata kunci kedua] OR [dan seterusnya]

Mencari Informasi Dengan Kata Kunci Lebih Dari Satu

Contohnya adalah seperti cara diatas. Google akan menampilkan hasil pencarian untuk dua kata kunci.

10. Mencari External Link/Tautan Luar di dalam sebuah situs

Trik ini lebih diperuntukkan bagi anda yang memiliki situs atau blog. Anda dapat melihat darimana saja pembaca mengetahui situs anda. Caranya adalah sebagai berikut:

link:[alamat situs]

Mencari External Link Di Google

Ketika anda klik salah satu hasil pencarian, maka anda akan menemukan bahwa ada tautan “detik.com” dalam situs tersebut.

Kesimpulan

Dari semua tips yang ada di artikel ini, yang mana yang anda sudah ketahui atau anda sukai? Silahkan bagikan di kotak komentar dibawah ini. Sekian artikel Expert Tips: 10 Tips Pencarian Lanjutan Di Google Agar Menjadi Google Search Master!, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk Like Facebook Windowsku untuk mengetahui artikel menarik lainnya seperti artikel ini.

Jika anda ingin membuat survei online, anda bisa membaca artikel ini: Cara Membuat Survei Dan Formulir Online Dengan Google Forms.

Artikel Terkait

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.

Satu pemikiran di “Expert Tips: 10 Tips Pencarian Lanjutan Di Google Agar Menjadi Google Search Master!”