Apa Itu Vpn Virtual Private Network Header

Apa itu VPN (Virtual Private Network) dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Semenjak kominfo melakukan pemblokiran beberapa situs media sosial dengan alasan menghentikan penyebaran berita hoaks, banyak netizen yang mulai menggunakan VPN. Lalu, apa itu VPN sebenarnya? Jangan sampai salah kaprah, berikut penjelasannya untuk anda.

Apa itu VPN?

Virtual Private Network atau VPN adalah sebuah layanan yang memungkinkan kita untuk mengakses web secara pribadi dan aman dengan cara melakukan koneksi terhadap server tertentu dan menyembunyikan seluruh aksi aktivitas internet anda. VPN sangat populer digunakan jika kita menggunakan Wifi publik maupun jaringan internet yang tidak aman lainnya.

Internet Email

Sebenarnya, penggunaan VPN di masa awalnya lebih banyak digunakan untuk penggunaan bisnis. Sehingga transaksi perbankan antar perusahaan maupun bank dapat dilakukan dengan aman. Efek samping dari VPN juga membuat aktivitas internet kita terjaga, pengguna rumahan seperti kita juga bisa mengambil manfaat dari VPN.

Cara kerja VPN

Secara garis besar, cara kerjanya sangat mudah. Jika anda menggunakan VPN, maka anda tidak akan langsung terkoneksi dengan server milik situs yang anda tuju. Namun, anda akan terkoneksi terlebih dahulu dengan server VPN. Kemudian, server VPN akan mengarahkan anda ke situs yang anda tuju, seolah-olah server VPN tersebut yang mengakses situsnya.

Alur Kerja Vpn

Selain itu, seluruh koneksi tersebut akan terenkripsi untuk menghindari pencurian data. Layanan VPN biasanya menyediakan aplikasi yang bisa anda pasang di komputer maupun smartphone. Jika sudah terpasang dan diaktifkan, seluruh koneksi internet anda akan dienkripsi mulai dari ketika anda menekan tombol enter hingga halaman situs muncul.

Dari penjelasan diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa VPN menjadi jembatan anda untuk mengakses internet. Sehingga sebelum anda bisa melihat situs, server VPN akan menjadi jembatan dan bertindak seolah-olah server VPN tersebut yang mengaksesnya dan bukan anda.

Apa saja manfaat penggunaan VPN?

Berikut manfaat dalam menggunakan VPN yang bisa anda dapatkan:

1. Menyembunyikan lokasi

Saat anda menggunakan internet, anda akan mendapatkan alamat IP (Internet Protocol) yang bisa digunakan untuk mendeteksi lokasi anda. Jika anda menggunakan VPN, hanya alamat IP dari server VPN tersebut yang bisa didapatkan.

2. Mengamankan data yang ditransfer

Memang semakin banyak situs yang mengadopsi protokol HTTPS yang bisa melakukan enkripsi data. Namun dengan menggunakan VPN, data anda akan lebih aman dan semakin sulit diakses oleh hacker jahat.

3. Mengakses konten eksklusif

Contoh mudahnya adalah situs seperti Vimeo dan Reddit memang diblokir oleh pemerintah Indonesia. Namun dengan VPN, anda bisa mengaksesnya.

4. Memilih lokasi pengaksesan situs

Menggunakan layanan VPN memungkinkan anda untuk mengubah lokasi server VPN. Oleh karena itu, anda bisa mengakses internet dengan lokasi yang berbeda-beda tiap saat.

Bagaimana pengelolaan data ketika berinternet tanpa atau dengan VPN?

Ketika anda menggunakan internet, ada banyak informasi yang bisa didapatkan oleh beberapa pihak. Misalnya saja adalah ISP atau Internet Service Provider. ISP merupakan penyedia layanan internet anda. Misalnya anda menggunakan Indihome, maka pihak Telkom memiliki akses penuh terhadap situs-situs apa saja yang anda akses.

Jika anda menggunakan Wifi publik, hal tersebut sebenarnya sangat berbahaya. Pemilik Wifi publik tersebut bisa saja mendapatkan informasi situs anda. Selain itu, orang lain yang memiliki tool tertentu juga bisa mendapatkan informasinya.

VPN dapat menghindari itu semua karena penyedia VPN sebagian besar memiliki aplikasi sendiri yang memastikan seluruh pertukaran data dari dan ke internet seluruhnya dikelola VPN. Walaupun hal tersebut terdengar sangat bagus, namun bukan berarti anda tidak perlu khawatir. Mengapa?

