Menghitung Waktu Komputer Startup Dengan BootRacer

Pernahkah anda menghitung berapa lama komputer anda dihidupkan dari anda menekan tombol power hingga Windows siap digunakan? Mungkin, anda menggunakan stopwatch atau benda lainnya untuk menghitung. Sekarang, anda tidak perlu seperti itu, karena BootRacer akan menghitungnya untuk anda.

Sebelum itu, silahkan anda unduh BootRacer dengan mengklik link dibawah ini:
Jika anda sudah selesai mengunduh, lakukan instalasi. Kemudian jalankan BootRacer. Langkah awal yang harus anda lakukan adalah mengklik “Boot Time Test”.

Klik saja Yes dan komputer anda akan melakukan Restart. Jika sudah selesai Restart, BootRacer akan menghitung berapa lama komputer anda menyala dari anda menekan tombol power hingga Windows siap digunakan. Hasilnya dapat anda lihat pada pojok kanan bawah layar anda.

Karena saya sebelumnya sudah menggunakan BootRacer sebelumnya, BootRacer secara otomatis akan membandingkan hasil Boot Time sebelumnya dengan yang sekarang. Seperti yang anda lihat pada gambar diatas, komputer saya mengalami degradasi, yaitu Boot Time-nya lebih lama 3.847 detik dari Boot Time sebelumnya.

Untuk melihat lebih jauh, klik “Know more?”

Pada gambar diatas, waktu booting komputer telah diperlihatkan. Ada 3 hal yang dihitung oleh BootRacer, yaitu:

  1. Windows Boot: Adalah berapa lama Windows melakukan load driver pada saat proses “Starting Windows”.
  2. Password Timeout: Jika komputer anda memiliki password, BootRacer akan menghitung berapa lama anda melakukan input password. Secara default, Password Timeout tidak akan dihitung sebagai boot time.
  3. Desktop: Adalah berapa lama Windows akan siap digunakan setelah Windows meluncurkan semua startup programs.

2 hal yaitu Windows Boot dan Desktop akan dihitung, kecuali Password Timeout. Komputer saya sukses booting dengan waktu kurang lebih 41 detik. Waktu yang cukup singkat menurut saya, mengingat komputer saya menggunakan Windows 7. Jika saya menggunakan Windows 8, waktu boot time terlihat sangat jauh sekali.

Jika anda sudah menggunakan BootRacer beberapa kali, anda bisa melihat history dari boot time. Klik saja History.

Pada gambar diatas, anda bisa membandingkan proses boot time dari waktu ke waktu. Jadi, selalu perhatikan History, agar anda bisa menebak program apa saja yang membuat komputer anda melambat.

Kesimpulan

BootRacer sangat berguna jika anda ingin menghitung waktu Boot Time dari komputer anda. Dengan begitu, anda bisa memperkirakan apa yang membuat komputer anda melambat. Sekian artikel hari ini, semoga bermanfaat. Terus kunjungi Windowsku, Pusat Informasi Komputer dan Windows untuk mengetahui artikel menarik lainnya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.