Bisakah Kita Beralih Dari Desktop Apps Ke Web Apps Menggunakan Google Chrome?

Bisakah Kita Beralih Dari Desktop Apps Ke Web Apps Menggunakan Google Chrome?

Microsoft Word, Adobe Photoshop, dan Adobe PDF Reader adalah sekumpulan aplikasi desktop yang sudah biasa kita gunakan. Aplikasi tersebut terpasang dengan cara anda menginstallnya di komputer anda. Pernahkah anda membayangkan bahwa semua aplikasi tersebut dijalankan di browser anda?

Bisakah Kita Beralih Dari Desktop Apps Ke Web Apps Menggunakan Google Chrome?

Masih banyak orang yang belum mengetahui akan hal ini, Nah, kali ini Windowsku akan membahas mengenai masalah ini dengan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat anda gunakan di Google Chrome anda untuk menggantikan aplikasi yang ada di desktop anda.

Mungkin, ada pertanyaan di benak anda. Apa kelebihan menggunakan Web Apps di Google Chrome dibandingkan Desktop Apps?

Agar kita semua dapat menjawab, mari kita sama-sama perjelas terlebih dahulu mengenai Desktop Apps dan Web Apps. Desktop Apps adalah semua aplikasi yang terinstall di komputer anda dan tidak memerlukan koneksi internet untuk digunakan.

Sedangkan Web Apps adalah aplikasi yang khusus digunakan dengan media browser. Sehingga, Web Apps memerlukan Browser agar aplikasi tersebut berjalan. Dalam artikel ini, Windowsku akan membahas mengenai Web Apps yang ada di Google Chrome, karena menurut saya, saat ini Web Apps yang paling lengkap ada di Google Chrome.

Web Apps pun dibagi dua. Ada yg online dan ada juga yang offline. Jika Online, maka aplikasi tersebut harus menggunakan internet. Jika Offline, anda bisa menggunakan aplikasi tersebut di Chrome tanpa koneksi internet, layaknya Desktop Apps.

Kelebihan menggunakan Web Apps

Dengan menggunakan Web Apps, anda dapat menggunakan semua aplikasinya dimana saja dan di komputer mana saja! Ini dikarenakan Google Chrome mengizinkan anda untuk masuk menggunakan akun Google anda. Dengan sign in, anda dapat menyimpan semua pengaturan Chrome anda di Google, termasuk daftar aplikasi yang terinstall.

Masuk Ke Google Chrome

Seperti pada gambar diatas, saya sudah masuk ke dalam Google Chrome, sehingga semua data-data saya sudah tersinkronisasi dengan Google. Apabila anda tidak membawa komputer, dan anda masuk ke Google Chrome dari komputer lain, maka semua pengaturan dan semua data-data lainnya bisa anda nikmati layaknya di komputer anda sendiri.

Kekurangan menggunakan Web Apps

Seperti yang saya katakan sebelumnya, Web Apps terdiri dari Online Apps dan juga Offline Apps. Jika aplikasi yang anda pasang di Google Chrome merupakan Online Apps, maka aplikasi tersebut tidak dapat anda pakai. Jika offline, maka anda masih dapat menggunakannya.

Selain itu, Web Apps cenderung kurang lengkap bila dibandingkan dengan Desktop Apps. Jika anda mengharapkan fitur-fitur yang lengkap, maka sangat jarang anda temukan.

Mari mulai beralih!

Jika anda sudah siap, berikut daftar aplikasi-aplikasi yang dapat anda coba.

Microsoft Office 2010/2013/2016 >> Microsoft Office Online

Rekomendasi pertama adalah Microsoft Office Online. Anda dapat menikmati layanan Microsoft Office langsung di Chrome anda. Untuk Microsoft Office Online ini, tidak semua aplikasi Office dapat anda temukan. Berikut daftar aplikasi yang tersedia.

