3 Cara Menyesuaikan Icon Desktop di Windows

Cara Menyesuaikan Icon Desktop Windows Header

Apapun yang anda kerjakan di desktop Windows anda, shortcut icon di desktop anda selalu hadir dan siap anda gunakan jika anda ingin membuka aplikasi. Untuk itu, kita perlu tahu cara menyesuaikan icon desktop agar tampilannya sesuai dengan apa yang kita inginkan.

1. Mengganti icon

Setiap anda memasang aplikasi baru, aplikasi tersebut tentunya memiliki iconnya sendiri. Jika anda tidak suka, anda bisa menggantinya dengan mudah. Bahkan, beberapa aplikasi tertentu seperti Google Chrome memiliki banyak icon yang bisa anda pilih.

Klik Kanan Shortcut Chrome Properties

 

Caranya adalah klik kanan pada icon desktop yang ingin anda ubah dan klik “Properties”.

Mengganti Icon Chrome

Kemudian, klik tombol “Change Icon…”. Pada jendela “Change Icon”, pilih icon yang ingin anda gunakan. Sebagai contoh, penulis ingin mengganti icon untuk Chrome. Jika sudah, klik OK jika sudah.

2. Mengubah ukuran Icon desktop

Jika anda mengingat kembali pada saat zaman Windows XP, ukuran icon di desktop lebih kecil bila dibandingkan dengan Windows 7 hingga Windows 10 saat ini. Jika anda ingin ukurannya kecil atau bahkan lebih besar, sangat mudah melakukannya.

Mengubah Ukuran Icon Desktop Windows

Di desktop, tekan dan tahan tombol CTRL, kemudian scroll mouse anda ke depan untuk memperbesar icon atau belakang untuk mengurangi ukuran icon desktop.

3. Menyembunyikan seluruh icon desktop

Jika anda seperti saya yang tidak suka menampilkan icon desktop, anda bisa menyembunyikannya sehingga latar belakang desktop anda terlihat maksimal.

Menyembunyikan Icon Desktop Windows

Caranya adalah klik kanan pada area kosong desktop anda, kemudian “View” “Show desktop icons”. Jika anda klik, maka tanda centang pada “Show desktop icons” akan hilang.

Alasan utama penulis kenapa tidak suka ada icon desktop adalah terhalangnya background desktop. Lagipula, penulis terasa lebih cepat jika ingin membuka aplikasi, penulis menggunakan tombol Start dan mulai mengetik nama aplikasi yang ingin dijalankan tanpa harus memegang mouse.

Bagaimana menurut anda artikel Cara Menyesuaikan Icon Desktop di Windows?

Di artikel inin, penulis hanya menggunakan fitur bawaan Windows dan tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga, agar performa komputer anda tidak terganggu. Lalu, apakah anda pernah menerapkan 3 cara diatas? Apakah ada cara lain yang menurut anda perlu di tambahkan di artikel ini? Silahkan tulis di kotak komentar.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.