Masalah serius mengenai VPN gratis

Membuat sebuah infrastruktur VPN sangatlah membutuhkan biaya yang besar. Ini semua karena server VPN bisa terletak di banyak negara dan memiliki ratusan server yang bisa pengguna pilih. Sebenarnya sangat aneh jika ada penyedia VPN yang menawarkan VPN secara gratis. Bagaimana mereka menyediakan VPN gratis dengan modal yang tak murah?

2 model penawaran VPN gratis

1. Freemium

Model ini menawarkan kepada anda VPN gratis namun dengan batas waktu tertentu. Jika anda ingin melanjutkan, anda harus membayar. Dengan cara ini, anda bisa jadi mendapatkan seluruh fitur VPN Premium dengan waktu tertentu dan membuat anda terlena untuk membeli VPN berbayar.

Plan Tunnelbear Vpn

Contoh penyedia VPN Freemium adalah Tunnelbear. Seperti gambar diatas, untuk akun gratis, anda mendapatkan gratis VPN sebesar 500 MB. Jika melebihi itu, anda harus membayarnya.

2. Gratis 100%

Betternet Vpn

VPN model ini menawarkan anda pengalaman VPN yang benar-benar gratis. Salah satu contoh VPN gratis adalah Betternet.co. Di halaman resminya, sama sekali tidak ada halaman untuk anda membayar untuk layanan ini.

Karena gratis, pastinya ada sesuatu yang mungkin anda tidak ketahui jika anda menggunakannya. Apa saja itu?


Kekurangan menggunakan VPN gratis

1. Koneksi yang lebih lambat

Ini sebenarnya hal yang biasa jika anda menggunakan VPN gratisan. Karena yang menggunakan VPN gratis sangat banyak dan penyedia VPN tidak memiliki prioritas, maka koneksi lambat akan anda rasakan jika menggunakan VPN gratis.

2. Pengelolaan data privasi yang buruk

Memang terdengar aman jika data anda melewati VPN. Yang jadi masalah adalah apakah layanan VPN yang anda gunakan bisa dipercaya? VPN gratis perlu dipertanyakan dalam hal kepercayaan dalam pengelolaan data.

Betternet Vpn Kebijakan Privasi

Saya ambil contoh salah satu VPN gratis bernama Betternet. Di halaman kebijakan privasinya, bisa kita sama-sama baca bahwa Betternet ternyata mengoleksi alamat IP, email, username, dan data lainnya. Walaupun mereka mengklaim bahwa data tersebut tidak akan disangkut pautkan dengan aktivitas online lainnya, tapi ini menandakan bahwa VPN gratis ternyata juga mengoleksi data pribadi anda.

3. Lokasi dan jumlah server yang sedikit

Karena gratis, tentu penyedia VPN gratis belum memiliki server yang banyak di berbagai negara. Bisa jadi jika anda ingin menikmati konten di suatu negara, penyedia VPN belum memiliki server disana.

VPN gratis yang saya rekomendasikan

Opera Vpn

Jika saya harus menggunakan VPN, saya biasanya menggunakan VPN yang dibuat oleh Opera. Anda bisa menggunakan VPN dari Opera dengan memasang browser Opera di browser anda. Seperti pada gambar diatas, sangat mudah untuk menggunakan VPN di Opera dan semuanya gratis.

Kebijakan Privasi Vpn Opera

Namun yang membuat lebih terkesima adalah Opera mengklaim bahwa mereka tidak pernah mengirimkan informasi apapun tentang situs yang anda kunjungi ke servernya, seperti yang terlihat di halaman kebijakan privasi mereka.

VPN berbayar yang direkomendasikan

Vpnmentor Peringkat Vpn

Saya pribadi tidak pernah menggunakan VPN berbayar. Untuk itu, saya mereferensikan anda ke situs VPNMentor. Situs ini mengklaim bahwa mereka sangat jujur dan transparan dalam melakukan peringkatan.

Sekarang anda paham apa itu VPN dan bagaimana cara kerjanya

Penggunaan VPN yang semakin populer, perlu diimbangi dengan pengetahuan yang mumpuni mengenai layanan ini. Jangan sampai anda hanya menggunakannya saja tanpa mengetahui dampaknya, apalagi jika anda menggunakan VPN gratis.

Lalu, apakah ada yang belum anda pahami mengenai apa itu VPN? Kapan anda mengenal VPN? Silahkan bagikan pengalaman anda dalam menggunakan VPN di kotak komentar dibawah.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Satu pemikiran di “Apa itu VPN (Virtual Private Network) dan Bagaimana Cara Kerjanya?”