BerandaHardwareMeningkatkan Performa Komputer Drastis Dengan 5 Hal Ini!

Meningkatkan Performa Komputer Drastis Dengan 5 Hal Ini!

Meningkatkan Performa Komputer Drastis Header

Ada banyak cara untuk meningkatkan performa komputer. Namun jika anda ingin tingkatkan secara signifikan, maka anda harus membaca artikel ini. Setelah anda membaca artikel ini dan mempraktekannya, anda bisa menyatakan salam perpisahan kepada komputer yang lemot.

Berikut 5 upgrade yang meningkatkan performa komputer secara signifikan.

1. Solid State Drive (SSD)

Wd Green Ssd

Jika anda adalah pembaca setia situs ini, pasti anda tahu bahwa saya sering merekomendasikan SSD atau Solid State Drive untuk anda gunakan di komputer anda sekarang. Bahkan, bisa dibilang SSD ini wajib kita pakai. Mengapa?

SSD merupakan tempat penyimpanan data yang cocok untuk menggantikan peran HDD atau Harddisk. Komponen di dalam SSD tidak ada yang bergerak, sedangkan HDD membutuhkan piringan yang selalu berputar untuk mencari data. Untuk itu, performa SSD sungguh luar biasa dibandingkan HDD.

Bentuk Ukuran Ssd

Saya telah menulis beberapa kali mengenai SSD ini dan bahkan saya juga menulis bagaimana cara membeli SSD yang tepat serta beberapa istilah di SSD yang wajib anda pahami. SSD ini juga memiliki banyak bentuk, sehingga anda bisa membeli sesuai komputer yang anda miliki, mulai dari laptop, netbook, hingga komputer desktop.

Saya yakin setelah anda menggunakan SSD, anda akan menyesal kenapa tidak menggunakannya dari dulu. Saya pun seperti itu ketika pertama kali menggunakan SSD. Jika saya lebih tahu lebih cepat, saya akan segera mengganti HDD di laptop saya.

Cara pasang SSD di laptop

Cara pasang SSD di PC

2. Prosesor

Prosesor merupakan komponen yang sangat penting dan disinilah semua proses komputasi terjadi. Karena prosesor merupakan otak di dalam komputer, upgrade prosesor tentu akan meningkatkan performa komputer. Namun perlu diingat, hanya komputer desktop saja yang bisa anda upgrade. Untuk laptop, walaupun ada yang bisa di-upgrade prosesornya, itu biasanya untuk laptop gaming yang sangat mahal harganya.

Motherboard Gigabyte

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan jika ingin melakukan upgrade prosesor. Tidak semua prosesor cocok untuk motherboard yang anda gunakan. Dan jika tidak cocok, berarti anda harus mengganti motherboard-nya juga.

Informasi Motherboard Speccy

Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Speccy untuk mengetahui spesifikasi lengkap komputer anda. Seperti gambar diatas, saya bisa lihat informasi motherboard dengan mudah.

Motherboard Gigabyte Socket

Anda perlu memperhatikan CPU Socket apa yang didukung oleh motherboard anda. Silahkan gunakan Google dan cari nomor model dari motherboard anda. Seperti gambar diatas, Motherboard dari Gigabyte ini memiliki Socket AM4 dari AMD. Prosesor AMD yang mendukung Socket ini adalah AMD Ryzen generasi pertama dan kedua. Itu artinya, anda tidak bisa menggunakan prosesor AMD lainnya seperti AMD FX, Athlon, dan lain-lain.

Setelah anda menemukan informasi mengenai motherboard yang anda gunakan, silahkan cari prosesor yang lebih tinggi dari yang anda miliki. Perhatikan jumlah core yang dimiliki, karena merupakan salah faktor seberapa cepat sebuah prosesor. Namun jika dirasa prosesor tersebut sudah tidak mumpuni lagi atau anda ingin yang lebih cepat lagi, opsi terakhir yaitu anda harus membeli motherboard baru.

Cara memasang Prosesor

3. RAM (Random Access Memory)

Dimm Dan So Dimm Ram
RAM SO-DIMM untuk Laptop (atas) dan DIMM untuk Desktop (bawah). Sumber: MaxVT, Sodimm and dimm, CC BY-SA 3.0

RAM adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan sementara sistem operasi dan aplikasi yang sedang berjalan. Sehingga, aplikasi apapun yang anda jalankan di komputer, akan disimpan sementara di RAM. RAM memiliki kapasitas memori yang biasanya dimulai dari 2 GB hingga ratusan GB satu kepingnya.

Jika anda memiliki RAM dengan kapasitas memori yang kecil, maka komputer anda akan kesulitan mencari ruang jika anda menjalankan aplikasi baru. Otomatis, sistem operasi anda harus mencari aplikasi yang jarang dipakai dan menyimpannya sementara di HDD atau SSD anda. Proses tersebut akan menurunkan performa komputer secara menyeluruh.

Upgrade atau menambah RAM lagi merupakan solusi yang tepat untuk menambah performa komputer anda jika memang kapasitas memori anda rendah. Jika anda masih menggunakan RAM dengan kapasitas 2 GB, melakukan upgrade atau menambah menjadi 4 GB atau lebih pastinya membuat komputer lebih lega.

Dari segi harga, RAM juga sangat terjangkau. RAM merupakan salah satu upgrade hardware yang paling murah yang bisa anda lakukan dengan cepat dan memasangnya pun begitu mudah. RAM tersedia untuk komputer mobile dengan bentuk SO-DIMM dan tersedia untuk komputer desktop dengan bentuk DIMM.

Jika anda ingin membeli RAM, saya sebelumnya sudah menulis cara membeli RAM yang tepat, sehingga anda tidak salah dalam membeli RAM dan anda bisa memaksimalkan performa komputer anda.

Cara memasang RAM

4. VGA (Video Graphics Array)

VGA adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengolah visual grafis yang ada di komputer. Tanpa VGA, anda tidak bisa melihat apapun di layar anda. Karena VGA dikhususkan untuk pengolahan grafis, melakukan upgrade tidak akan meningkatkan performa komputer anda secara keseluruhan, melainkan khusus meningkatkan performa grafis.

Melakukan upgrade VGA sangat penting jika anda bekerja di bidang animasi, 3D, pembuatan Game, maupun pekerjaan lain yang membutuhkan kinerja ekstra untuk grafis. Sama seperti prosesor, upgrade VGA hanya bisa anda lakukan di komputer desktop.

Sebelum membeli VGA baru, perhatikan berapa watt VGA tersebut dan pastikan bahwa power supply yang anda miliki sanggup memberikan tenaga yang dibutuhkan.

Cara memasang VGA

5. Meningkatkan performa komputer melalui Software

Tentu anda bisa meningkatkan performa komputer tanpa harus mengeluarkan biaya yaitu melalui software. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan, dan jika anda bingung bagaimana caranya, kami telah merangkum semua di artikel dibawah ini.

Meningkatkan performa komputer memang sangat penting

Anda pastinya tidak ingin menggunakan komputer yang responnya terlalu lama. Karena akan mengganggu pekerjaan anda maupun penggunaan keseharian lainnya. Dari artikel ini, tentu opsi nomor satu yang paling saya rekomendasikan dari yang lain. Jika anda memiliki uang lebih, silahkan upgrade sesuai urutan yang ada di artikel ini.

Lalu, apakah anda memiliki pertanyaan seputar artikel ini? Jangan hanya baca, yuk tulis komentarmu di bawah. Kalau ada tips lain selain yang ada di artikel ini, saya juga sangat siap membacanya dan bisa saja saya tambahkan di artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.