Sejarah Google: Perubahan Logo Google Dari Tahun ke Tahun

Pada tanggal 1 September 2015, Google telah mengubah logonya kembali. Sebenarnya, itu bukan pertama kalinya Google mengubah image mereka. Ada beberapa perubahan yang dimiliki dari tahun ke tahun, sehingga Google sampai pada hari ini. Dan pastinya, anda penasaran dengan perubahan logo Google dari tahun ke tahun.

Pada dasarnya, 2 orang dari Stanford University membuat sebuah proyek untuk disertasinya, yaitu Sergey Brin dan Larry Page. Proyek yang mereka kerjakan sewaktu itu adalah…

BackRub (1996)

Logo BackRub

Ya, Backrub merupakan proyek disertasi mereka. Pasti anda kira adalah Google. Backrub ini merupakan awalan dari Google. Backrub memiliki fungsi untuk mengindeks seluruh halaman web. Awal mulanya, web yang diindeks pertama kalinya adalah web milik Stanford University. Dan kemudian, Backrub terus berkembang.

Sergey Brin dan Larry Page kemudian memiliki ide untuk membuat sebuah algoritma dimana algoritma tersebut dapat menghitung berapa kali website tersebut tampil di pencarian Backrub. Inilah yang sampai saat ini dikenal, yaitu PageRank Algorithm. Dengan menggunakan ranking, Backrub dapat mengeluarkan hasil pencarian yang lebih bagus.

Akhirnya, Larry Page dan Sergey Brin sepakat untuk mengganti nama Backrub. Nama itu adalah…

Google (1997)

Logo Google (1997)

Logo diatas adalah logo Google yang pertama kalinya. Mungkin bagi anda, logo tersebut tidaklah terlalu bagus. Dan sebenarnya pendapat itu tidaklah salah. Untuk itu, umur dari logo ini tidaklah lama dan hanya berjalan 1 tahun saja.

Kemudian, logo Google kembali berubah menjadi…

Google (1998)

Logo Google (1998)

 

Logo ini mungkin terkesan hampir mirip dengan desain yang sampai hari ini anda lihat. Namun, ada sesuatu yang unik disana. Logo tersebut memiliki tanda seru “!” setelah kata “Google”. Jika anda melihat tanda seru, berarti mengingatkan anda kepada logo Yahoo!.

Logo tersebut dibuat dengan menggunakan software Gimp, dimana Gimp merupakan software editing gambar berbasis Open Source. Dalam logo tersebut, ada bayangan yang meliputi kata Google serta penggantian urutan warna dari logo sebelumnya.

Lalu, bagaimana dengan Google Doodle pada saat itu? Google Doodle pada saat itu adalah seperti…

Google Doodle (1998)

Logo Google Doodle Pertama Kali

 

Doodle ini menceritakan tentang adanya festival Burning Man dan sebagai tanda bahwa Doodle ini hanya sebagai hiburan semata bagi yang mengakses Google.

Akhirnya, Google secara resmi menggandeng domainnya, yaitu Google.com dan meluncurkan logo…

Google Beta (1998)

Logo Google Beta (1998)

Google saat ini sudah masuk ke internet dan siap mengindeks seluruh halaman website. Namun, pada saat ini, Google masih dalam tahap beta. Dan masih ada terjadi kesalahan ketika pengguna menggunakannya.

Walaupun masih dalam tahap beta, ada berbagai kalangan yang mengungkapkan bahwa search engine Google ini lebih baik dari kompetitor lainnya pada waktu itu, seperti AOL dan Yahoo!.

Dari kesuksesan tersebut, tidak membuat Google berhenti mengganti logonya. Google kembali mengganti logonya, hingga menjadi…

Google (1999)

Logo Google (1999)

 

Logo tersebut merupakan logo yang lebih disimpelkan lagi. Font yang digunakan adalah Catull dan font tersebut memiliki huruf yang lebih tipis dari sebelumnya.

Saat itu, Google tidak menyandang status “Beta” lagi dan dapat digunakan sepenuhnya. Pada saat itu, Google berpindah tempat ke 165 University Avenue di Palo Alto, dimana tempat ini merupakan tempat startup berbasis teknologi.

Semenjak saat itu, Google memiliki banyak perubahan, bukan dalam logo, melainkan dalam sektor lainnya. Pada tahun 2000, Google meluncurkan bisnis iklan berbasis teks. Itu pun banyak sekali menarik minat pagi para perusahaan yang ingin beriklan. Pada waktu itu, satu klik iklan tersebut seharga $0,05.

Pada tahun 2003, Google secara resmi pindah ke Mountain View yang merupakan tempat Google hingga saat ini. Dan Google terus berkembang dari waktu ke waktu, hingga pada tahun 2010, Google kembali merubah logonya menjadi…

Google (2010)

Logo Google (2010)

Dan logo ini yang mungkin paling anda ingat sepanjang anda menggunakan Google. Desain ini lebih terang warnanya daripada desain sebelumnya. Google juga mendesainnya lebih simpel lagi, dengan mengurangi efek bayangan pada tulisan.

Pada bulan September 2013, Google kembali mengganti logonya menjadi…

Google (2013)

Logo Google (2013)

Jika anda lihat, Google hanya menghilangkan bayangan yang sebelumnya ada di tulisan logonya. Pada waktu itu, tren desain yang lagi populer adalah desain 2D yang simpel dengan warna latar yang kontras dengan logonya. Dan Google pun mengikutinya dengan mengganti logonya seperti itu.

Perubahan terakhir yang dilakukan Google adalah tepat pada tahun ini, yaitu 2015 dengan logonya…

Google (2015)

Logo Google (2015)

Google sama sekali telah mengubah logonya dengan menggunakan font lain. Terlihat sangat berbeda dengan logo pada tahun 2013. Logo ini terlihat lebih simpel lagi dan warnanya sangat mencolok sehingga terkesan Google adalah tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi.

Hal lain yang juga patut untuk dilihat adalah perubahan iconnya. Icon Google pada tahun ini adalah…

Logo Google (2013)

Ya, logo huruf “G” yang sangat simpel dan menawarkan 4 warna kebanggaan Google.

Tunggu, ada lagi! Google (Foto/Gambar)

Logo Google di Foto

Pernahkah anda melihat logo ini? Jika pernah anda melihatnya, berarti anda beruntung. Tidak semua tempat memiliki logo seperti ini. Biasanya, logo ini muncul pada saat logo Google ditaruh pada sebuah foto atau gambar. Logo ini terlihat pertama kali pada tahun 2010.

Belum ada informasi mengenai logo baru Google untuk background gambar atau foto.

Kesimpulan

Dari semua logo tersebut, yang mana yang paling anda sukai? Tentu saja kalau saya sendiri menyukai yang paling baru, yaitu logo 2015. Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan berikan di kotak komentar.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.