  1. Word Online
  2. Excel Online
  3. PowerPoint Online
  4. OneNote

Microsoft Word Online di Google Chrome

Untuk menikmati semua layanan Microsoft Office Online ini, anda harus memiliki Microsoft Account terlebih dahulu. Jika sudah, anda bisa masuk dengan akun tersebut untuk menikmati layanan ini.

Microsoft Office Online ini tidak memiliki fitur selengkap yang ada di desktop. Namun sangat cukup jika anda hanya sekedar mengedit beberapa konten saja. Karena Office Online ini terintegerasi dengan OneDrive, maka anda dapat membuka semua file yang ada di OneDrive anda seperti layaknya komputer anda sendiri.

Karena ini Online, maka anda tidak bisa menggunakannya tanpa internet. Namun tak perlu khawatir, karena ada alternatif lainnya.

Microsoft Office 2010/2013/2016 >> Google Office Suite

Jika anda membutuhkan akses offline untuk mengedit dokumen anda, maka Google Office Suite solusinya. Berikut daftar aplikasinya yang dapat anda coba.

  1. Google Docs
  2. Google Slides
  3. Google Drawings

Google Drawings Di Google Chrome

Adobe PDF Reader/Foxit PDF >> PDF Viewer

Cara membuka PDF di Google Chrome

Anda tidak memerlukan kedua aplikasi yang saya sebut barusan untuk membuka PDF, karena Google Chrome dapat membukanya untuk anda. Langsung saja tambahkan PDF Viewer di Google Chrome anda, agar anda dapat menikmati PDF anda dengan Google Chrome.

Microsoft Visio/yEd Graph >> Diagram.io

Membuat Diagram Dengan Diagram.io Di Google Chrome

Apakah anda sering membuat flowchart ataupun diagram lainnya? Anda tak perlu khawatir, karena Google Chrome memiliki Draw.io untuk membantu anda. Aplikasi ini dapat digunakan secara offline, sehingga anda tidak perlu khawatir dengan tidak adanya internet.

Adobe Illustrator/CorelDRAW >> Inkscape on rollApp

Jika anda adalah seorang desainer vektor, anda bisa menggunakan Inkscape yang dijalankan melalui rollApp. Inkscape merupakan aplikasi editor vektor berbasis open source. Inkscape sangat terkenal karena dapat menyaingi Adobe Illustrator maupun CorelDRAW.

Cara menggunakan Inkscape di Google Chrome

Setelah anda menginstal Inkscape di Google Chrome, anda dapat menikmati semua fitur yang ada di Inkscape. Anda diharuskan untuk membuat akun rollApp agar dapat menikmati semua fitur-fitur yang disediakan. Aplikasi ini bersifat online, sehingga anda membutuhkan koneksi internet untuk menggunakannya.

Adobe Photoshop >> Gimp on rollApp

Selain vektor, anda dapat mengedit gambar dengan mudah menggunakan Gimp. Gimp merupakan aplikasi open source yang sama dengan Inkscape yang ditujukan untuk mengedit gambar.

Cara Mengedit Gambar Di Google Chrome

Silahkan anda install Gimp di Google Chrome. Seperti inkscape, anda harus menggunakan akun rollApp agar dapat mengakses seluruh fitur yang disediakan.

Game

Selain aplikasi-aplikasi produktivitas, anda juga bisa bermain game di Google Chrome. Banyak sekali Game yang bisa anda mainkan di Chrome. Walaupun tidak akan serupa dengan game yang ada di Desktop, game di Google Chrome sudah sangat cukup mengisi waktu luang anda.

Bermain Game Di Google Chrome

Anda dapat mengakses semua game untuk Chrome di Game Web Store.

Kesimpulan

Apakah pertanyaan Bisakah Kita Beralih Dari Desktop Apps Ke Web Apps Menggunakan Google Chrome sudah terjawab? Kalau jawaban dari saya adalah tergantung. Karena tidak semua fitur-fitur yang ada di Desktop Apps dapat terpenuhi. Lalu, bagaimana dengan jawaban anda? Bagikan dengan pembaca lain di kotak komentar dibawah ini.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.