Apa Itu Proxy Server Header

Apa itu Proxy Server? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Internet merupakan suatu tempat yang sangat luas. Ada berbagai informasi yang bisa kita dapatkan dan juga ada banyak metode agar kita bisa mengaksesnya, termasuk Proxy Server ini. Lalu, apa itu Proxy Server sebenarnya dan bagaimana kita bisa menggunakannya?

Apa itu Proxy Server?

Proxy Server adalah sebuah server khusus yang menjadi jembatan antara anda dan situs yang anda kunjungi. Jika biasanya ketika anda mengakses suatu situs, anda akan langsung menuju situs tersebut. Dengan Proxy Server, anda akan terkoneksi dengan Proxy Server terlebih dahulu, kemudian Proxy Server akan melanjutkan permintaan anda ke situs yang anda tuju.

Vpn Proxy

Ketika situs mendapat permintaan, situs tersebut akan mengirimkan balik halaman situs ke Proxy Server. Setelah itu, Proxy Server baru lanjut mengirimkannya ke anda dan anda bisa melihat situs seperti biasa. Jika anda penasaran bagaimana cara kerja internet lebih lanjut, kami sudah membuat artikelnya untuk menjawab pertanyaan anda.

Namun perlu diperhatikan bahwa seluruh situs yang anda kunjungi tetap tersimpan di browser anda. Jika anda ingin tidak terlacak, silahkan gunakan mode Pribadi di browser seperti Firefox dan Edge atau jendela Incognito di Chrome.

Fungsi dari Proxy Server

1. Keperluan pribadi

Kebanyakan situs yang anda kunjungi bisa mengetahui lokasi anda. Caranya adalah dengan mendeteksi alamat IP (Internet Protocol). Dengan menggunakan Proxy Server, lokasi anda tidak dapat diketahui. Ini dikarenakan situs yang anda kunjungi hanya mengetahui lokasi Proxy Server, bukan lokasi anda.

Selain itu, karena lokasi Proxy Server anda yang dideteksi, anda juga bisa melihat situs yang diblokir di negara anda. Misalnya saja di Indonesia, situs Vimeo tidak bisa diakses. Namun dengan menggunakan Proxy Server yang lokasinya di Amerika, anda bisa mengaksesnya dengan mudah.

2. Keperluan kantor atau bisnis

Proxy Server sangat berguna untuk keperluan pekerjaan. Pemilik perusahaan dapat mengatur seluruh komputer untuk terkoneksi ke Proxy Server dan bisa melihat situs apa saja yang karyawan kunjungi. Selain itu, perusahaan juga bisa memblokir situs-situs tersebut yang dianggap mengganggu kinerja karyawan.

Selain itu, Proxy Server juga bisa menghemat bandwidth internet karena Proxy Server bisa menyimpan situs yang sering dikunjungi oleh karyawan. Misalnya perusahaan memiliki situs, maka Proxy Server bisa menyimpannya sebagai cache, dan ketika karyawan mengaksesnya, cache itu lah yang disediakan.

Cara menggunakan Proxy Server

Proxy Server yang baik biasanya harus kita bayar. Namun ada juga yang gratis. Konsekuensinya mungkin yang versi gratis biasanya lebih lambat daripada yang berbayar.

Mencoba Proxy Server Windowsku

Silahkan kunjungi Hide.me untuk mencoba menggunakan Proxy. Seperti gambar diatas, silahkan ketika situs yang ingin anda kunjungi. Kemudian, pilih lokasi Proxy Server-nya. Jika sudah, klik “Visit anonymously”. Lokasi Proxy Server inilah yang nantinya dipakai, sehingga lokasi anda saat ini tidak akan ketahuan.

Situs Google Dengan Proxy Hide Me

Contoh lainnya adalah ketika anda membuka Google menggunakan Proxy. Google secara otomatis mengubah bahasanya sesuai dengan lokasi Proxy Server anda. Dalam gambar diatas, bahasa Google berubah menjadi bahasa Belanda.

Tentu masih banyak Proxy Server yang lain. Silahkan ketik saja “free web proxy” di Google dan anda bisa menemukan banyak alternatif lain.


Internet merupakan tempat publik. Namun ada beberapa pihak yang bisa mengetahui apa saja situs yang anda kunjungi, contohnya adalah penyedia jasa internet anda. Untuk mengetahui lebih lanjut, kami sudah membuat artikel 5 Hal Pribadi yang Situs Web Pelajari Tentang Anda Tanpa Anda Ketahui.

Jenis-jenis Proxy Server

1. Trasparent Proxy

Proxy jenis ini juga mengirimkan alamat IP anda kepada situs. Hal ini sangat berguna di lingkungan seperti perpustakaan dan sekolah untuk mengetahui apa saja situs yang dikunjungi siswa dan dimana lokasinya.

2. Anonymous Proxy

Proxy jenis ini tidak akan mengirimkan alamat IP anda ke situs yang anda kunjungi. Sama seperti contoh sebelumnya, jika anda mengakses Google dengan Proxy yang berlokasi di Belanda, maka Google akan menggunakan bahasa Belanda karena Google tidak mengetahui lokasi anda sebenarnya.

3. Distorting Proxy

Proxy jenis ini akan mengirimkan alamat IP palsu terhadap situs yang anda kunjungi, selagi mengirimkan alamat dari Proxy Server. Proxy ini sangat mirip dengan Anonymous Proxy, hanya saja Proxy jenis ini juga mengirimkan alamat IP palsu.

4. High Anonymity Proxy

Proxy ini bisa jadi yang paling canggih. Karena memungkinkan anda untuk mengganti alamat IP secara periodik di waktu tertentu. Misalnya saat ini memiliki alamat IP di Indonesia, satu jam berikutnya bisa diubah secara otomatis menjadi alamat IP di Australia.

Sekarang anda tahu apa itu Proxy Server

Walau Proxy Server dapat melindungi anda, namun tidak bisa semua hal bisa dilindungi. Misalnya saja penyedia layanan internet seperti Telkom, Biznet, dan perusahaan lainnya masih bisa mengetahui situs-situs yang anda kunjungi.

Lalu, bagaimana menurut anda artikel apa itu Proxy Server ini? Masih ada pertanyaan di benak anda? Silahkan tulis di kotak komentar jika anda memiliki pertanyaan lainnya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.